Rahasia Rumus-rumus “Cepat” Matematika

Oleh: Al Jupri

Dulu, ketika saya masih baru menjadi mahasiswa baru tingkat pertama, saya berkenalan dengan salah seorang mahasiswa baru lainnya yang di kemudian hari menjadi teman baik saya. Ketika awal perkenalan, kami pun ngobrol kesana-kemari. Tanya sana-tanya sini. Jawab sana, jawab sini. Hingga ia pun akhirnya bercerita bahwaa nilai tes Matematika Dasar-nya, yaitu salah satu mata pelajaran yang diujikan di UMPTN*, adalah 100 alias benar semua.

Mendengar ceritanya tersebut, saya pun terkagum-kagum dibuatnya. Dalam pikiran saya, saya berkesimpulan “Wah ia pasti orang yang sangat pandai”. Rasa kagum saya mendorong rasa ingin tahu saya tentang pengetahuannya dalam matematika. Akhirnya, dalam masa awal perkenalan itu, saya ajak ia ngobrol tentang matematika yang sudah pernah kami pelajari ketika semasa SD sampai SMA dulu.

Dari obrolan tersebut, saya jadi tahu, ternyata ia benar-benar luas pengetahuan tentang matematika yang sudah dipelajarinya. Hingga akhirnya, mungkin untuk menunjukkan kepiawaiannya, ia mengajak saya adu cepat mengerjakan soal matematika.

Mendapat tantangan itu, sebenernya saya ngeper juga. Karena saya merasa tak sepandai dirinya. Namun, karena ini namanya juga bukan lomba dan bukan apa-apa, saya sih mau saja waktu itu. Soal-soal pun dipilih secara acak dari buku kumpulan soal-soal latihan tes UMPTN* dan EBTANAS** beberapa tahun sebelumnya yang masih rajin ia bawa ke mana-mana. Kemudian, adu cepat menyelesaikan soal matematika pun dimulai.

Bagaimana hasilnya? Siapa yang tercepat?

Ternyata benar, dalam beberapa menit saja, teman saya itu berhasil menyelesaikan semua soal yang sudah dipilih tadi (karena yang dipilih cuma 3 soal sih). Dan ia keluar sebagai yang tercepat, menjadi pemenang. Sedangkan saya, satu soal pun belum mampu saya selesaikan. Waktu itu, saya terlalu berkutat dengan soal nomor pertama yang lumayan sukar untuk ukuran saya waktu itu. Walau sudah dengan segenap kemampuan saya berusaha menyelesaikannya, tapi ternyata, sampai waktu habis belum ketemu juga. Saya pun mengakui kelebihan dan kehebatannya.

Dengan sedikit malu-malu, saya bertanya padanya tentang soal yang belum bisa saya selesaikan tersebut. Sambil saya tanyakan pula kenapa ia begitu cepat bisa menyelesaikan soal-soal tersebut. Soal yang waktu itu belum bisa saya selesaikan adalah seperti berikut ini.

Soal: Bila a + 1/a = 5, maka nilai dari a3 + 1/a3 =…

Dengan cepat teman saya itu pun menyelesaikan soal tersebut seperti berikut ini:

a3 + 1/a3 = (a + 1/a)3 – 3a.1/a(a + 1/a) = 53 – 3(5) = 125 – 15 = 110.

Melihat cara penyelesaiannya, saya hanya bisa melongo waktu itu. “Cuma satu baris? Padahal saya mencoba menyelesaikannya berbaris-baris, dan belum ketemu juga”, itu yang ada di pikiran saya. Kemudian, saya pun bertanya ke teman saya itu, kenapa cara pengerjaannya seperti itu?

Dengan senang hati, ia pun menjelaskan ke saya. Ia katakan bahwa, soal semacam tersebut dapat dengan mudah diselesaikan dengan rumus “cepat” berikut ini.

a3 + b3 = (a + b)3 – 3ab(a + b) ………………………………..(1)

Dengan mengganti b dengan 1/a, katanya, maka soal tadi dapat diselesaikan dengan cepat seperti yang sudah dikerjakannya tadi.

Saya yang tak terbiasa menggunakan rumus “cepat” ketika di SMA dulu, penasaran ingin tahu alasan kenapa rumus “cepat” tersebut bisa dipakai. Tapi sayang, teman saya itu tak memberi tahu saya. Malahan ia menambah lagi rumus cepat yang sudah ia ketahuinya, yaitu:

a3 – b3 = (a – b)3 + 3ab(a – b)……………………………….(2)

Akhirnya, ngobrol-ngobrol pun beres. Ia bergegas pulang menuju kost-kost-annya. Saya pun begitu, pulang dengan rasa penasaran yang mengganjal.

Di kost-kost-an, dengan penuh rasa penasaran ingin tahu, saya pun mengutak-atik rumus “cepat” yang telah ia gunakan tersebut. Setelah beberapa waktu lamanya, akhirnya, terpecahkan juga rahasia rumus “cepat” yang dipakai teman saya tersebut. Saya berhasil menelusuri asal-muasal rumus “cepat” tersebut, berhasil menguak rahasianya. (Duh rasanya begitu senang sekali, tak bisa saya ekspresikan dengan kata-kata).

Hasil penelusuran saya tersebut, setelah saya rapikan, seperti berikut ini.

(a + b)3 = (a + b)2(a + b)

= (a2 + 2ab + b2)( a + b)

= a3 + a2b + 2a2b + 2ab2 + b2a + b3

= a3 + b3 + 3a2b + 3ab2

= a3 + b3 + 3ab (a + b)

Jadi, (a + b)3 = a3 + b3 + 3ab (a + b).

Sehingga, a3 + b3 = (a + b)3 – 3ab (a + b). Rumus “cepat” (1) dapat saya buktikan kebenarannya. Kemudian, dengan cara serupa, saya pun berhasil menelusuri asal-muasal rumus “cepat” (2).

Walaupun apa yang telah saya lakukan tersebut sederhana, tapi bagi ukuran saya waktu itu adalah sesuatu yang menggembirakan hati, menyenangkan pikiran, dan memuaskan dahaga keingin-tahuan saya.

Sejak saat itu, bila ada rumus-rumus “cepat” yang saya temui di buku-buku bimbingan tes, saya pun terpacu untuk menelusuri asal-muasalnya. Dengan cara seperti itu, saya seringkali berhasil memecahkan rahasia rumus-rumus “cepat” yang selama ini beredar luas di kalangan siswa yang mengikuti bimbingan test.

Baiklah, segitu dulu saja ceritanya ya…, lain kali insya Allah saya akan membahas baik-buruknya penggunaan rumus “cepat” (Ada satu cerita yang sangat menggelikan tentang hal ini. Mau tahu? Silakan tunggu di postingan mendatang…). Sampai di sini dulu ya…, mudah-mudahan bermanfaat.

Sebagai bahan latihan untuk Anda, cobalah telusuri asal-muasal rumus-rumus “cepat” berikut ini.

  1. Persamaan garis yang melalui titik (0, a) dan (b, 0) adalah ax + by = ab.
  2. Perhatikan gambar berikut. Panjang PQ dapat ditentukan dengan mudah, yaitu:

    PQ = (AP. DC + DP. AB)/(AD)

rumus-cepat.jpg

Catatan:

*UMPTN: Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (Saat ini namanya SPMB)

**EBTANAS: Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional (Saat ini namanya UAN)

========================================================

Update: Artikel ini bisa juga dibaca di sini.

========================================================

Update:

Makin hari, makin banyak orang-orang yang secara tidak sopan menerbitkan ulang artikel saya ini. Mereka mempublikasi ulang tanpa menuliskan nama penulis dan sumbernya dan tidak memberi link sama sekali. Oleh karena itu, bila Anda menerbitkan ulang artikel ini, tolong minta ijin terlebih dulu ke saya. Bila Anda tidak minta ijin, saya tidak rela, saya tidak ikhlas, saya tidak mengijinkannya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih!!!!

About these ads

870 Comments

Filed under Harapan, Matematika, Matematika SMA, Pembelajaran, Pendidikan, Pendidikan Matematika

870 responses to “Rahasia Rumus-rumus “Cepat” Matematika

  1. Wah… gilee…. rumusnya memang cepat banget….

    Bung.. sering sering masang asal muasal rumus-rumus ya… maklum suka butek kalau pake rumus “cepat”…

    BTW, Salam kenal…

  2. DiN

    1. Persamaan garis lurus: y = mx + c, dengan kemiringan (m) = (y1-y2)/(x1-x2).

    2. Dengan asumsi bahwa DC sejajar PQ sejajar AB, garis AD akan berpotongan dengan garis BC di titik O, membentuk segitiga ABO.

    Selanjutnya terserah Anda.

  3. Heri Setiawan

    Bingung sayah… lama ndak otak atik rumus… :D

  4. mathematicse | y_saeda@yahoo.com | mathematicse.wordpress.com | IP: 145.97.221.153

    Sudah terbongkar yah…? Eh jangan dimoderasi dunk…

  5. zarkasy

    wah terlambat. gw baru siap UMPTN

  6. waduh saya terlalu low untuk mikir rumus, namun sebagai guru matematika ya mesti ngadepin rumus. sayang belum nemu yang super praktis kayak di bimbel

  7. @Count of Madness: insya Allah…salam kenal juga…
    @DiN: kaya iklan yah…”selanjutnya terserah Anda juga”.. hehe..
    @Heri Setawan: Jangan bingung yah…
    @antosalafy: makasih sudah berkunjung…
    @zarkasy: oh ya..?
    @okah: super praktis? Hmmh.. insya Allah kapan-kapan saya akan buat postingan rumus-rumus super praktis… hehe…

  8. little_@

    musim SPMB, mengingatkanku setahun yang lalu. saat aku berjuang memecahkan soal2 yang cukup memecahkan kepala. aku sakit 3 hari setelah itu gara2 soal matematikanya yang kalo dikerjakan dengan konsep membutuhkan waktu yang lama, dan uraian yang panjang2. padahal yang perlu kita tulis hanya satu arsiran pada opsi abjad A-E. sempat menyesal kenapa tidak pernah ikut bimbingan tes, sehingga dapat rumus2 praktis. tapi setelah pengumuman yang menyatakan aku lolos … aku mulai menghapus penyesalan dan meninjau ulang… bahwa rumus praktis tanpa kita selidiki asal muasalnya adalah pembodohan.
    aku tunggu ulasan pak Jupri mengenai plus minusnya penggunaan rumus cepat.
    aku pernah membahas (menulis)tentang ini di newsletter kampus (edisi juni 2007). kira2 sama ga?

  9. Bagus, matematika itu menarik. Guru-guru kitalah yang membuat jadi rmit dan tidak mearik. Sudah baca flying boook Fahmi Idris? Tu tu pakar matematika Islam dari Universitas Islam Negri Jakarta (IAIN Jakarta). Sayang saya diberi CDnya oleh beliau jadi susah nih ngasiin ke sampeyan. Sangat menarik. Al Qur’an dan segala kejadian di jagat raya ada rumusan matekatiknya.

  10. doeytea

    Wah, kalau waktu SMA dulu soal-soal beginian menjadi hobi saya nih. Tapi kalau sekarang baca soal-soal gitu kok mumet ya?

  11. hehehe… rumus cepat, rumus yg banyak diajarin di tempat bimbingan belajar. manfaatnya emang bagus buat ngerjain soal UMPTN. saya pun dulu banyak belajar rumus cepat waktu mau UMPTN :)

  12. hiyaaaaaaaaaa….. atut, baru mbuka langsung di sodorin rumus sebanyak ini….

  13. itu gambar di atas AD = BC?

  14. emang bener yah kalo kita bisa mecahin masalah matematika, bangganya ga nahan… heeem

  15. @little: Ya, bentar ya… tunggu saja…
    @Ersis Warmansyah Abbas: Belum Om…, saya belum baca buku itu…Mudah-mudahan ntar saya bia membacanya..
    @doeyta: Mumet? Mungkin udah lama ga ngutak-atik…
    @agusset: :D?
    @ndarualqaz: ga, ga banyak kok…
    @Yari NK: panjang AD tak harus sama dengan BC. Cuma di gambar ini memang kebetulan sama… (Makasih atas pertanyaan bagusnya…)
    @ansri: ya setuju…

  16. It’s OK. Saya punya masalah nih. Tiga belas tahun saya mengajar fisika (private ataupun kelas), mencoba berbagai cara agar siswa meningkat kemamapuan matematikanya, akhirnya saya berkesimpulan : tidak ada cara meningkatkan kemampuan matematika siswa. Kesimpulanpun berlanjut, tidak ada cara meningkatkan kemampuan fisika-hitungan siswa. Gimana, setuju engga’ ? [kebalikannya : ada cara menumbuhkan kreativitas-fisika siswa].

  17. Yung Mau Lin

    Mengomentari statement Sdr.Hamid Alaydrus.Sebenarnya kemampuan ilmu apapun bisa ditingkatkan kepada siswa,tetapi dengan kondisi:Siswa harus benar2 ada minat belajar dan guru sungguh2 mengajar dengan tulus dan cerdas,itu saja.Jika siswa pada malas,setengah dewapun guru itu tak bakalan bisa mengdongkrak kemampuan siswa.Satu hal yang harus diperhatikan juga peningkatan kemampuan seseorang itu akselerasinya bisa berbeda-beda karena bakat setiap orang itu juga beragam,misalnya A mungkin lebih cepat pintar jika diajari matematika,tetapi kalo diberi pelajaran bahasa ia butuh waktu lebih lama untuk memahaminya.Jika ada pendapat saya yang keliru,mohon diperbaiki.

  18. @Hamid Alaydrus:Selaku guru sebaiknya kita tak boleh menyerah… :D
    @Yung Mau Lin: Setuju. Peran guru sebenernya adalah bukan mengajari atau menyuapi siswa, tapi menggiring siswanya agar mau belajar mandiri, bekerja keras. Setuju juga, kemampuan siswa menyerap peljaran itu berbeda-beda, ada yang relatif cepat adapula yang lebih lamban.

    • zella allena

      ia, saya setuju dengan apa yang telah dikatakan oleh bok Al Jupri, bahwa daya tangkap dan daya serap siswa itu berbeda-beda. jadi sebaik nya guru harus memahami bagaimana karakter siswa terlebih dahulu.
      alasannya agar kita dapat mengatahui bagaimana program pengajara yang akan digunakan dalam proses belajar.

  19. ooo gitu ya…gile bener2 udah gak inget semua nih rumus2 gituan…udah 10 tahun ditinggalin… :(

  20. IMA

    LANJUTKAN ! PASTI ADA HIKMAHNYA

    • IMA

      Kita harus berusaha untuk menunjukan yang terbaik,karena kita mampu mengerjakan sesuatu yang susah tapi kalau kita berusaha sekuat mungkin. Itu saja tips yang bisa saya sampaikan. Lebih dan kurangnya mohon di maa fkan

      • cen

        matematika itu rumit!
        gimana sih caranya agar kata2 itu hilang bagi para pelajar jaman sekarang? dan apa benar ketidak sukaan pada guru yang mengajar itu berpengaruh?

