Daily Archives: May 31, 2008

Gadis Manis di Jendela

Oleh: Al Jupri

Beberapa bulan yang lalu, saat masih di Belanda, saya dikirimi sepuluh buah buku oleh Pak Ersis Warmansyah Abbas sebagai hadiah, katanya. Ya, hadiah sebagai komentator teraktif nomor dua di blognya.

Dari sepuluh buah buku kirimannya, lima di antaranya adalah buku tentang puisi. Baik puisi berbahasa Indonesia ataupun puisi berbahasa Banjar, bahasa daerah orang-orang Kalimantan Selatan. Entah apa maksud beliau mengirimi saya buku-buku tentang puisi tersebut. Apakah agar saya termotivasi untuk menulis tentang puisi, khususnya puisi matematika? Atau karena memang dari banyak karya bukunya, sebagaian besarnya adalah tentang puisi, makanya beliau mengirimi saya buku-buku semacam itu?

Jujur saja, saya akui, sebetulnya saya kurang berminat dengan karya-karya sastra berbentuk puisi. Entah apa sebabnya, yang jelas saya belum tahu! Tetapi, sebagai bentuk rasa terimakasih pada beliau (Ersis Warmansyah Abbas), saya berusaha dengan segenap kemampuan membuang jauh rasa kurang keberminatan saya itu. Ya, saya pun sedikit-demi sedikit membaca buku-buku puisi kiriman beliau.

Satu bagian yang hampir tak pernah saya lewatkan bila membaca buku yaitu, saya selalu tertarik membaca kata pengantar atau pendahuluan dari suatu buku. Begitu pula dengan buku-buku puisi kiriman Pak Ersis itu. Yang pertama-tama saya baca adalah bagian kata pengantar atau pendahuluan dari buku-buku tersebut. Dengan membaca bagian ini, setidaknya saya jadi tahu sekilas tentang buku yang akan saya baca.

Dalam buku antologi puisi berjudul Tajuk Bunga, saya mendapati satu kalimat menarik yang dikemukakan oleh Dr. Jumadi, yang bertindak selaku pembuka wacana dari buku tersebut. Kalimatnya itu begini. Continue reading

16 Comments

Filed under Bahasa, Book, Book(s), Curhat, Iseng, Matematika, Menulis, Pembelajaran, Pendidikan, Pendidikan Matematika, Renungan, Sastra, Tokoh