Design-based research dalam pendidikan matematika

Design research atau design-based research pada bidang pendidikan matematika saya perkenalkan ke kolega dosen-dosen di Jurusan/Departemen Pendidikan Matematika pada akhir tahun 2008 hingga awal 2009, sewaktu saya baru pulang lulus master dari Belanda. Waktu itu tesis S2 saya—yg berisi tentang penelitian matematika realistik dengan menggunakan metode design research—dicopy dan dipelajari dosen-dosen Pendidikan Matematika UPI.

Lalu, tidak berapa lama kemudian, tahun 2009-2010 penelitian dengan menggunakan metode ini populer dan banyak digunakan. Beberapa mahasiswa menulis skripsi dengan menerapkan metode design research. Seingat saya yg mulai menggunakan adalah mahasiswa S1 kedua program Depag. Lalu, beberapa mahasiswa regular pun mulai menggunakan.

Saat saya mulai kuliah S3 di Belanda tahun 2011, metode design research makin populer di Jurusan/Departemen Pendidikan Matematika UPI.

Chapter berikut menguraikan secara ringkas seluk beluk metode design research atau design-based research yg populer itu. Selamat membaca!

Jupri, A. (2020). Design-based research dalam pendidikan matematika. In T. Aryanti, V. Adriyani., and D. Sukyadi (Eds.), Penelitian kualitatif: Konsep dasar dan isu metodologis (pp. 47-61). Bandung: UPI Press.

Leave a comment

Filed under Matematika

Leave a comment