    • Anonymous

      assalamualaikum…. saya adalah orang yang sangat bingung dengan pljrn matematika.. bagaimana asal mula anda suka dengan matematika krn saya mrs tertantang dngn matemtika mskpun saya tdk bisa/gagap dngn pelajaran ini. from: RODLI HARIYANTO.PASURUAN . JATIM

  21. Dicky Firmansyah

    Sepakat, cara terbaik menyikapi “rumus-rumus cepat” adalah melakukan “rekonstruksi”, artinya selidiki asal muasalnya. Pada akhirnya kita tidak merasa lagi itu sebagai rumus cepat, tapi ya biasa-biasa aja.
    Sedangkan, cara terburuk adalah dengan menghapalkannya, karena dengan itu bukan kecepatan yang diraih, malah kesesatan. Salah satu kesesatannya adalah karena berpikir itu rumus cepat, padahal itu rumus biasa-biasa saja.
    Blog ini hebat, dan bisa jadi suatu “center” untuk mengungkap “kepalsuan” berbagai rumus-rumus biasa yang “sok cepat” hehe…
    Menurut saya, yang harus dilatih adalah bagaimana berpikir secara cepat…bukan berpikir dengan menggunakan rumus “cepat”.
    Salam kenal!
    ________
    Al Jupri says: Setuju. Terimakasih ya. Dan salam kenal juga…

  22. Hassan's unsur

    Knp seh rumus2 cepat sprti ntu seolah2 tabu diblajarkn di sekolah2,apa krn gurunya tkt kalah pintar yah,hehe..
    Bermanfaat skali bila qta dpt menyikap kelemahan dan kelebihan dr rumus cepat trsbut seyogyanya qta jd tdk salah kaprah dlm menerapkanny..
    Ada yang bilang,pnentuan horoskop,astrologi,ramalan dsb
    materinya diambil dr hsil perhitungan melalui rumus2 yg udah dipatok,bener ga seh?
    Makaseh yah sbelumnya
    (wong deso: tjiandjoer)
    ___________
    Al Jupri says: Bisa jadi guru di sekolah itu khawatir siswa-siswanya nanti hanya menghafal rumus cepat, jadinya tidak diajarkan. BIsa jadi juga guru-gurunya belum tahu tentang rumus cepat. BIsa jadi juga gurunya tahu rumus cepat, namun belum tahu asal muasalnya.
    Klo tentang astrologi, horoskop, saya belum tahu… Hehe… :D
    Makasih juga….

  23. eNPe

    wuihhh..keren bgt!nambah ilmu baru nh. laen kali posting lagi ttg rahasia mtk ya :D thx

  24. haris

    matematika is fun

  25. Iya ya…
    kalo dicari nilai a-nya susah betul, ngga kepikir jalannya begitu.

  26. Hermawan

    Program ni memang sangat berguna bagi saya, tapi kalau lebih bagus dalam bentuk MS_WORD

  27. yono

    Pusing soal matematika sekarang sulit !!!!!!!

  28. Kalo tau banyak soal rumus cepet mungkin bisa jadi pada saat psikotes selesai hanya dalam beberapa menit…..
    Oia, kira-kira dimana aja nih dapetin rumus cepet matematika yang dari internet…
    ________
    Al Jupri says: Setahu saya, rumus “cepat” hanya bisa dipakai untuk kasus-kasus khusus saja, mas. Kalau ingin dapat rumus-rumus cepat, di internet ya? Maaf saya belum tahu nih…, ntar deh saya cari-cari. Kalau di dunia nyata malah banyak. Sayang, pada disembunyikan oleh mereka-mereka itu, untuk mengambil keuntungan (lewat lembaga Bimbingan Tes). :D

  29. okti ananda

    hmm… saya pikir dulu ya… al-a sedang mumet.kalo soal perpangkatan tiga itu insya allah saya sudaH bisa.saya paling gemar rumus matematika cepat.BTW tolong dong kirimi saya cara cepat hitung mtk, mau ikut lomba gitu….waslmualaikum

  30. kalingga_perkasa

    perkenalkan nama saya Firda,sekarang saya duduk di bangku kelas 6 sd.Di sekolah saya sering tidak mengerti dengan pelajaran Matematika,menurut saya matematika adalah pelajaran yang tersulit.Ketika saya membuka Website ini saya jadi tertarik dan berharap rumus-rumus tercepat dan gampang dimengerti bisa membantu saya dalam hal belajar Matematika.Terima kasih

  31. waduh…pusing saya mah! hehehe…

  32. rumusnya simple bange…….t.
    Ada lagi ga?
    Maunya seh…., rumus2 yang sudah akrab ama kita, tapi pembuktiannya yang bisa cepet nyinggung ke nalar kita.
    Biasanya kita cuma ” nerimo” aja terhadap rumus yang diajari. Semisal rumus ABC. Asal muasalnya rumus itu berlaku gw ga pernah tau ampe abad ini…..
    Rms apalagi ya….?
    Bantuin donx….ah……………s.
    Semisal : (buat anak SMP/SMU)
    Mengapa 1 : 0 = tidak terhingga.
    terkadang namanya anak2 (belum berpikir skeptis), yah…..iya,iya aja.
    Mengapa? jawabnya: EGP!!!!
    (Soalnya gw dulu gitu)
    Menjelang tamat SMU, baru gw tau jawabnya…
    So…….,
    What gt loh..!!!!

  33. mampir ikutan bingung he..he..

  34. 1. Kalau hanya ingin meyakinkan bahwa rumus cepatnya benar, cukup dimasukkan bahwa (0,a) dan (b,0) berada pada garis ax+by=ab dan mengingat fakta bahwa hanya ada satu garis lurus yg tepat melalui dua titik (tentunya disini jika a,b tidak keduanya nol)

  35. wahhhhhhhh,,,meskipun aq anak smk,tapi buat matematik,pengen………….,,,,,….,..,.,,, banget punya cara2 jitu buat ngadepin soal yg rumit2 kaya’ gitu itu.Tingkatin aja nulis cara2 jitu belajar matematika cepat,,,,,,,biar kita2 juga smart kaya’ Pak HABIBI tuhhhhhhhhhhhhhhhhhhh,,,,,,,,,,,
    super jeniuzzz…
    thank’s,,,,,,,,,,,

  36. o…….ya
    bagi temen2 yg pinter rumus cepat matematika.gabung donk…..
    biar aq juga tau apa sich rahasianya..orang pinter matematika itu…….
    bagiku matematika itu seperti lemon ..kadang asem……………..banget
    tapi juga t-o-p b-g-t skaliguz baguzzzzzzzzzzzzzz……bgt.
    yukk…..belajar matematika ……..

  37. Nee_yamzZ...

    kerend dech!!!!!

  38. saya sudah punya jawaban utk 2 soal latihan, tapi sayang ga bisa diketik di komen.

    Trims artikelnya. bagus.
    nulis lagi dong ttg rahasia2 matematika
    ________
    AL Jupri says: Masa sih ga bisa diketik? Trims juga…. :D

  39. susanti

    salut buat info rumus cepatnya, kadang – kadang diPrigama juga diajarkan

  40. waduh aq ga ngerti niyh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    klo nyari rumus2 sambil baca cerita khan ga asik.
    plis bikinin yang ga da ceritanya dungks!

  41. hamba tuhan

    Mau ulum math. dikelas yg paling bego gw dong. gurunya tlalu pinter. rumus !!

  42. so-care

    kira- kira ada bukunya ga nih biar bias di pelajari lebih jauh tentu di rumah and di sekolah.?
    _____________
    Al Jupri says: Bukunya ya Pak/Bu? Kalau buku yang benar-benar membahas asal-usul rumus “cepat” sepertinya belum ada (kalau pun ada, saya belum tahu… ). :D

  43. wayan agustiana

    rumus cepat memang OK, but bagi saya nda cocok untuk belajar di sekolah. Paradigma pedidikan matematika skrang uda berubah, nda mesti serba instant namun lebih ke prosesnya. Para jagoan matematika kita dlm olimpiade baik tk kabupaten amp internasional masih jauh dari yang memuaskan karena dasar – dasar proses berpikir logika matematisnya jarang ditekankan. Disamping itu juga, siswa jaman sekarang maunya kan pingin “cepat”. Sebenarnya mentalnya siswa – siswa kita yang uda makin berubah dari jaman ke jaman, betul nda?
    regards,
    wayan

  44. hero

    aku mau nanya nih gimana rumus cepatnya logaritma,sinus,dan cara mengerjakan soal penghitungan deret aritmatika.

  45. yusfie

    huee.. gile cpt bgt???
    jadi pusink ny??

    ee.. boleh tu sering2 tulisin n’ klo bisa soal2 matematika sma klas 1 nie mw penjurusan ni puyenk!!!!!!

    boleh kan????

  46. Imsaskia Setyawati Cassandra

    Waah terima kasih atas rumus2nya ya………..!!!!!
    Bekal buat ntar SPMB ITB sama UGM. Heeeeeeeee!

  47. misae

    wah cepet banget ya…saya sambil makan liat rumus, belum sekejap udah selesai tuh..salut-salut deh…tambahin tentang logikanya duong…

  48. astri

    Dulu w ahlinya matematika waktu SD, Karna materi SD dalam memberitahu Rumusnya sangat mudah dimengerti anak2,dan membuat tertarik pembaca, sampai2 w diberi kepercayaan guru untuk mewakili sekolah dalam berbagai lomba Matematika. Menurut saya ini bukan pelajaran buat w, tapi memang HOBBY w. Namun setelah w masuk kejenjang yang lebih tinggi dan perubahan kurikulum, w jadi enggak berminat lagi terhadap pelajaran ini karna rumus yang diberikan tak seperti rumus kurikulum yang dahulu. Tapi saya tetap menyukai matematika walau sekarang juga mencintai Bahasa Inggris.

  49. putra

    salam kenal,

    klo kesulitan dalam bermatematika
    atau punya sanak saudara yg kesulitan dalam bermatematika dapat menghubungi aku di 085921598723 aku biasa ngajar privat matematika,
    dulu ketika sekolah aku sering mengikuti kompetisi matematika antar sekolah
    jadi aku biasa menghadapi soal2 yang tidak umum

    aku punya program “pasti” dimana muridku aku beri jaminan untuk lulus ujian nasional untuk mata pelajaran matematika klo ga’ lulus kukembalikan semua biaya yang dikeluarkan muridku itu.

    trus juga ada program 6.5 7.0 7.5 8.0

    dimana aku memberikan jaminan untuk mendapatkan nilai UN sebesar nilai2 tersebut

    terimakasih

    ditunggu commentnya

  50. bagus, jg rumusnya

    kirimin dulu ilmu yang lain y………………………………………

    salam kenal y,,,,,,???????????

  51. sweetly

    Wow…..keren banget. pengen nih diajarin…soalnya aku tuh suka banget ama pelajaran matematika.
    tapi aku kan masih dalam tahap pembelajaran jadinya aku pengen berusaha belajar supaya bisa kayak orang-orang yang pintar matematika….paling kurang kayak guruku….hehehe…

  52. r@g@

    menurut q soal matematika sekarang yng perlu dimengerti yaitu diri sendiri. Tapi meskipun begitu guru_guru jug@ H4rus menerangkan pelajaran itu sedetail_d3t41lny3 ok. Pusiiiiiiiiiiiing……………
    Tapi ingat q sangat suuuuuka banget pelajaran m4t3m@t1k4.

  53. Wah . . .
    Kakak . . .
    Ada Rumus cepat lain.X gak ?

  54. nur syam

    yang bikin tertarik matematika ya karena penalaran yang dikasih mengasyikan…tambahin lagi..crita mat nya

  55. diet

    mas saya mau tanya klo beli buku rumus cepat matematika, belinya buku apa ya…?
    soalnya tahun sekarang aya mo ikut spmb… n sebernya saya sudah lulus dari tahun 2006…
    dan skg lupa gie ,pgn ikt spmb gt..
    thx y.. sbelumnya,,,,
    ________
    Al Jupri: Mmmmh… kayaknya banyak pilihan. Dan hampir semua buku-buku yang membahas rumus “cepat” ga pernah mengungkapkan rahasianya… :D SIlakan pilih-pilih sendiri aja… :D

  56. fajar hidayat

    saya murit sma negeri 1geger kelas XIipa4, saya juga tertarik akan rumus2 cepat ,krena di kelas setiap guru menerangkan pakai rumus yang sangat panjang, jika da waktu tolong bantu ya…..cara cari rumus cepat ? e-mail : fajar_hidayat91@yahoo.com

  57. ali

    Lama meninggalkan matematika. Otak saya ogah diajak berpikir. Salut! sampeyan bercerita soal angka lewat cerita. Boleh nanya apa sih rahasianya berhitung cepat sistem sempoa? Ada lagi guru wanita, pernah ditayangkan di TV, yang mengajarkan matematika itu gampang dan menyenangkan. Waktu saya kecil, beberapa puluh tahun yang silam, saya membaca anak asal India, yang menyelesaikan soal berhitung dengan kecepatan luar biasa. Apa ya rahasianya? Salam.

  58. rkj

    matematika susahnya full

  59. emi

    wah…asyik ni bisa tambah pengetahuan tenteng cara cepat ngerjain soal matematika, boleh tau yang lain gak?

    • saya lebIh, Senang belajar ny matematika , krna lbih mudh untuk dmngerti,
      aku juga senng bljar b.inggris, AGAMA, krna pelajarn agama mmudhkan say untuk bljar shalat, mndi wajib, dan berperilaku, yng terpuji, dn ingin mnjad orng sukses untk masa depn, nanti, saya ingin mnjdi seorng guru matematika dn B. Inggri, dan kamu, / kwan ku ingin jdi apa kalian…………?
      Apaka kalian punya niat untuk mmbahagiakn orng tua, adik’ kita, dn juga kluarga dekat kita, khususny dri pihak orngtua kita jugaaaaaaaaaaa……….?
      kalw aku ingin sperti itu , krna bsa mmudhkan kita untuk msuk surga, aminnnnnnnnnnnnn….?

      dan, klaian apakah mau, seperti itu……..?

  60. andyies

    masukkan titik (0,a) dan (b,0) ke persamaan (y-y1)/(y2-y1)=(x-x1)/(x2-x1),maka;
    y-a/0-a=x-0/b-0
    y-a/-a=x/b (dikalikan silang)
    (y-a).b = x.(-a)
    by -ab = -ax (tukar tempat)
    ax + by = ab (tu jawabannya)
    terbuktikan…….
    saalam kenal………..

  61. Rinie

    Wah Keren Abiezzz…..,kalo bisa dikompliti lagi rumus-rumus nya!oke makasih ya!

  62. Cara cepat matematika ini bagus saya suka dan keren

    tapi kalau bisa dikaitkan dengan tuhan

  63. Pake rumus cepat c ok-ok aja kalau emang orientasinya cuma buat menyelesaikan soal dengan cepat. Tapi soal pemahaman?hmmm, harus dipertanyakan tuh. Karena kecenderungannya orang yang pingin rumus cepat itu adalah orang yang sulit memahami masalah, akhirnya salah satu jalan biar bisa menyelesaikan soal tanpa ribet uthek-uthek adalah dengan rumus cepat. Dengan rumus cepat, konsekuensinya adalah kita harus banyak menghapal.

    Padahal sebenarnya, kalau kita memahami masalahnya akan jauh lebih mudah. Cukup pegang saja rumus-rumus pokoknya. Karena banya rumus-rumus lain yang biasnya tinggal menurunkan saja dari rumus utamanya. Kalau untuk matematika, kurasa rumus cepat masih bisalah dipakai. Tapi kalau fisika?. Dalam fisika biasanya juga dikenalkan rumus-rumus cepat, terutama yang ikutan bimbel. Tapi biasanya dalam fisika, keadaan dalam suatu masalah agar rumus cepat itu bisa dipakai biasanya lebih kompleks. Sehingga jika ada bagian masalah yang diubah sedikit saja, karena tidak paham permasalahan akhirnya tidak mengerti kalau rumus itu sebenarnya tidak berlaku lagi.

  64. Oh ya, untuk menguraikan (a+b)^3 bisa juga kan pakai segitiga Newton?

  65. Hadi Ismanto

    wah-wah hebat ya

  66. znal bassayev

    wuihhhhhhh…pusing!!!!!!!!!tapi seru juga seh

  67. firdaus

    wow………………… cepet buanget bisa gak kirim semua rumus2 cepat matematika yang lain ke firdaus_log@yahoo.co.id. makasih………………………

  68. Tlongin dunk, mw SNMPTN, tpi msh ska g ngrti sma yg nmny mtk. Bsa krimin rumus2 cepatny g? Krimin aja k camino_666@yahoo.co.uk dtunggu lho. Ok.

  69. I MORRIES POHAN

    SIAPA YA YANG MAU TOLONGIN AKU BELAJAR BAGI BAGIAN

  70. millah

    waah…saya seneng banget utak-atik soal unik,pak ya..walaupun lebih sering g’ bisanya daripada ngeh-nya tapi tetep seru ko’.Emm,da yang tw g’ buku tentang soal2 unik+penyelesaiannya.kalo ada kasih tw lewat sini mi-el53@yahoo.com

  71. Anonymous

    keerrreeeennnn aaaabbbbiiiiizzzzzz

  72. wandi

    Lumayan juga rumus cepatnya, bisa nambah jagad rumus praktis, ya begitulah, kita memang nggak suka yang muter-muter palagi akhire malah nggak ketemu, mumet sisan, jadi rumus praktis sangat diperlukan. Hidup rumus praktiiiisss. Aku di sekolah juga selalu bahkan menekankan kepada siswaku untuk menggunakan rumus praktisku daripada rumus panjang yang ada di buku, lagian cepat n betul sih.
    Bagi bloger yang lain, silakan kunjungi aku untuk mendapatkan rumus praktisnya juga di http://www.wandisukoharjo.wordpress.com. TQ.

  73. joe

    huk huk huk…….
    rumus rumus
    sekarang udah lupa semua rumus matematika
    kalo dulu ga tau

  74. ian'98'_ane tea

    kata saya sih rumus cepat sih memang ga ada.
    kalopun ada, itu karena sebelumnya dijabarkan dari bentuk umumnya atau memang banyak langkah yang sengaja dilewat karena sudah mampu menghitung tanpa dituliskan
    so….yang penting berlatih…berlatih…
    jadi…kunci belajar matematika … ya…belajar….dan berlatih…
    kata saya sih, ga ada yang namanya berbakat matematika…kecuali bakat kubutuh..huahaahahaha…

  75. Roni

    MATEMATIKA= MAkin TEkun MAkin TIdak KAruan.

    Tapi aku suka lho

  76. Anonymous

    cdgbjuigvfrhjurjkgtrgeklvhsdjgirjynbsuiiot

  77. MeyLLL

    Akyu cedih
    Tak bisa matematika

  78. Lannnnnn

    Bgaimana cari rumus cpat tntang mat untuk UAN kls 9????

  79. col

    hufd. . .
    yg gmpng ad g????

  80. col

    mumet..,ndhezzzzz

  81. Lannnn

    halooo
    bleh gabung?

  82. Anonymous

    ..Hallo..coL..?
    pusing yaph..
    dasar bodoh dikaw..!sni gwa ajarin..!

  83. sundong

    waduhh……

    matematika cukup sulit..

    nilai saya selalu jelek

  84. nOtz

    ..Hallo..coL..?
    pusing yaph..
    dasar bodoh dikaw..!sni gwa ajarin..!

  85. gentonk

    xf sdgbfgsaxvfrgdgsfdf
    suLit bgd…0mm

  86. c_she

    bingung say eum!!!!

    oh y,
    (a+b)3=(a+b)2(a+b)
    =(a2+2ab+b2)(a+b)

    yang terakhir (a+b) tuh dari mana sich???????????

  87. !~/\/@

    tolong tamba rumusnya dong yg lebih lengkap tapi kalau kayak gitu aku masih bingung.terus kasih contohnya ya!!!!!!!!!!!!!!!!,,,,,,,,…….

  88. risetoperasi

    Kenapa tidak pakai segitiga Newton ?

    1 1 -> a+b
    1 2 1 -> (a+b)^2 = a^2 + 2ab + b^2
    1 3 3 1 -> (a+b)^3 = a^3 + 3a^2b + 3ab^2 + b^3

    kalau disederhanakan, yang terakhir akan menjadi
    a^3 + 3a^2b + 3ab^2 + b^3 = a^3 + b^3 + 3ab(a+b)

    Jadi (a+b)^3 = a^3 + b^3 + 3ab(a+b)
    atau a^3 + b^3 = (a+b)^3 – 3ab(a+b)

    Kalau b=1/a maka didapatlah asal-muasal rumus ‘cepat’ tersebut :)

  89. missy

    met kenal, aq adl salah seorg pecandu mathematika, aq senang banget bisa sharing ma abg… wlu kbanyakan aq dah tau rumus2 yg abg ceritakan n dtgnya dr mana tp it’s no problem. siapa tau suatu saat kita bisa sharing ilmu. Terus smangat cari rumus cepatnya yach…. banyak org yg suka math tp g bnyak org yg suka math skaligus kreatif…

  90. Bela Ronaldoe

    mas…klo pake perbandingan aj gimana bisa g’??????heheheheeee

  91. st_steph23

    hmm….Jadi, (a + b)3 = a3 + b3 + 3ab (a + b).
    coba itung..hasilny 200 bukan 110 .

  92. yka

    b1ar leb1h 5man9at ilmu mtk 1tu harus d1 b4r3n9! dng prakt3k coy,s3pert1 ilmu f151ka d1 pr4kt3kin ke R0B0TIK 0K COY!!!

  93. Fitri

    wah….hbt bgt q menang lomba matematika tp
    seKecamatan juara ke-1 lho!

  94. weh hebat banget tuh rumusnya dapet dari mana?

  95. gampang kok belajar materi faktorisasi suku aljabar

  96. coba siapa yang tidak bisa,tuliskan saja soalnya insyaallah akan ketemu problem solving ya ok.

  97. Yudi Setiawan

    penggunaan rumus cepat cukup bagus untuk memotivasi siswa. namun jangan sampai siswa diajarkan rumus cepat tanpa mengetahui asal-usulnya, coz bs jadi salah konsep.
    oh iya… sy yudi angkatan ’95. mdh2an msh ingat

  98. syafitry

    gmn cieh cr bljr mTk g g nge bOcEniEn?

  99. adit38

    waduh kang, saya punya pengalaman yang mirip dan itu membuat saya sempat minder….., terima kasih inspirasinya, saya akan menulis pengalaman2 saya juga

    Thanks kang….

  100. missjeshe

    hi… good nite and lam kenal.
    saya tertarik dengan blog ini. krna saya adalah seorang mahasiswi yang mencoba mencari makan dengan mengajar privat.dan kebetulan saat ini murid saya sedang mempelajari tentang persamaan garis lurus. punya soal2 yang berkaitan dengan “pgl” ndak pak bos??? biar anak murid saya tambah maju. he… kelas 8.
    thanks ya pak??

  101. Coy Apa Lu Tau Rumus Matimatika Cepat Untuk Kelas 5 Biasa Buat adik Gua………

  102. taufan

    wah…bgs bner rms_nya..

    klw bs ksh tau donk lg rumus2 cepat yg qm ktahui_dr yg susAh ampe yg mudah..

    oke

  103. ayoup

    un 2008,lulus………..amin

  104. UN 2008,lulu smua…………..amiin

  105. apaan tuh……
    gue tuh sebentar aj udah selesai
    gue kr rumus apaan tuh pki rhs sgl

    pelajaran murahan yg ngk menguntungkan

  106. yah saya juga masih bingung, karena tidak adanya grafik, gimana cara ngaturnya

  107. boleh nggak ngasih contoh grafiknya, cuma gitu-gituan bikin aku jadi pusing

  108. IWAN

    Aaduhh>>
    Iwan Psing Bgt Ma MTKA!!!
    TLONG DONG KrIMn Rumusnya

  109. IWAN

    Aaduhh>>
    Iwan Psing Bgt Ma MTKA!!!
    TLONG DONG KrIMn Rumusnya

  110. jago bgt lah aq pingin bis ajarin aq pernah menang juara matematika ke 4 se kota bdg salam kenal

  111. Ridwan

    salam kenal ya mas al-jupri.
    salam juga bagi yang mencintai dan membenci M 4 th 3 m 4 T h1 c

  112. ajarin donk rumus bentuk akar perpangaktan yg pake per1 an pls lo ngert gurunya riwet ngajarin nya

  113. tolong ajarin ya om perpangkatan ga ngert

    gw soal yg di kasinya sussah amat sih

    padahal cuma d suruh menyerdehankan doank

  114. aman

    matematika itu bagaikan sate

  115. mas sya mnta rumusnya d perbanyak lagi

  116. Ini rumus yang saya pake di sekolah :D

  117. sihab

    istimewa,,….,,.
    ada rumus cepat yang lain gak…

  118. kusmiadi

    kalo ada rumus cepat dan praktis, tolong kirimkan. makasih atas infonya.

  119. putri keyla

    saya mau rumus SD

  120. rizki akhirin

    klo ada rumus yg cepat dan praktis kirimin dong

  121. waaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhh hebat…………… lebih hebt lagi kalo lebih banyak……….

  122. zul

    Jika soalnya pilihan berganda dapat dipakai rumus pendekatan.
    Caranya:
    misal a=5 maka 5 + 1/5 =5.2 > 5 kelebihan .2 maka ambil 4.8
    maka 4.8^3 = 110.6
    lumayan cepat dan cocok buat yang suka pusing dg a x b: (1/a + 1/b) dan semacamnya.
    salam,

  123. erny

    mana rumus-rumus matematikanya……..!!!!!!!!

    please………

    gw mo dounload

  124. arlanq

    tlong kasih lenkap rumusnya donk

  125. AQil_Alhilmi

    euw beneran hbs bljr mtk q jd kenyang nich!!!

  126. akhyat hlmi

    buat umat matemathicholic jangan pernah nyerah 2 learn more yaah!!!

  127. Bagi2 ilmu kok nggak iklas..!! he3
    iklasin aja om biar dapat pahala..he3
    & yang penjiplak juga nggak tw diri tuw..

  128. arul malindo

    untuk anak sd nya mana mas…………

  129. waluyosh

    Mas Al Jupri oce juga nich n tolong donk kalau ada methoda jarimatika kirimin ke email saya. Tks sebelumnya

  130. azkia

    3a.1/a(a + 1/a) kok bisa jadi 3(5) mas???
    tolong dunk jelasin…
    ^^

  131. azkia

    ndak perLu mas,,,
    setelah di lihat” lagi
    akhirnya saya ngerti dari mana dapetnya!!!
    okeh…

  132. zul

    Pak Al Jupri mungkin ada yang punya rumus cepat untuk soal berikut:

    x + y + z = 1
    x^2 + y^2 + z^2 = 5
    x^3 + y^3 + z^3 = 10

    Berapa x^4 + y^4 + z^4 = ?
    Salam,

    • Leonardo

      Ajarin Ak Don’k…!! Plizzzz Ak Mau Jga Belajar MTK ….??
      ….THX ….
      (Slam)

      ( Leonardo Decaprio Tambunan )
      Balez yach…

  133. achmad ramdhani

    duch bentar agie un nich, rumus nya banyak banget..

  134. ivan

    Bullshit ni semua, kita ga perlu memperdebatkan masalah rumus cepat rumus lambat kek atau rumus setengah mati… ga jaminan tu semua. Kita ga usah ribut2 urus masalah rumus, tapi gimana elo semue ngerti gimana memahami hidup. Karena belajar untuk bertahan hidup. Indonesia kacau ….. banyak anak2 negeri ini yang pinter, smart bahkan jenius tidak dihargai sama sekali… Jadi buat apa???? Sementara mutu pendidikan indonesia di asia tenggara malah ga ada artinya dibandingkan negara lain. Tingkat SMU mereka setara dengan S1 di indonesia!!!! Ga malu apa kita memperdebatkan ilmu kita yang hanya secuil … Mereka aja kalem !!! Pantes kita masih bodoh2 dan juallah satu persatu negri ini manusia2 bodoh!!!!!

  135. RULLY

    Ass Wr Wb.
    Saya mmg sdh tak muda dan tak belajar lg, bgku skolah sdh 23 thn, pd wkt sklh sy snang smgt dgn matematika, ttp hasilnya tak prnah baik, sy terima pljran dan olah sendri ttp gak prnah dpt, bertanya pd guru sekali – dua mmg tak mengapa tp lebih dari itu malah kena marah, bertanya pd tmn tak ada yg memberitahu , mau kursus tak ada biaya,semangat mengetahui terus terpendam sampai saya jumpa dgn ruang anda ini. saya berterimakasih dgn anda yg mau berbagi ilmu, andaikan ada rubrik anda disaat itu. terimakasih mas Jupri.semoga ilmu yg anda bagikan ke kami terus bermanfaat.

  136. bagus tambah banya donx
    biar bisa tau semuanya

  137. Gi mana sich tips /caranya nyiptain rumus matematika….! thanks.!

  138. Gi mana sich tips /caranya nyiptain rumus cepat matematika (sma)….! thanks.!

  139. qwh itwh pngen bgt ngerti tentang mtk…
    soalnya qwh ga bisa….
    kasih solusi donk,,biar qwh bisa ngerti….

  140. setiawan

    aku suka jln pintasmu…

  141. cici

    assalamualaikum

    saya mau minta contoh-contoh soal matemnatika untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa

  142. alreadypass

    bagus pa,,,,berpikir analisis semenjak dini…hehehe
    tapi bagaimana caranya menyatukan intuisi dan penggunaan matematika yang digunakan tentu saja untuk menyelesaikan masalah matematika?

    n one last question
    bapa biasanya dalam sehari, berapa lama biasa membaca buku matematika????

    budi &
    annisa

  143. edi

    wah apa hanya itu aza, kalo bisa sih ditambah yups

  144. vhyDyn

    gmN cie Cranya spy bs cepat dlm bkjr matematika ??

  145. gimanasich cara mengatasi agar kita tidak takut dengan pelajaran matematika
    apalagi kalau gurnya Gualak

  146. aduhhhhhhhhh gue blm ngerti ne. tentang rumus cepat matematika.tolong di jelasain lg ya……… saya ingin sekali untuk mengetahui tentang rumus matematika secara cepat…………okkkkkkkk tank’s ya………. salam kenalan dari gue elsa

  147. gue blm ngerti ne tntang rumus matematika secara cepat.tolong di jelasin lagi ya……..please,,,,soalnya gue pengen bgt mengetaui tentang rumus matematika secara cepat….gmn yaaaaaaaaaaaa caranya biar bisa cpt mengerti tentang rumus matematika secara cepat……tolong bantu aq ya……..please……aq mohon km mau bantuin aq……okkkkk

  148. hai gue almi,,,,gue pengen tau gmn cara nya,,,, agar kita cepat ngerti tentang pelajaran matematika….please kasih tau ya…… gmn caranya…

  149. kq….eh…pak jupri sy math upi ’04 alhamdulilah sekarang sedang jadi dosen muda di STTI Tanjungpinang….semoga walaupun sy jauh dari JICA kampus tercinta…saya akan dapat terus menimba,,,ilmu pak jupri….lewat forum nie…btw S2nya dah beres pak?syukur klo udah mahhh mudah2an secepatnya S3,,,,aminnn

  150. Anonymous

    Pak boleh tanya?
    Apa motivasi kebanyakan orang mempelajari matematika?

    Wulan & Budi

  151. butuh yang lebih bagus lagi dan praktis

  152. CHOCOCHIP38_ICHA

    rumus`a leh bagi-bagi th,, v klo leh tau, gmana sie cra wat slesain msalah mtk k semua rumus mtk byar gx terlalu bkin pusing,, pengen beud bsa bljar mtk kya hnya blajar komputer(gmpang),, gmana y???

  153. Anto

    Pak mo nanya soal M-M..
    “Uang Anto dgn uang Budi berbanding 3:4, sedangkan uang Budi dgn uang Cici berbanding 3:4, jumlah uang mereka Rp.185.000.Berapakah jlh uang Cici..?
    Ini soal kls VI (try out), sy kelas VI SD Pak…sy bingung cari jawabannya…tlg y Pak…semoga tambah maju blognya….tx

  154. adila

    askum pak…
    sya dila sya mw nanya g’mna cy cranya kta bsa cpet bsa pel matematika…?????

    kcy tw yuah pak coz mw un ney…

  155. henn

    andyies
    May 14, 2008 at 2:46 pm

    masukkan titik (0,a) dan (b,0) ke persamaan (y-y1)/(y2-y1)=(x-x1)/(x2-x1),maka;
    y-a/0-a=x-0/b-0
    y-a/-a=x/b (dikalikan silang)
    (y-a).b = x.(-a)
    by -ab = -ax (tukar tempat)
    ax + by = ab (tu jawabannya)
    terbuktikan…….
    saalam kenal………..

    BINGUNG TUH mumet,,,, tahu !!!!!

  156. Anto

    “Uang Anto dgn uang Budi berbanding 3:4, sedangkan uang Budi dgn uang Cici berbanding 3:4, jumlah uang mereka Rp.185.000.Berapakah jlh uang Cici..?

  157. zul

    @Anto: ni pak de coba jawab, tapi kita minta izin dulu dengan pak Jupri ya…
    A = 3/4 B; B = 3/4 C maka A = (3/4)(3/4) C = 9/16 C
    A+B+C = 9/16 C + 3/4 C + C = 9/16 C + 12/16 C + 16/16 C =
    37/16 C = 185000 maka
    C = 16/37 (185000) = 80000;
    B = 3/4 (80000) = 60000;
    A = 3/4 (60000) = 45000
    Gitu ya Anto… semoga Anto jadi anak yang pintar matematika
    seprti Pak Al Jupri…
    Salam,

  158. goris

    yah,,,,

    ada yang lebih cepat lagi gak??

  159. vivi

    i like math but why i cann’t it

  160. kuuk bisa seperti itu sih aku mau dunk jadi pintar seperti kmu….
    apa rahasia supa nilai saya lebih meningkat seperti teman kmu itu..???? baless ke yahoo ku yach..

  161. wuih…

    cpt bgtz,,

    tp,musingin….

    huft,,

  162. bella aghista anggraini

    maaf< saya lihat rumus – rumus yang anda tampilkan itu adalah materi rumuz matematika kelaz 9 dan saya maw donk diberi rumuz kelaz 7 tentang apa az dech pokoknya bz jd pintar & juara kelaz

  163. arifin

    mas tlng ksh rumus2 cpat dari mean median dan modus ya mas.,.,kl da jg bab limit,dan integral.,.,makasih tolong blz di emailQ ya mas…

    thx..

  164. hm… pada dasarnya smua orang itu mampu g’ sih dlam matematika. apa cuma bagi yang bisa2 aja…

  165. sudi abara

    mas, ada gak rumus cepat tuk jadi kaya,hehehe.btw aq suka jg sih ama yang namanya rumus cepat, tp kalo gak prnah diajarkan dsekolahn mana ada yang bs jawab sekian pertanyaan dengan jawaban yang sangat sulit dapatnya,apalagi soal-soal uan itu lochhhh!!!tanpa bimbingan belajar dari alam n bimbel resmi dengan pengajar yang kuasai rumus cepat yahhhhhhh pastinya mampu donk ngajarin siswa2nya tuk sukses uan,tp yang cma dsekolahn sekian jam dengan guru yang cma ikut kurikulum,ikut buku paket,n ikut moodnya aja ngajar,pastinya agak mustahil tuk mluluskan siswanya secara murni,buktinyaaa.liat aja dlapangan????//

  166. ok de kan Q cB di rmH….

    rueT juga ya….:(

  167. Lily

    Assalamu’alaikum, wr, wb..
    Saya mau minta izin untuk mengcopy rahasia rumus ini, untuk saya pelajari dirumah.
    Terima kasih sebelumnya.
    Wasalamu’alaikum, wr, wb..

  168. dadi

    wah sekarang sih semua pada pinter2, waktu saya sekolah th 80an dikampung jangankan tahu rumus buku satu aja untuk semua catatan. maklum blum ada dana bosssss. sekolah aja jalan kaki 10 km, disekolah 2 jam sisanya dijalan

  169. maybe

    sabar bung….
    jangan marah2 soal publikasi dunk’s…
    biasalah indonesia…
    sering kyk gt…
    cz menarik jdnya lgsg pengen publikasi ulang
    ya jdnya tanpa izin dh
    jadi diajak “enjoy” aja kasih tau-nya…
    sabar yah… :)

  170. lainx buat yg lebih cepet lgi ya mas,,,,,

    biar indonesia makin maju….

  171. mas kalau mau copy ke blog boleh ga
    atau di print ke kertas terus di bagi2 ma temen boleh g :-/
    diharap di jawab :D

  172. nia

    wah keren bAngET,,,ZzZZZz rumus na rumus tuk nak smp kelas 2 ajrin ye….

  173. cecyl

    gilaaaaaaaaaaaaaaak gue setuju banget tuh sama comment dari ivan yang tentang indonesia. bukannya mau sok bisa ya tapi mana? dari jaman ke jaman indonesia kaga ada kemajuan. cuman spik doang semuanya – -“

  174. ahh.. rumus cepat mah.. gampang bgt nyarinya… beli aja buku om son di ssc. komplit cara2 cepatnya. dari situ.. kalian juga harus bisa mengembangkan rumus2 cepat. sbb sy liat ada beberapa soal yg si pemilik buku tdk bisa mengerjakan dgn rumus cepat. mangkanya beli juga buku matematika karangan bob foster dgn konsep the king, dgn kedua buku tsb, kita bisa memadukan kelebihan setiap bku sehingga menciptakan rumus yg dahsyat… dan jgn lupa… temukan juga cara cepatmu sendiri dan dengan pemikiran jitumu……

  175. oh, ya.. jgn lupa.. klo maw buku2 karangan bob foster dgn konsep the king, beli ja di ganesha operation.. lebih murah dr pada di gramedia…jgn trima klo tdk ada rumus2 the kingnya!!!!

  176. saya masih duduk d bangku kelas enam sd tapi saya pintar ,tetapi sayatdk sombong dahulu sama kepintaran sy …

  177. fitra ardani

    keren banget, boleh ya buat alat bantu saya mengajar.

  178. ayu

    gimana yach cara mudah belajar Matematika aQ pucing padahal aQ juRusan matematika

  179. mantap banget gan rumus @,
    tetep sukses aja ya… n mksih atas ilmunya….

  180. hendrik midun

    hebat hebat… gw penggemar baru matematika. Kl ada rms2 br lg,ksh gw bcoran ya mas….

  181. Fajar Alim

    rumusnya cpt bngt smp q g tahu

  182. sebel bgt!!! klo’ soal MATEMATIKA..!!! bisa bkn bete…!!!

  183. sebel bgt!!! klo’ soal MATMATIKA…!!! bs bkn bete seharian!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  184. Irving super

    SANGAT SUSAH SEKALI KALI DIBERI PENJELASAN YANG SANGAT TERPERINCI

  185. salute pak.. ini ada matematika cepat juga.. http://quantumkids.net

  186. supriyono

    Terimakasih, anda telah memberikan sebuah pembelajaran yang bermanfaat, tidak hanya bagi saya tetapi juga bagi siswa saya…Ok, saya akan tunggu tulisan anda berikutnya.

  187. kiki kurniawan

    pak klo rumus pythagoras seperti sekarang beda sangat susah juga bingung aku cpe mikir nya

  188. zul

    Kalo susah ya jangang pake rumus pythagoras.

    Contoh:

    C=25 (sisi miring)
    B=24 (sisi tegak)
    maka A= akar (25+24) = 7

    Mudah kan?
    he..he..

  189. loyal lohh

    Wah ini memeng pelajaran yang ku suka jadi gampang mahaminya!!!!

  190. Tania paramitha

    ayo jawab,,soal mudah kok??

    Mr x datang dari inggris ke indonesia pada saat ia membeli rokok.ia membayar dengan $1 = Rp.10.000 harga rokok Rp.5.000 penjual rokok tidak mempunyai kembalian,kemudian ia menukarkan ke penjual bakso dan memperoleh 2lbr uang Rp.5.000 setelah uang kembalian dan rokok di berikan.Mr x pun meninggalkan pedagang rokok dan setelah itu pedagang rokok di datangi oleh penjual bakso untuk menukarkan uang tersebut,setelah ia tahu ternyata uang $1 tersebut palsu.

    pertanyaannya : berapa kerugian pedagang rokok??

  191. gita

    bisa gak cara penjeasannya yang lebih detail lagi, karena kami bru belajar tentang al-jabar jadi agak susah d mengerti…..

  192. wulan

    Asalamualaikum…semoga pelajaran yg kita ambil ini bisa bermanfaat untuk semuanya……
    tapi mumet juga ya kalau pake rumus2…apalagi buat saya yg notabenya baru meneruskan sekolah…

  193. ko prsan q matik itu ss, trnyata gampang

  194. ada cara yg lebih mudah ga kan pusing ngeliat rumusnya

  195. Anonymous

    wuah…………….
    buanyak’e rek……….

  196. herman

    bagus skali………..klau bisa yg lbih banyak donk…..

  197. emg matematika i2 peljrn yang paling sulit yang prnh aq knal tp lma klamaan aq jd suka ma mat stelah aq pikir2 mat i2 iah ……………… gt dech ……….. hehe ……………. sock taw iah ………. aq niiiiieeeee ………………………!!!!!!!!

  198. ada yang lebih mudah menyelesaikan soal berikut

    (p x l) x (phi x r x r)=

    (72746 x 72458) x (……. X 762 x762)=………………………………..

  199. imut ja

    yah……………………………q pusinng niey..q minta rumus cpat pintar dan menghitung cepatdalam mtk,,,,,,,,,,,,,,,,,???????????????

  200. sebenernya sy seneng bgt sma matematika, hebat banget tuh yg bisa nyiptain rumus matematika sendiri.
    pastinya gampang d inget kn…

    smoga sy bisa nyiptain rumus matematika sendiri ya…..

    .amien.

  201. puening banget rumusnya tu,emangnya tu rumus untuk kelaz berapa sih …?

  202. jwfsjncfjlwflwldnwlnndcndljncnwnjndlnlnwdnwdnnwknckmc;qklcmlcljedmjm

    tternyata matematika itu lumayan susah ya

  203. matematika ternyata memang rumit banget..,bila kita tdk mndlami nya,,& tdak menyukai nya.

  204. adit

    mantap betul nie web..
    eh kalo ‘ncari kumpulan2 rumus2 matematika yg berupa e-book dmana y???

  205. Zakky

    hahaha I like MATHEMATICS

  206. waduh cepat sekali cara rumus nya tadi sempat bingung,tapi bisa ngerti juga !!!

  207. hebat banget bisa nemu rumus sesingak itu :)

  208. O:) :) :( 3:) ^_^ -_- B| B)

  209. YUKII HYORI

    AqGK CUKUP PINTER EMMMMM TERGANTUNG ZAH……….BISA ATAU TIDAKNYA TP YAAAAAAAAAHHHHHHHHHHHH……….BEGIYULAH….EM SUKSES SELALU FROM ME TO YOU

  210. tolong anda menunjuk rumus matematika?

  211. echa

    aku ingin tau gimana sih caranya untuk bisa cepat mengerti rumus ruas bangun.kadih tau donk?????

  212. echa

    hey mana jawabannya

  213. echa

    dasar kamu itu gaaaaaaaaaaaaaaaak bisa bacanya

  214. sisi

    aku pingin tau rumus 2x matematika donggg,plizzz

  215. pingin tau tentang rumus matemtika yang aljabar

  216. pingin tau rumus tentang matematika yang aljabar

  217. lintang hani

    hbattt…bngetttt… :-)
    tp, rumus-rumus matematika yg laen.na dong ..

  218. vheea doank

    tambahin dong rumus-rumusnya…
    agar aku lebih mengerti

  219. lumayan nih….bisa buat contekan ulangan umum tahun depan…….

  220. great!I love verry much men…..its perfect for my next final test.,.,…

  221. faq ini semua….kalo begini caranya,gw dah tau tolol…….

  222. bagus tapi kok gak ada rumus balok

  223. rierien

    QpusiNKKKKKKK banget bila blajar mtk kpl q hmpir pecah…………….gamana neccccccccchhhhhhhh

  224. ALIVA

    kapan-kapan kesini ya ingin tahu apa rahasianya, kayaknya seru buat q Alamatnya Jawa Tengah, Magelang, Mertoyudan, Perum Griya Banjar Permai, kanan SMA Taruna Nusantara tahu kan hari libur ya kesana nya

    Salam, manisERIZTA

  225. a q

    ha ha pinter ya loe

  226. Fitri Ramadhini

    AssaLamu’aLaikum…..

    Saya suka bgT ma pLajaran MATEMATIKA…..

    Ada buku’a gag pak…, kLo da kabar2 ya pak…., saya nungggu bgT Postingan baru MATEMATIKA…….

    bintang.torres@yahoo.co.id
    Nie FB saya, pak inFo kesini ya pak…

    pak, bapak buka TempaT Les Juda gag dI Medan….. Pak, saya berharap ada orang-orang yang mw Berbagi iLmu MATEMATIKA’A kepada orang-orang yang berminaT ma MATEMATIKA……

    Saya Tunggu kabar seLanjuTnya ya pak…, Dan kepada orang-orang Atau pun Dosen- Dosen dan Guru-guru MATEMATIKA…..

    Terima kasih……

    AssaLamu’aLaikum….

  227. pak cara rumus cpat matematika gimana sih…???

  228. gimana cara tips- tips mengerjakan rumus cepat matematika????????

  229. yudo

    gimana cara tips- tips mengerjakan rumus cepat matematika??

  230. yudo

    QpusiNKKKKKKK banget bila blajar mtk kpl q hmpir pecah…………….gamana neccccccccchhhhhhhh

  231. yudo

    aq lier coy no understantddddddddddddd

  232. kuya

    gak apa-apa..biarin aja yang copas gak pake nama juga ,,,yang penting anda hidup ,memberikan makna dan arti bagi orang,dan inilah anda, bisa membagi ilmu yang berguna untuk orang lain , itung-itungan antara rebutan siapa yang punya link dengan amalan tentu saja amalan yang paling utama..biarlah amalan anda semoga akan menjadi pnyelamat ketika anda telah meninggal..gak usah ributin copas lah… yang penting kita hidup di dunia saling meberi dan berarti untuk orang lain..

  233. farikh

    wahhhhhhhhhhhhhhhhhh………………….
    gile cepat banget rumus mtk nya saya sampai bingung……..

  234. miftah_noor

    koq gak ada isi rumus rumus matematika kls 6 ???

  235. faisal

    mudah banget mencarin nya

  236. Rumus2 cepat yang disumputin di berbagai bimbel itu… saya jadi curiga kalau sebenarnya semuanya sama di tiap bimbel, namanya aja yang beda

  237. gimana ya caranya untuk lulus masuk smp
    tolonya plisssssssssssssssss

  238. bingung gimana si MTK nya,,,,,,,????? :)

  239. anthy

    adugh,,, tambah bingung…. :-)

  240. saya nisa sy ikut olimpiade prancis ternyata kalian pintar2 juga yah sy 2 megikuti olimpiade matematika prancis hebat – hebat hebat kalian cerdas banget yah!!

  241. hai nisa gue adrian lho ikut olimpiade di prancis yah gue pernah ketemu lho masih ingat??

  242. Achsanul

    Update:

    Makin hari, makin banyak orang-orang yang secara tidak sopan menerbitkan ulang artikel saya ini. Mereka mempublikasi ulang tanpa menuliskan nama penulis dan sumbernya dan tidak memberi link sama sekali. Oleh karena itu, bila Anda menerbitkan ulang artikel ini, tolong minta ijin terlebih dulu ke saya. Bila Anda tidak minta ijin, saya tidak rela, saya tidak ikhlas, saya tidak mengijinkannya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih!!!!

    mas inget jadi orang jangan pelit!!!(BECANDA) Ilmu itu dari Allah, biarin aja!!! yang posting tanpa ncantumin link ini. namanya aja pengen tercemar (eh salah terkenal) yaaa maklumlah. mungkin artikel yang dibikin tu kurang banyak minatnya kali hingga ngaku-ngaku artikel miliknya.tapi tak dukung terus.

    HAPUS DAN LENYAPKAN PEMBAJAKAN

    kebenaran ada di sisi Allah SWT. OK!!!

    Comment aq donk!

  243. cHie'chIee

    meskipun qw tambah pusing dengan pelajaran matematika :( …. py qw salut dengan rumus”nya…

  244. ansyi

    ternyata matematika tdk separah yg saya bayangin tpi rumus” nya itu yg bikin saya suka lupa,,, :'(

  245. asu kau buku matematika

  246. ardiyan

    makasih x…..
    agak rumit…. coz dh lama g’ buka2 buku matematika…
    v…. asal muasal rumusx… sangat membantu…!!!

  247. rizka

    hMm,,
    CepAt bNget it rmuzx..
    awalx aga m’bingungkan sii, V lma” saya lmyan ngerty jGa..

    sring” y ngsih rumus cepat, biar saya bsa lbih pintar matematika..

  248. ardatha jacksonya

    mungkin banyak yg g tau tuhb rumus gunanya wat apa but i am mencoba tuk belajar lbih cerius lagi>>>>>>>>>>>>>>>>>>……………….<<<<<<<<

  249. east

    123 Timur semuanya yang Comment….
    semua yang comment, aYo kita adu kepintaran matematika ajj….
    juara 1 : 50 redo
    juara 2 : 25 redo
    juara 3 : seredo
    g’mnA?? pAda seTuju gag Semuanya????

  250. hebat bgt th rumus,,,,,,,,,tp tetep ajah bingung hehehe………
    tp salut dah……..

  251. tya faradtya

    keren dch rumus nye
    tpiie msh bingung
    aiim counfuse

  252. Update:

    Makin hari, makin banyak orang-orang yang secara tidak sopan menerbitkan ulang artikel saya ini. Mereka mempublikasi ulang tanpa menuliskan nama penulis dan sumbernya dan tidak memberi link sama sekali. Oleh karena itu, bila Anda menerbitkan ulang artikel ini, tolong minta ijin terlebih dulu ke saya. Bila Anda tidak minta ijin, saya tidak rela, saya tidak ikhlas, saya tidak mengijinkannya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih!!!!

    ^
    ^
    ^

    Oh, ternyata gitu kalau blog sudah ramai dikunjungi…

  253. .buat sd/sma?.
    .nie buat sd kelas 6?.
    .blum da rumus di kelas 6.

  254. GUSPAN AULIA

    saya akan menciptakan rumus 2 baru yang lebih mudah & lebih cepat itulah janji saya …….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    UCIHA SASUKE

  255. adris

    aku ingin rumus matematika yg lebih banyak lagi,biar bisa mjd sang juara

  256. assalamu’alaikum wr wb……
    pak… ijin copy yyyy
    makasih..

  257. sri wahyuni

    pak, tolong diterangin lebih detail rumus cepat please…….. kalau bisa kirim ke email, thanks……. matematika bikin pusingggggggggg.

  258. Azifa

    wah seru bngt c’rita.a, tp itu soal bwt kls brp y…?
    kok d pelajaran Q gg ada y…?

  259. dewi rahayu

    gilee rumusnya, mantap bener ….. mas izinnya buat copy toek ngajar dikelas biar anak-anak lebih seru belaarnya…. tengkyu

  260. fendy

    jd mlah ugk mdeng aq

  261. saiionk rid

    nppa eaa hrrust add UN ..????

  262. nisa

    ass….
    apa gag ada rumus mat claz 7?????

    • sebenarnya pelajaran matematika itu gampang tapi kalau kita tidak menghafal rumus ya susah jugta ya terus kta latihan tiap hari……………………………………………………………………………….

  263. fitri

    WAH ,,,,,,,,RUMIT BGET SHI RUMUS MM…..TPI KLAU KTA PAHAMIN PSTI KTA TAU……………???

  264. waww….hebat BgtTT SieeHH….
    Qyu peNgeN BljArrr jUga” Ahhkkk…
    ouh houhh ouhhh

    — Praetorian[Trickster]Babymonsherr

  265. rama sadega

    iya ne ,,

    bleng otak hnnya cuma untuk mkirinn rumus doank,,,

    huufttt

  266. intan

    wahhhhhhhh hbt bgt tlg ajarin q doooong

  267. adox

    give some news for the mathematic

  268. dhewi

    hahahahaa…..
    pngend donk pntar matematika….
    nnti aqu bdoh …
    heheheh

  269. Anonymous

    gfvbnhjohcxtrzexscbgnohbvcfbgnhm8hb6grfghjkl;

  270. Anonymous

    bagaimana??aku masih blum mengerti…-_-

  271. buset cepat niat rumus matematikanya mau cepat pintar lihat aja rumusnya

  272. ncha

    hmp…….
    gimna kurang banyak nieh….

  273. Rangga Saputra

    matematika my favorite lesson

  274. melisa

    saya jd tambah pusingggggggggggg capek dehhhhhhhhhhhhh

  275. dian dianich

    lw byar bsa cpt hafal rumusnya2 gmna ea.???????????

  276. Dika

    weh bisa dipake tuh rumus “cepatnya” tambahin lagi dunk kak buat aku yg masih kls X please…..T_T

  277. …g!la p!nter bGt tu OraNg ^_^
    …kak tambah!n lg! donk kak rumus “cepatnya” bwatt aq yg masih kelas ‘IV’!!!!!!!!!!!
    ^
    ^
    ^
    ….aq ng!n p!nter kayak d!a?…b!ar sama kayak ~Ray~Cakka~Deva~dan Alv!n ^_^
    I LOVE YOU FULL MATEMATIKA
    wkwkwkwkwkwkwkwkwkw
    ^_^
    hehihehihehihehihehihehi

    (~yg pinter “MTK” ke sini aja lawan tu kakak aq aru klzzzzzz ‘VI’ braniiii gakkkkkkaaaa~) ?
    ?
    ? ^_^
    ooookkkkkk wkwkwkwkwkwkwkwkwwk?

  278. denise

    wah ,, ka , nggak ada yg rumus cepat smp yaah ???

  279. esa

    kak, tolong kasih tau juga dong yang tentang limit, please :)

  280. rinhie

    k,aq bodoh amat ,mati2ka………..ngank bisa2,kadang2 guruq hukum aq klu ngank tau kerjain tugas di papan tulissssss………di suruh berdiri angkat kaki sambil pengagin telinga…..aq udah bozan bodoh aq mau berubahhhhh,tP zUSAh bUaNGetttttTT…………HELP ME

  281. andriantslamet

    lumayan bingung….tp asyik…

  282. rumusnya pakek bahasa jepang lagi gk asik

  283. Matematika itu susah banget yah, aku aja sering dapat 60an mudah-mudahan di Indonesia ini banyak yg pintar matematika ya ndak kaya aku.

  284. yessica

    pusink buat matematika bsk ><

  285. Erwin Saputra

    sebenarnya rumus itu sudah ada di buku, tapi sayang anda baru mengkajinya sekarang,yang penting setelah bisa menurunkan anda harus hapal hasil akhir turunan tersebut, karena kalau pas ujian baru menurunkan, waktu habis, anda gagal.thanks

  286. Fani

    kak nanti rumusnya buat sd donk

  287. femtom

    okey punya tuh rumus……………..!

  288. Tommyly pardede

    yups emang dari uraian di atas emang sangat membantu!
    tapi sebaiknya di beri contoh?
    sebab seperti pada rumus (a+b)pangkat 3 q g ngerti?
    ya saran q biar di buat contohnya?
    karna pada rumus cepat tersebut cara menghitung pangkat pake variabel aku lupa?

  289. sangat engga hebat klw saya hebat coba aja ? :)

  290. anita

    waaah bagus bagus lahhh…

  291. hbhbgvbvgvbgb h gbyhnyhyouuoygayuuyi0jji8yuhy7yhuyiuuyhhghfuyrftuhguydytguyuuhykyugu8 hjgjhgjuhg

  292. yohaket

    matematika emang membuat diri kita menjadi percaya diri….
    nihhh..
    lain kali matematika menjadi kebanggaan indonesia..
    buat ilmu matematika menjadi baru….

  293. adelin

    .ehm,,,,
    .
    .
    .hebat tp???
    .
    .
    .
    .ad ngk ya??
    .
    .yg lbih….. bnyk rumus ny??????

  294. qudsi

    boleh gak…. artikel ini saya print???

  295. elis

    gila yg coment banyak bgt cih..

    gila rumus’a bkin kepala gw jd pusing..!!

    gw kga ngerti mksud dri rumus ntu apa..??

    hehehe…

    maklum gw kan mcih clas 1-smp…

    hehehe…

  296. elis

    kayak’a ntu orang bener2 pinter bgt yah..??

    secara cpt dya bsa ngerjain soal2..!!

    Good deh bwt loe..~~’

  297. fadil

    tolong jelasin dong

  298. andri

    hebat….
    sering-sering dong jelasi rumus-rumus MM
    biar mkin pintar

  299. akhirin

    wah hebat banget ya

  300. Anonymous

    aduh saya juga tambah bingung ga ngerti

  301. rasyadan

    thank’s ya buat rumus2x

    ..moga makin maju n caem rumusnya

  302. pengen dong belajar MTK biar pintar
    terus menjadi sukses
    hehehehhe
    wkwkwkwkwkwk

  303. mantap lama lama gampang MTK juga ya
    bener suer
    hehehe
    wkwkwkwkwk

  304. AKU INGIN NILAI UNAS MATEMATIKAKU NILAINYA SEMPURNA

  305. @imin

    Kak TlG Di Tambah Latihan soalx Biar kita Bisa kerja juga. seandainya kaka’ dekat saya belajar sama kaka’ walaupun harus bayar ,demi kegilaanku sama matimatika, rasanya aku ndak bisa tidur ketika aq dapatkan soal matimatika yang begitu mudahnya mereka kerjakan,rasanya pengen nangis ka’…….

  306. Anak pintar

    o.O jangan kaget yah |_-_|

  307. edmundo

    sbnrnya aku mau belajar ulang rumus mtmtk yg mudah dulu,dg mlihat a,b,c besrta dg angka,dan kuadrat yg banyak-byk aku malah tambah bingung dan membuat aku pusing dan ketawa pada diri sendiri,,,tapi sbnrya itu memang bermanfaat sekali bagi siapa saja yg cepat memahami rumus trsbt…thanks ya …………

  308. kenapa rumus matematika banyak,jdi saya bingung….bagaimana caranya untuk bisa menghafal dan mengerjakan soal matematika dengan mudah dan cepat??????

  309. riski

    gimana
    kok malah jadi bingung ???
    terbitkan yg nggak rumit dongg ..

  310. muammad miftachudin

    saya kok masih kurang paham juga ya?

  311. terasa sangat bingung lihat rumusnya…. tambah rumit, karna sebelumnya tak pernah belajar tentang rumus seperti itu. beri solusinya dong mas.

  312. hebat euy rumusnya mantap tapi tetap saja bingung sih tapi……………………………………………………………….. hebat rumusnya

  313. hebAT EUY RUMUSNYA EUY mantap tapi sih tetap aja

  314. dengan rumus-rumus ini semua perhitungan matematika menjadi lancar..

    sejak aku membaca rumus-rumus ini saya langsung mendapatkan peringkat kesatu disekolah saya dan saya sangat bangga ..

    Terimah kasih ya,..
    kepada yang telah membuat ini…

  315. asskum… cara tersebut bagus tuh ..awalnya kan pke rumus segitiga pascal juga bisa…???

  316. Anonymous

    mtka gw benciiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii,,tapi harus tetap di hadapi ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,maju kena mundur kena

  317. Yacub

    Siapa jg yg mau copy paste artikel kamu.tu sih materi murahan bgt.

  318. Anonymous

    law matematika aku emang nggak suka banget
    dari sd pun aku dah nggak sahabat_an ma peljrn ne….
    maka_a nli q jlex law matematika……….

  319. pandu

    kalo (a+b) pangkat 4….gimana kang
    tks

  320. Mohon izin publikasi tulisan untuk anak-anak

  321. huff…….. ga ngerti……….??????????

  322. q mau yg lebih cepat dong,dr ini. klo bisa kaya rocket gitu…
    he..he..

  323. agel

    It is very difficult
    I’m from america I want to find a formula to learn in school because of difficult

  324. divi (diki dan vivi)

    q jg suka ma mtk,dg adax mtk q semangat belajar krn da pacar.i love you matematika and diki

  325. nisha

    q suka ma mtk,krn mtk sangat seru dan menyenangkan.OK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! BRO. NISHA LOVE TEDDY. AND VIVI AND DIKI.,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  326. DIKI AND SHOFWAN

    KENALIN SAY,Q SHOFWAN.Q PUNYA PACAR NAMAX DELA.DIA CANTIK,MANIS P0K0KX SEGALAX.

  327. doni

    Q doni,q punya pacar namax susi.susi gampang di bohongi.dia q ajak pacaran di tempat yg sepi.dia q ajak cepokan,,ohok”.enak !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  328. belajar matematika menyenangkan bila mau belajar dgn aryani

  329. vivi dan ida

    q benci banget ma mtk,krn mtk terlalu sulit bagiku.mtk terlalu baxk berhitung sih,,,,,,,,,,,,,,,,.kalo u nggak suka mtk,berarti u sama dgku.dan datanglah ke rmhq.jln raya kuburan yg bernama diki dan shofwan.JANGAN LUPA Z,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,HE,HE

  330. ria

    q suka belajar mtk,krn ditemani pacarq namax banan,I LOVE YOU BANAN.

  331. IPUL

    Q pux pacar namax susi,q benci banget ma dia,krn dia sangat menyebalkan.q mau memutuskan dia

  332. rinta

    halo,namaq rinta. q sangat…….benci ma mtk,mtk itu tak berguna bagiq.krn mtk da ijiranx,q benci bangetz,POKOKX Q BENCI

  333. dores

    mateka itu sbuah teka-teki angka yg membuat orang pensaran”””’
    slam kenal…………………key

  334. dores anak jenius

    amiiiiiiiiiiiiiiiiiin .

  335. sekitar matematika

    bagi murid sangat susah menghafal rumus baru yang sebenarnya turunan dari rumus yang sudah ada. dan dalam keadaan yang mendesak rumus cepat justru membuat murid pusing.

  336. gini, saya belajar matematika tuh lemot, trus saya susah nanggep, saya bingung, bagaimana saya bisa menanggap matematika dengan cepat, lalu saya coba tapi susah, saya ingin solusinya bagaimana dapat cepat mananggap matematika????

  337. nurul

    assalamu’alaikum, bapa tulisannya memberikan inspirasi..
    minta izin copy paste y pa … Makasih.

  338. arik

    blh jg perjuangan mendapatkan rumus2 matematika

    :D

  339. amelia

    ASS,,
    Saya amel klas 1 SMP,saya ingin bngt pinter matematika tpi saya msh bingung ttng mengutak-atik rumus nya?
    tolong donk di jwb????

  340. k’…….
    aq agak linglung peljrn matematika,,,,
    bleh g’ yach aq mw tnya jwb soal mtematika ma kk’………,
    soalna mw ujian mtemtika nech…………………!!!!!!!!!!!!!!!!!

  341. rumusnya ada yang lain gg ?

  342. _Windy_

    _mas tolong did tambahin lagi rumus mtkx ya biar lebih hapal!!!!!!!_

  343. HARRID

    mas tlong d ajarin rumus matematika dan kalkulus donk soal aku gk ngerti sama skali hehehehehe

  344. Pengen ikutan ngejawab. Hehe
    Untuk nomor 1
    Garis yang melalui dua titik (x_1,y_1) dan (x_2,y_2) dapat diperoleh persamaannya dengan cara
    \frac{y-y_1}{y_2-y_1}=\frac{x-x_1}{x_2-x_1}
    Kalau garis yang melalui (0,a) dan (b,0), persamaannya adalah
    \frac{y-a}{0-a}=\frac{x-0}{b-0}
    \frac{y-a}{0-a}=\frac{x-0}{b-0}
    \frac{y-a}{-a}=\frac{x}{b}
    b(y-a)=-a(x)
    by-ba=-ax
    ax+by=ab

    Kalo yang nomor 2 masih mentok.

  345. riska syarifah

    keren jago bgt ka…….
    bleh d ajrin nh kbtulan nlai mtk ku lmayan jelek ……..
    btw salam kenal ….

  346. edy

    dulu gue suka! tp karang ngliat aja pening…

  347. edy

    dulu gue suka ama rms gtuan! tp karang ngliat aja pening…

  348. om mnta yg rumus kls 5 sd dongggg………….
    aq tu om matehphobia………

  349. daya

    matematika biasa aja kali buat orang yg pnya duit tinggal les doank ga kaya saya .susah di tambah mtk mampussss.

  350. suka mtk karena ribet ngafalin rumus n kadanng susah ngalihin x, :, -, + karena kerumitan itulah yg aku suka owh y jgn lupa banyakin rumus rumus yg bagus n rumus.a klo bolh dari kls 1 sd – prguruan tinggi

  351. aziz

    pak saya minta petunjuk biar saya sucses matematika kok bisa cepat itu bagaimana aku ?
    Minta cara kok bisa enak itu bagaimana kasih tau yah !

  352. tika

    wa…. enak klo bgtu stiap tahunx
    bs ngerjakan soal dg mudah

  353. eRliin_imoetZ

    wAah 0m… c4 bGd rUmuz’a,,,,,

    .uMmb… kiRa2 0m biZa NgRjain s0al yG akU biKiin Gak yaa…
    .ni sOal’nyaa..

    27 ha+15,3 are+8m2=……….. Ca

    .jaWab hLoo om….mAkasiih

  354. wahyu mulyanto

    hasil dari 8,5:3,5=….? bagaimana cara penyelesainya dan hasilnya berapa

  355. saya mau pintar sekalih pintar dalam rumus matematika….
    saya sangat suka dengan pelajaran metematika , tapii saya biasaaa tidak mengertii pelajaran tersebut , karnahh susah …
    saya mauu minta di ajarkan , agar pintar dalam rumus matematika …

  356. putri

    makasih ya ka untuk semua nya !
    berkat semua itu aku jdi bisa mengisi soal soal d sklh .

    TANK YOU …….. :)

    • dita

      saya paling suka pelajaran matematika .
      d sklh pun saya selalu d haruskan untuk mengikuti CALISTUNG (baca tulis hitung)
      tapi saya ingin belajar lebih dalam lg agar saya bisa lebih dari sekarang .
      terimakasih

  357. Kevin Ardivan

    Keren banget. rumus secepat itu mungkin pernah olimpiade ama jadi juara ya…..?

  358. mellya Hamada

    aduhhh g ngrti….ngemeng2 itu ukuran SD bkn??? atau apa? mmm….biasanya klo UASBN yg kluar apa aja sih soalnya???
    Thank’s

  359. Hanung Setyotuhu

    maaf saya hanung klo boleh saya pengen tentang soal2nya, ya kita tukeraan soal gtu looh

  360. k anisa

    Klo sy pribadi suka kelebian sy bisa di miliki orang lain walaupun tanpa seijin saya,karena saya yakin bahwa ilmu itu hidaya dr ALLAH swt.

  361. arif

    kematian saya adalah suit u/ memahami rumus2 matamatika,,,
    itu yg menjadi kegagalan saya mendapatkan ipk tinggi…
    dan saya ingin berusaha ingin mengidupkan kembai,,,,,
    kesulitan n kejenuhan saya adalah:
    bagai mana saya bisa memahami rumus2 matamatika, yg sebeumnya di peajari,,,,sedangkan saya tidak bisa,,,,….
    bagai mana caranya
    saya mohon…… bapak ibu bisa toong saya alakadarnya
    sekian dan terimakasih

  362. q pengen bisa matematika

  363. aduhhhh pusing banget ya hehheh :# :D

  364. HAMBA ALLAH

    waww….
    keren,,au ada-lah slah stu hamba allah yg sannggggaaaaattt gemar matematwika…………………
    dri sni,,sy jdi menambah wawasant…..
    tnx u yaww………!!!

  365. Rudy

    Wah hebat, yang jelas kalau daya ingatnya yahud pasti bisa matematika, gimana caranya kalau saya yang susah ingat dan mudah lupa. akhirnya saya berfikir ah yang penting jaman sekarang kerja yang jujur dan bisa menahan korupsi.

  366. mtk mang bikin orang jdi pusing

  367. ak tmbah g’ ngrti….
    mksudx apaan, tuh????

  368. Nuri

    Pengen pinter matematika,, Kok susah bgt pdahal aku udah berusaha v hasilnya lowest banget

  369. YUNIZ

    aduhhhh mtk itu bikin saya pusing,tp berkat kaka2 ini saya jadi paham mtk tp tolong donk tambah lagi soalllnya ooookkkkkeeeee…………!!!!!

  370. anggita

    aduh,,bsok try out matematika,,
    semoga saya bisa mengerjakan dgn baik,,
    sbnr’a mtk itu mudah,,klau kita tau rumus’a pasti kita bisa

  371. Salsabila Sembiring

    hhckkkkkkke

  372. ari

    kalo rumus lingkaran sma bgtu rumit

  373. yonatan kristian maryono

    kak minta rumus dan soal kesebanunan

  374. dian pingin pintar matematika

    aduhch tuh pelajaran nank SMA ya pusing skali :D :P:O:IDEA

  375. dian pingin pintar matematika

    :D :O: :IDEA:

  376. agus

    duhhhhhhhh ngarai ndas ngelu

  377. aniezt

    huft…..biezt ulangant mtK,,,,,,
    puSieeennnnnnngggggggg……

  378. dedi susanto

    gw suka bingung, kan kalo:
    2+2=4, 3×4=6
    tapi , kalo di tukang cetak poto 3×4=1500
    pusing gw?
    ada yang bisa jawab ga?

    • wulanzd

      3 x 4 kq 6 c????
      . klo yg 2 + 2 = 4 ma drii lahiir ud kyag gitu kali’,, tyus yg di tukang cetak fto it skiing ajj orgx hrgaen cetak’an ftonya sgtu

  379. manusia yang bernafas

    berarthie miesalkhan AP= 12 DC= 2 DP= 5 AB= 3 dan AD= 2
    dan rmus yg dignkan (ap . dc + dp . ab)/(ad)
    berarthie = (12 . 2 + 5 . 3)/(2)
    =24 + 15 / 24 + 10
    =39/34
    apkah spertie nie mksudnya?????????????????

  380. manusia yang bernafas

    lalhu apkah bsa gmbar yg adha die atas yg phakai rmus (ap . dc + dp . ab)/(ad) ithu diberi gris banthuan sperti misal dithambah gambhar segie tigha die atanya???? and then jikha bsa bgmna cra menghtungnya??? apkah dgn rmus yg sma??? klw pkai rmus yg sma lalhu apha gunanya diberi gris banthuan klw tiedhak diegunakhan/tethap mnggunakhan rmus yg sma???

  381. Anonymous

    Bagaimana cara rumus matematika itu????????????????????????????????

  382. manusia yang bernafas

    qw bleh g’ mnta rmus cra menghitung sudut-sudut yg terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain???? mksudnya mna dgn mna yg disebut sudut sehadap,dalam bersebrangan,luar bersebrangan,dalam sepihak,dan luar sepihak!!!!

  383. manusia yang bernafas

    ataw cranya gini yw…………
    miesalkhan AP= 12 DC= 2 DP= 5 AB= 3 dan AD= 2
    dan rmus yg dignkan (ap . dc + dp . ab)/(ad)
    =(12 . 2 + 5 . 3)/2
    =(24 + 15 )/2
    =39/2
    =19,5

  384. wulanzd

    . saya paliink suka dengan pelajaran matematika,,artikel ini menarik dg rumus” cepat nya,,
    . maaf boleh kah sy mngisikan rumus” cepat tersebut ke dalam blok sya???
    . tpii jika memang anda tiidak berkenan sya tiidak akan menuliskan rumus” tersebut kq,,

  385. dulu saya pernah belajar matematika.tetapi saya tidak bisa mengerjakannya sejaka adanya rumus rumus matematika ini saya mulai bisa mengerjakan soal soal matematika dan waktu ulangan nasional alias u n saya bisa sekali mengerjakan rumus matematika …. terima kasih rumus rumus matematika

  386. alah rumusnya kok aneh ya ah tp gmpg klu soal kyk gt hahahahahaha

  387. mia oktapia

    bagai mn sih cara2 biar ngak bingung

  388. wow…
    apakah saya bisa ya…?

  389. wah hari gini belajar ribetzzz

  390. mTk itu memang sulit, tetapi stlah kt thu rumus {cara cepatnya} ,,, sama aj tetep sulit..

    Shrusnya buat cra mudah utk mengerjakan mTK..

  391. wah jdi pngen tw baxk tntang mtk crra x rbet bgt q jdi tmbah bnggung

  392. uuuuuuuuuuh plinx ssah tuh mtematika nya …………..

  393. aMHa BokJa

    Cakep…!!!
    Matematika mudah khan?!!
    hehehe

  394. widya

    aduh pusing aku -_-

  395. Anonymous

    kenapa rumus-rumus ini bisa membuat kita menjadi cerdas???????????????
    saya ingin tau bagaimana kita bisa melakukan nya ??????????????????????
    contohnya seperti apa :

    • Anonymous

      wah setelah saya pelajari ternyata rumus-rumus matematika itu membuat kita semua menjadi cerdas !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
      saya sangat kagum dengan rumus-rumus matemaika ini!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
      hhhhheeeeebbbbbaaaaattttt!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  396. mintak izin muat ulang artikel’a y!
    :)

  397. bentuk sederhana dr 20apangkat5-15aper5a adalh

  398. bang susah d mengerti jelasin lg donk..

  399. Saya punya video multimedia rumus cepat dengan kualitas tinggi. Silakan mengunduh di blog saya…

    Salam…

  400. maurizka

    kak,, kreennnn cpet bgt caranyaa….,
    jd gak buang2 waktu donk klw ujian/ulangan…..

  401. waaahh,,,, msh bagus rumus_nya pak jamal tu . . . .

  402. mau nantang gw bagi yang jago matematika…… hubungi gw…….
    bukan mw sombong, gw cuman pengen belajar aja gmana cra orang lain mengerjakan soal matematika….. alnya gw rasa ara tiap irang nengerti dan memahami matemaika itu berbeda………………….
    gw tunggu ya kwan kwan……………
    mohon bantuannya ya………………….. God Bless You

  403. Haekal

    sulit bnget rumus nya

  404. kak rumus kls 8 ada klo ada q minta ajarin donk….

  405. kak ada rumus matematika kls 8
    klo ada q ajarin donk…
    soalnya q g bisa

  406. thanks gan.tukaran follow yok..

  407. thanks gan.tukaran follow yuk.tempat follow kamu dimana kok gak nampak

  408. uh susah banget ya, soalnya belum pernah di ajarin sih hehehehehe?………………………………………………………………………………………………………………………………………….

  409. gunary

    duh susah amat sih kak,, jadi bingung niee,, ada soal yang lebih sulit lagi gk biar smua yang ngebaca pada kepusingan,,…. hee, hee, heee

  410. zakaria

    matematika yang tidak tau rumus = bermain rubik yang tidak tau rumus

  411. Elisa Mewengkang

    SUSAHH BUANGET<<<<<<<<<<

  412. Jefry

    saya kagum dengan rumus matematika ini
    membuat saya jadi paham dan cerdas dalam menyelesaikan UN nanti
    hhhhhhhheeeeeeeeeebbbbbbaattttt

  413. ADUH RUMUS NYA SUSAH BANGET SIH?

  414. Saya juga punya beberapa rumus cepat untuk SMA Pak. Tapi kayaknya memang lebih ribet bagi yang baru pertama kali liat.

  415. rojak

    bingung sya sma mtematik, butek terus, harus darimana ya mulainya..

  416. Gan, ikut copas yak. Ane masukin ke salah 1 postingan ane. Bisa agan liat di http://mikey-king.blogspot.com/2011/06/matematika.html
    =)

  417. Anonymous

    boleh d’save gak pak notes nya in ?

  418. zidan

    saya ingiiiin sekali membanggakan ortu saya

  419. untuk para guru matematika
    bermanfaat…….

  420. aku suka mtk karna dia itu mangotak atik persoalan

  421. hanie

    boleh ya saya mnerbitkn ulg artikel ini….hax untuk baca2 d blog ku…agr lbih pham mtmtik gt….. hehe

  422. tpi sya mash gk ngerty bang .,.,. :-(

  423. aseps

    saya suka menambah ilmu thank

  424. gifari syang tami

    gua suka bgtz tuhh pel.matematika favorit is the best :)

  425. kk yg jlas dong,
    tpi menarik jga

  426. susah amat tapi coba deh cari mgrti,…..

  427. kartika

    wich macem mana tuch gx mudeng!!!

  428. Melly

    Ga ngertii lama” tambah binggung

  429. kenapa para guru kita ga pernah ngajarin ‘asal mula’ rumus ya? mereka cuma suruh kita hafal, bukan paham.. akhirnya ya mata pelajaran pada jeblok..

  430. sarahimut

    matematika bikin anank-anak jadi pusing karena mereka belum paham rumus-rumusnya

  431. sarahimut

    matematika nyebbbbbbbelllin

  432. andri c'tampan thea

    wagh prah nieh gue d skl palink gx bissa pel. matematika
    gmna donk ??

    adda yx mau ngajarin gx ???
    lihat di fb andrizon@yahoo.com
    add ax ea ..

  433. Siti Cahya

    terimakasih infonyaa
    Izin repost yaa….:)

  434. dyah

    kak tolong diperjelas donk!

  435. Syp yg bisa 100.989.00 %990.000=

  436. gimna cara nya cpet blajar matematika supaya saya jdi orng yg pintar
    saya sllu gagal klo blajar matematika

  437. gimna cara nya cpet blajar matematika supaya saya jdi orng yg pintar
    saya sllu gagal klo blajar matematika saya g mau gagal lagi dlm pelajarn mtk saya hrus mengerty

  438. BUTUH GURU LES PRIVAT HUBUNGI 021-93414911
    PENGAJAR UNIVERSITAS INDONESIA

  439. gilee bnrr gag….
    rumus-rumus nyaa
    pusinkk lhAA….

  440. tukang rosok

    ijin mau nyobain dukung terus cerdaskan bangsa

  441. tukang rosok

    best , ijin mau coba dulu,

  442. hafsha

    tolong donk cara2 capat pintar!!!!

  443. rahma

    ellek gak usah buka elek banget

  444. rosa nurhidayat

    rumusnya pada keren keren ..
    ampe susah d hapal ..

  445. SMPN 2 Banjarmasin

    Kalau rumus pecahan yg ada negatifnya itu g mn? kpn2 tampilkan ya

  446. isro

    pingin belajar matematika dong.
    tapi ndak bisamatematika.
    tapi ada temen saya yang pinter matematika yaitu David

  447. Math Girl

    Wah..,bagus sekali.Tapi,kalau boleh tau rumus dari artikel diatas itu buat SMA ya?.Soalnya aku masih kls 2 SMP!.

  448. dulu sy plg mls mtk tp sekarang mtk adalah hoby saya

  449. dullah

    bagaimana cara mengerjakan debit2

  450. he elsa ke kok engak tau sih rumus matamatika capek dech ,pasti di sekolah kalau ada matamatika pasti nyontek yaaaaaa malu dech hahahahahahaha wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

  451. helooo nih aku shinta kelas 6b

  452. haloo dullah…………………………….
    wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkw…………………………….

  453. rumus mtk lengkap
    lebih nyaman untuk belajar……..!!!!

  454. makasih udh menambah wawasan

  455. Jovan

    kak ksih tau rumusnya lbh jelas lgi dong saya mau ujian lulus SD nih tolong yah……

  456. faza nax cipinang

    gimana sih rumus mtk tar saya dikit lg uasbn lulusan sd gimana cara nya kk kasih tau donk

  457. kk aku kan mau uasbn gimana car a rumus mtk kk

  458. Rohan

    sya jg ingin tahu lebih bayak cara matematika

  459. nugroho

    nambah bingung, nambah penasaran…ayo qta cba matematika.

    Matematika itu mudah koq….

  460. nugroho

    bgi tmend2/adik2 yg pny PR mtk en ssh dipecahkan, silakan add fb sya d http://www.facebook.com/yudhomangkurondolimo via inbox/wall en qta bsa share.

    thnx

  461. wah pelajan matematika cukup susah ya ………….????????

  462. d

    sebenar nya anda tak perlu marah jikapostingan blog anda di copy oleh org lain ,
    sbnarny ap sih tujuan anda memposting rumus2 tsb? untuk berbagi ilmu kesemua orangkan?
    sebenarnya rumus2 tsb jg sudah lama digunakann
    dan masih bnyk lg rumus2 yg lbh singkat dri pada itu
    bahkan dalam 1 detik saja kita sudah tahu jawabannya !

  463. Permisi, saya ingin tampilkan tulisan anda di blog saya. Mudah-mudahan bermanfaat.

  464. tolong kasih tau dong..
    bagaimana caranya agar kita bisa paham dan cepat mengerti apa yang telah di jelaskan guru/dosen?

  465. maksih udh menambah wawasan

  466. ivonk

    pak, boleh tanya gak? maaf klo sedikit menyimpang dari permasalahan. coz masalah ini membuat sy bingung. wajar, baru belajr matematika. ^_^
    kalo 1! (“1 faktorial”) = 1. kalo 0! = 1.
    yg saya tanyakan klo 0! kok hasilnya bisa satu ya pak? padahal klo bilangan berapapun klo dikali dgn 0 hasilnya tetap 0. pembahasan secara matematisnya kayak apa ya pak?

  467. Anonymous

    aku kesulitan ma soal ini : sebuah kantong berisi 6 kelereng putih, 4 kelereng hijau dan 8 kelereng kuning. dari kantong tersebut diambil 3 kelereng secara acak dan setiap kelereng yang diambil dikembalikan lagi dalam kantong. Proses pengambilan sebanyak 612 kali. tentukan frekuensi terambil semua kelereng hijau. kirim ke email dethcelut@yahoo.com

  468. Kilua

    ih mana rumus cepat pecahan

  469. wah kak ajarin dong pliz aq tidak bisa mesti selalu mdp nilai 40,50,60,70,80,90 cuma yang dapat 100 cuma dikit ajarin ya kak ,rumahku di kudus jawatengah,jatikulon,Rt02/04

  470. permisi kaaaa
    saya tuh bego banget kalo soal berhitung!
    saya mau nanya dong, ada materi matematika yang saya kurang paham
    yaitu logaritma sama akar pangkat!
    balas yah kaaa
    makasih :)

  471. irvandra

    permsi kaaaaaa
    satu suka dengan matematika !!!!!
    tapi gk pandai ncara kpk,dan fpb dalam bentu aljabar
    balas ya kaaaaaaaaaaa
    makasih :)

  472. dumu

    Wahh hebat!! Oiya, mas, saya mau minta izin, mau pakai artikel mas yang kalau tidak salah berjudul ‘uang kembalian martabak’… boleh kah?

  473. dumu

    saya pakai untuk mading kelas. terima kasih :)

  474. putri

    saya ingin belajar rumus matematika dengan rumus-rumus cepat matematika.dan saya ingin jadi orang sukses.

  475. putri

    saya ingin belajar rumus matematika dengan rumus-rumus cepat matematika.dan saya ingin jadi orang sukses.
    pasti bisa dong???……..

  476. seru saya suka mtk makanya saya suka buka ini ;D

  477. Anonymous

    SYA ingn bljrr lbhhh giat untk mempertingkat pljaran syaa ,, ;D

  478. agi

    tolong semua rumus matematika nya di tulis untuk kls 2 smp. thk you

  479. Tolong perjelas dona biar lebih ngerti lagi
    he he he he :) :) :)

  480. thallitha ithall

    g ngrti aq rumus-rumus nya , gjlas ! :(

  481. firman nakz koembank

    gw blh ngga belajar MTK yg lebih luas???????????????????????

  482. barka safira

    kaka nggak ada rumus kls 6sd

  483. Riska_

    I Like it’s !!!
    Pengen b9et’z bs bljr breng k2 . . .
    chaaiy0oo !!!

  484. RisCa_CweeT

    I Like it’s !!!
    Pengen b9et’z bs bljr breng k2 . . .
    chaaiy0oo !!!

  485. RisCa_

    I Like it’s !!!
    Pengen b9et’z bs bljr breng k2 . . .
    chaaiy0oo !!!

  486. RisCa_CweeT

    I Like it’s !!!
    Pengen b9t’z bsa bljr breng k2 . . .
    Chaaiiyo0o !!!

    Lam knal kaa . . . .

  487. erni hendrayani

    makasih ya kak infonya :_)

  488. ocha muzz

    aduhhh makin hari mkin hari MTK psing terus yhc !!!!!!!!

  489. Vieca Putry Pratama

    mmmmm…..
    hello??? cpa yag tau crany ngrjain soal MTK dgn mudh???

  490. Adella Isdayani

    wah saya ngak mengerti susah banget tolong ajarin buat persiapan ujian juga donk!
    nilai rapot mini saya buruk banget terutama matematika :(

  491. fathna adin

    wah membingungkan sekali rumus nya :D

  492. fathna adin

    wah aga’ membingung kan jg rumus nya :D

  493. myksel

    saya minta lebih buanyakkkkkkkkkkkkkkkk lagiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  494. bntu sya donk,,,, syabngungk , gymna sic m’nentukand jari” darii luaz lingkrand ? ? ?

  495. naya

    haaa …..
    tolonkin pak naya mau belajar lebih detill lagii plis oky.lats study too mtk …
    tolonkkkkkkkkkkk…………..

  496. naya

    bisaaa lebih banyak nggak.ini yng banyak nnya bkan rumuzz nyaaa ..
    tp comenttttttt ….
    this is your help me study too mtk ……………..

  497. ESCORPIONER (Pelajar)

    hati2 kk yang pake nama anonymous, nanti bisa kena pidana

  498. youghea vellenciea

    I like it..

  499. tiara

    saya minta lebih banyak juga dongggg
    plisssssssssssssssss

  500. dewa

    waduh bikin pusing aja rupanya soal ga beres. mana ada a+1/a=5, coba dari itu aja emang nilai a nya berapa??? yang ada cuma paling paling a+1/a=mendekati lebih kurang 5, itu baru betul soalnya. kalo soalnya salah gimana mo jawabnya bingung ah……
    catatan: kalo soalnya aja salah otomatis rumusnya mengada ada….. kelewat pinter kayaknya yang buat rumus.

  501. Anonymous

    mas rumusnya yg jelas and singkat ya supaya mudahdimengerti oleh para perlajar…………………. AKU ja bingung!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  502. Anonymous

    GUIMANA sichcranya agar dapat mengerjakan UASBN MTEMATIKA ygcepat dan benar

  503. hidayah leo

    saya ingin bisa cranya belajar matematika dgn semangat dn ingin cpet bisa matematika menggunakan rmus2 cept,,,,,,

  504. una

    aku ingin semua keluarga ku kumpul semua
    dan aku ingin mendapat nilai yg tinggi
    dan pendapat rangking yg tinggi
    Thank you.

  505. Tania

    kak… plislah… kasih tw rumus2 buat ujian Semester 1 dan 2 buat kelas 10 SMA.

  506. nikita

    saya ingin belajar matematika dengan rumus cepat,tapi saya tidak tau caranya……
    tolong ajarin ya kak?????????

  507. tlong ajrin donk bgaimana acara belajar matematika yang benar,,,sya pling rendah dlam pel.matematika,,,nilai sya dr sd smp sekarang pling rendah yaitu : mtk :(

  508. Anonymous

    maaf rumus a3 – b3 = (a – b)3 + 3ab(a – b) salah soalnya (a-b)3 ga mhasilkan a3 – b3
    yg benar: a3 – b3 = (a-b) (a2+ab+b2)

  509. Anonymous

    sangt membantu sekali bwt org lain

  510. olf

    hy namaku olif add ak y,,,,

  511. olif

    hy nama ku olif add ak y,,,

  512. Anonymous

    OYA,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, kalo rumus cepatnya 999kuadrat ?
    dan cara menjelaskannya kepada anak2 SD bagemna tuh,,,,,,,,,,,,,!?

  513. Wah susah sich tp enak juga klau bisa

  514. nyiayu

    makasi ya….

  515. dewi pintar matematika

    aduch,,,,,,,,,,dewi jdi bingung liat jawaban mtk cepat tdi,,,,,,,dewi pingin pintar gimana caranya yach,tlg ajarin donk,oh ya dewi boleh minta rumus2 matematika smp kls 3,blh yaH,,,,PLISSS dewi ingin pintar.dan jgn lupa ksh cara supaya ,mengingat rumuss semuanya itu,di balas ya,

  516. Elen Nesiya Pratiwi

    Dalam Pelajaran aq paling lemah Mata Pelajaran Matematika kalo ketemu soal rasanya pengen nyerah & paling males liat soal Matematika ..
    Gimana donk bantu aq apa solusinya bentar lagi aq mau Ujian :(

  517. chipymuns

    wah aku nanti makin pinter nih hahahahahahaha

  518. chipymuns / putry manis

    Wah rumusnya cepet bangets masuk otak bentar lagi bisa jadi juara kelas nih peringkat 1 peringkat 1 peringkat 1 peringkat 1yeye hahahahahahahahahahahahaha

  519. Rara Azhar

    bos bedanya humus pertama yang a3 – b3 = (a – b)3 + 3ab(a – b) sm kedua yang a3 – b3 = (a – b)3 – 3ab(a – b) apa? kok yang pertama tandanya (+) yg ke dua (-) buat ngebedain (+) sm (-) dari mana yaa?? btw thanks boss rumusnya hebat.

  520. Linda

    kak,, dulu waktu smp saya paling suka dg Matematika, tapi sekarang masuk sma terasa kurang karena gurunya yang selalu menyuruh terburu’ dalam mengerjakan soal,, saya suka pusing sendiri..
    gimana solulinya..??

  521. windrea

    mmm tpi ak belum ngerti tu…. gmna y biar bsa ngerti?

  522. yoboseo omoni
    annyeoseong omoni

  523. kak, aku bingung dengan soal ini tolong ya kak
    diketahui persegi ABCD dengan O sebagai titik potong kedua diagonalnya maka besar < AOD + < ADO adalah
    tolong ya kak aku sama sekali gha ngerti

  524. rumus2 itu sudah lupa … lama tidak utak-atik matematika lagi
    hehehehe

  525. Tarjani

    Saya ingin mempelajari ilmu tentang MATAMATIKA dan saya ingin saya ini mahir dlm bidang berhitung tpi saya tidak tahu gimana cara’y cepat berhitung? . . .

  526. Anonymous

    lo kok aq jadi gila gara2 nmtk

  527. Amrul Ali

    kak tolong beri motivasi and tips untuk mempelajari Matematika dengan senang dan benar….!!! tolong kirim di email: amrul.usman@yahoo.com trimz sebelumnya

  528. ikhwan agung nugroho

    tambah pusing nih… :(

  529. Musnaini

    oi….. bgs banget makasih

  530. Kelihatannya gampang.

  531. Anonymous

    bos ko dri + jdi – gmn tuh???

  532. Sekedar referensi rumus cepat matematika silahkan download dari website kami

    http://sman1ciasem.tk/rumus-cepat-matematika-sma-persiapan-ujian/

    trims

  533. robert

    wah enk juga ya klau mempelajari yg beginin bisa cpt nagkp

  534. robert

    kalau di soal nya di jumlahkan + maka cari jalan nya melalui –
    sabaliknya

    hehehehehe

  535. rumus yang bagus … ringkas …. hemat waktu nih

  536. yheni

    kerjaininya jadi mudah……. :)

  537. NING nong embBeem

    membngungkan
    :/

  538. bujug bused
    kirain isinya yg byk, trnyata komengny yg bejibun, lol

  539. Wahai para komentator, terima kasih atas semua komentarnya… :)

  540. 1+1=……
    1-1=……
    aku pusing………

  541. jangan pernah belajar main point blank ajah……
    OK……..
    KAWAN………
    2-1=…….. PUSING…….
    rajinlah belajar baca buku………
    OK………
    KAWAN……..
    (12+12)-(9+5)=24-14=10

  542. untuk yg baca fb ni tolong doain ku ya supaya ku bisa menghadapi try out
    and ku mau banggain mama gw doain ya aminnnnnnnnnnnn

    insya allah yg doain gw masuk surga

  543. Sayidah Pramitya

    Kalo logika ngga jalan ,, dgn cra apa yah supaya bsa mengerti matematika ?? ;)

  544. jefri

    btul itu ak setuju pendapat mu :D

  545. gimana cara.a bisa mengerti matematika eO:D

  546. IKH,,AKU PALING SEUBEUL SAMA PELAJARAN MATEMATIKA…DAN SUSAH KETAUNYA YAH

  547. IDIH, KOMPUTER KOK GAX BISA NYONTEK YA UNTUK MENGHADAPI UJIAN

  548. Andri girlries

    Saya mau bertanya bagaimana cara mudah mempelajari identitas trigonometri tingkat SMA dengan mudah?

  549. kak tolong ajarin rumus rumus matematika

  550. Rumus matematika adalah biar orang orang pinter

  551. kk tolong jelasin rumus mtk kelas 6 soalnya besok mu tuc

  552. Daffa

    kak boleh ajarin ga supaya lulus di UN

  553. susahh rumusnya z enggak ngertiiii

  554. ayu

    gag ngerti deh susah

  555. aldi

    kakak boleh ajarin biar bisa musuk ke smp yg di luar NEGRI oke kaka

  556. alfi

    minta cara rumus matematika

  557. nadya

    kak qhu mnta’ rumus matematka ini untuk ujian sekolah saya okok

  558. Yohannes.siahaan

    Bingung……….

  559. rhyian andriani dhyian

    wau,,, bxk jg yang suka nhe rumus,,,,

    krain cuma saya,,,
    btw,,, rumus yang laen lagi doong….

  560. yasinta

    Masiiihhh bingung nii ..
    ajarin lg dongk rumus’y tlong di perjelas.!!!!!!!!!!!!!!!!! :-)

  561. tlg dg krim kan rumus rumus matematika cra cepat ya kls 6

  562. Wih gila yang koment sudah 600 san lebih. hebat nih blog

  563. Azizah Gestowo

    MATEMATIKA ma susah, tp setiap pekerjaan pasti ad penyelsaianx. Gimana ya crx biar matematika itu bs kita jdikan pelajaran yg pling kita sukai guys,,,,,,???

  564. claudia hutabarat

    matematika itu sulit harus mengahafal rumus rumus nya……………..
    gimana nya mencari rumusnya???

  565. Anonymous

    saya juga mau!!!!!! heheheeheeee

  566. Weleh bagus bner kak,numpang copas ya buat Blog saya… :) tapi tenang aja nanti saya buat di sana sumbernya dari tempat kakak.. :)
    makasih kak… :)

  567. karima cute

    insyaallah sy akan mengikuti cara kakak

  568. riska cutyzzzzzzzz

    doakan semoga i,am sukses
    oke!

  569. Bismillah,
    dulu aku jago matematika, pelajaran yang aku sukai selain itu bahasa inggris, kimia, fisika… berbagai rumus aku kuasai mulai dari yang sederhana sampai menjadi rumus cepat… bahkan saking sukanya dengan matematika, kalau sebelum tidur tidak mengerjakan sebuah soal pasti gak bisa tidur… jenius ? ya kata orang.

    sedikit sharing untuk semuanya yang jago matematika ato TOP di sekolah, bahwa semua ilmu yang seperti itu seperti permainan dan hanya sesaat, tidaklah kita mempelajari itu kecuali semata-mata untuk wasilah dunia kita… tidak ada yang lebih berharga di dunia ini daripada menghafal AlQuran dan ilmu-ilmu yang terkait dengan al-Quran… jangan biarkan otakmu terperas sampai kering semata-mata untuk utak utik ini, suatu saat akan kamu sadari , ketika rambut sudah beruban, mata sudah rabun, tangan dan kaki sudah lumpuh, bahwa smua itu hanya sia-sia, main-main…

    baarokallohufiikum..
    uhibbukafillah, dulu mereka membanggakan aku, menyanjungku,… tapi aku tau ternyata smua itu semata-mata untuk pamor rating sekolah, keberhasilan pengajaran,… mreka tidak tau yang lebih dibutuhkan oleh jiwa.

    Pahlawan tanpa tanda jasa ?

    Bukan, gelar itu tidak cocok untuk “mereka” sekarang. Realita yang ada bisa kamu renungkan dari “PROFESI” ini.

    komen ini aku tulis karna aku sayang dengan teman-temanku muslim yang brilian, berotak cemerlang… yang itu semua karunia dari Alloh. manfaatkan untuk apa yang lebih Ia cintai…..

  570. kk adain dong yg buat kls 6 SD plisss……….•◘○♦♣♠☺☻♥

  571. pengEn mengGUASaI RUMUS2”cepat”matEmatika nie,taMbAh lLagie ea mazZ…and maKAzZih dach mw membEri soalLx…I lIkE MATEMATIK…by:maysa sie ratU mTs al-FALAH al-ISLAMI……….

  572. Anonymous

    aduhhh kok pada ribut siih masalah rumus cepat skrng harus cari rumusan cepat dan akurat gmn caranya dalam menghitung kalkulasi APBN dan invlansi minyak bumi ok :)

  573. fitri

    wah ser nih belajar matematika

  574. fitriah

    enak yaaaa belajar matematika
    i like it

  575. fathurrahman

    ada yg lebih cepat gak utk MTK klas XI…………..

  576. annisa febiola

    ada yg lebih singkat tapi mudah di pahami gak untuk kelas VII

  577. andy

    da yg cepat n mudah g’ ?

  578. ada yg kelas 4 gkk ????? :(

  579. Kalau persamaan linear satu variabel rumusnya kaya apa sih,,
    #repply to: t.tsanthocsho@ymail.com

  580. mas terima kasih banyak, saya ingin membelajari keponakan sy yg sulit belajar matematika, barangkali ada trik untuk persamaan anak smp, makasih , didin surabaya

  581. Anonymous

    mas saya juga pengen d ajarin rumus-rumus matematika nya donk buat ujin nanti hari selasa coy tlng kirimin contoh soal nya ya mas okkkk……./

  582. Anonymous

    semoga un tahun ini lulus aminnnnnn :-)

  583. idris

    duh gak ngerti?????????????????????

  584. angel malaikat

    KAMSEUPAY

  585. Anonymous

    rumus matematikanya bagus bisa dimengerti dan difahami oleh saya

  586. Dians

    mas klo soalnya sperti ini ” The perimeter of a rectangle is 40 cm, while its length is 12 cm. the area of that rectangle is……. ” cara penyelesaiannya yg cpet gmana mas?

  587. kurnia phan phan

    komen*an meneh.. endi rumusse,, selak mumetzzzz

  588. cindy toatubun

    cpat bangat ya…. ajarin dong

  589. Maaf saya cuma numpang nyimak, gak ikutan mikir.

  590. NABILA PUTTRI

    aduh pusing bagetz rumus matematika kls 6 cpa yg bisa ajarin dong……..

  591. hahaha… like thiss
    jadi lebih mudah yah dan pastinya cepat :)

  592. imam kurnia sandi

    hahahaha bisa sih bisa tapi taunya cuman rumus biasaa,, itu juga dikit diki hahaaaha :D

  593. Marselinus ama

    Mantapz thU rmuz nxa bun’k…..!!

  594. thanks infonya… aku suka sekali matematika! ^^

  595. een

    mas mas ijin share bole gak?

  596. kalo Vektor kelas 2 SMA bisa gak mas..?
    ajarin ya,,, :) :) :)

  597. Ivvah

    Tlong yg jlez donx kak

  598. mutia

    wah… hasil ujian ku berhasil karna matematika itu

  599. nietrae cellalue cmail

    aq jg pengen bljar mtk dgn cpt, ajarin dong yg bz mtk dg cpt

  600. MARSHANDA JESSYCHA

    aku juga……!!!!!!!!!!!!!!

    • MARSHANDA JESSYCHA

      aku sangat senang pelajaran matematika,dulu saat baru masuk kelas 4 aku tidak tau pembagian berekor.aku terus menerus belajar hingga sekarang aku menjadi yang terbaik dikelas

  601. obed zimra jahja

    aku kelas tiga kak,aku mo belajar metodenya spy gampang kl ngerjain pr atau ulangan kasdih caranya ya kak terimakasih

  602. kasi tau nggak yaaaaaaa????????

    mana ! isi bukunya. knp ndak di bukaaaaaaaaaaaaa??????????

  603. miftah firdaus

    pengen bisa matematika tp mayan susah…

    tp saya akan truss brusaha.. :)

  604. shalma nurbaina anisya

    gmna yach caranya biar cpat menghitung rmus dan belajar cpat matematika

  605. Bisa lebih singkat gax?

  606. 发给等会跟撒赖睡大觉好鬼地方打听我去欧式二等奖看到下意识看

  607. Rina pratiwi

    Wah mtk itu indah ya tapi kdang2 qta tdk tau rms nxa

  608. aditya harto putra

    gila cepet benget rumusnya nyantol dikepala gue . mkshnya udah diajari

  609. lisa

    kak gmna sih cranya bsa ngafalin rumus matematika dengan cermat

  610. aku donk……….
    bingung….heheheh,

  611. onny paramita

    wew ,
    Hebt ya rumus nya ,
    Cpt bgt ya . .

    Oea ,
    Slm knl ya bwt k3 . . :)

  612. onny paramita

    wew ,
    Cpt x rumus matematika nya ,
    Hebt ya . .

    Oea kag ,
    Bwt k3 slm knl zha ya dri aku . . :)

  613. Anonymous

    gi mna sich ngerjain kaya gtu

  614. UNTUNG ADA RUMUS INI JADI NILAI MTK SAYA 9,2

  615. GGGGGGGGGGGGGGEEEEEEEEEEEEEEEEELLLLLLLLLLLLLLLLLIIIIIIIIIIIIIII WWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWW

  616. triELFishy

    astaga saya masih tidak mengerti !!! :”(

  617. tlng bls cpt ka soalny ada banyak tugas matematika

  618. Muhammad Zain

    Subahnallah,,sungguh Allah Maha Luas Ilmu-Nya…
    Kecerdasan merupakan suatu ni’mat yang besar…
    jujur,,saya belum bisa & sulit memahami Mtk..

  619. tasya

    tlg munculin rumus aljabar kls 7

  620. fara rifdah

    gk mudeng

  621. hhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhh rmus basi

  622. safirah

    susahhhhhhhh bngt belajar matematika

  623. kristanvicko

    oww, gitu to.. agak ribet juga kalo ngutak atik rumus, zzzzzzzzzzzzz

  624. Asdar

    Masih pusing ???????????

  625. Sandry Inyan-inyan

    terima kasih brooo atas infonya

    salam kenal

  626. Anonymous

    buku itu ada yg jual ga sih, klo di toko2 gitu?

  627. Anonymous

    ajari dong aku

  628. devil

    Klo pangkat 4 gmana cara cepetx

  629. wahyu

    klo 6barel=………..dl

  630. Thanks ya jadi terbantu dg matematika nih

  631. trims y atas rumuz ya tapi tolong kasih rumuz lbh banyak y????????????????

  632. Aku mau dong lancar semua matematika .

  633. tmbah dongg rumusnyyaaa,,, enakk niii bljrr kyak ginii,, ^^

  634. meske kezia kolinu

    wah hebat ya aku pengen seperti dia biar aku bisa banggain orang tuaku

  635. Anonymous

    bayak kli kin

  636. hadi

    dari pada belajar di buku,mending di laptop atau di pc

  637. faizal amri

    gax paham browww …………………. adjarin donx

  638. Anonymous

    wah di otak saya mah matematika lumayan shi… <3

  639. Anonymous

    maaf aku mau tanya jika harga 2 baju dan 1 celana adalah rp140.000,00,harga 3 baju dan 2 celana dengan jenis yg sama rp235.000,00. harga 4 baju dan 5 celana tersebut adalah

  640. assssssssssssssssssssssssssssssssss
    kamu setan

  641. siapa weee

    kenapa banyak cerita dari pada rumusnyaa!!!!!!!!!!!!!!

  642. Salam kenal dan ketemu kembali mas Jupri. Ayo perbanyak rumus praktisnya, biyar kewed negatif makin kalah :lol:

  643. arra012405

    gmna seh carax ???
    ku bingung ,,, tlong dunk bntu ku buat ngrjain tugas sekolah,, ku memank lemah di matematika …
    tlong ajrin ku rumus matematika cepat tntang operasi pecahan biasax,, buat klasz 6 sd …..

  644. Die

    terima kasih mas bro atas ilmunya, ijin copas ya????

  645. Fahrul .A.S

    Saya tidak bisa tentang matematika kelas 5 tentang persen tolong ajarin saya ya plizzz……

  646. saya ingin mengetahui rumus ipa

  647. makasih nya pak nurdin atas ilmu yang kau berikan pada saya

    thank you
    salam Secret Of Tommorow

  648. Anonymous

    gimana cara matematika kelas 6 susah tau caranya

  649. aldi

    ijin di tag yah…………
    boleh gak

  650. Anonymous

    izin utk di ulang yg soalnya mw bwt tgs aku akan tls kok sumbernya soalnya
    guruku juga suruh bwt sumbernya maaf ya ganggu

  651. riza

    .aku ingin tau rumus cepat nya DERET SIMETRIK

  652. riza

    .aku ingin tau rumus cepat nya DERET SIMETRIK ???

  653. shafa

    sekiranya aku masih bingung rumus mtk ini.. :v

  654. Rooney sahala

    gmna klw kmu jelaskan agar saya dpt memahami rumus matematika tersebut!!!!!!!!!!

  655. riko wahyu insani

    aku mau pintar matematika dan rumus nya dan aku mau cepat pintar dari sekarang dan aku akan membaca rumus itu dan aku akn bisa cepat mengerja kan matematika?…………..

  656. m.andika dwi kuncoro

    gimana kamu jelas kan agar saya dpt memahami rumus matematika disebut juga?…………

  657. tri panti rahayu

    gimana cara dapat 28×31=2×2

  658. Anonim

    Top banget deh rumusnya,
    walaupun aku baru anak smp,
    memang kalau rumusnya terlalu panjang bikin otak pusing,

  659. itu ajha gx ngerti…..cara diatas itu bukn rumus cepat tapi udh ada dibuku alias biasa saja…
    tak keren ,isi tak sesuai dgn judul lh

  660. bagi yang ingin tahu cara super cepat matematika tingkat SMA silakan bertanya lewat email saya (sniper_fkip@yahoo.co.id) gratisss……

  661. Anonymous

    GILA KEREN BANGET RUMUS MATEMATIKANYA

  662. Anonymous

    Ada gk soal nya yg mudah di mengerti

  663. slht bgt yw mtk……………….!!!!!!!!!!!!!!

  664. Y allah byk btl rumus2 matematika….’??

  665. Wlaupun ada rumus cepatnya alangkah baiknya bisa rumus standar juga..

  666. Intan Rahayu

    Hay ka….
    Aku udh klas 3 SMP nih,,aku minta rumus matematika sma rumus kimia nya dong…..buat persiapan ujian aku…….hehe
    Aku pngen pinter kaya kka..

    Thank’s ka

  667. ini membuat saya pintar

  668. Anonymous

    CEPET BUUUUUUUUUUUUUANGGGGGGGGGGGGTTTTTTTTTTT

  669. wow keren dalam beberapa menit bisa mengerti mtk….

  670. wahh hebat sekali sob rumus matematikanya hebat banget lo,e makacih ya……

  671. aq kalo pakek cara ginie malah pusinggggggggggggggggggggg,,mending pakek cra lama

  672. YD

    bagai mana ah bisa cepat menghitung

  673. berapakah CM pada persegi yang berluas 62.500 persegi