Uang Kembalian Martabak

Oleh: Al Jupri

Untuk memulai pelajaran matematika, Pak Yudi selalu mengaitkan dengan kejadian sehari-hari.

“Anak-anak, hari ini kita akan lanjutkan pelajaran matematika. Tadi malam, bapak membeli martabak pada penjual yang lewat di depan rumah. Bila bapak mempunyai uang Rp. 15.000, dan harga martabak adalah Rp. 8000, berapakah uang kembalian yang bapak terima, anak-anak?”

Sejenak kelas hening,  semua siswa tampak berpikir.

Udin : “Rp. 7000, Pak!”

Jerry : “Iya, Pak, Rp. 7.000.“

Siswa-siswa lain tampak setuju dan mengiyakan jawaban Udin dan Jerry. Tapi, Tom tidak setuju.

Tom : “Bukan, Pak! Yang jelas, kembaliannya Rp. 2000.”

“Bagaimana sih kamu Tom, kamu salah tuh! Kan Rp. 15.000 – Rp. 8000 = Rp. 7000” ujar Udin yang tampak disetujui Jerry.

Pak Yudi : “Oke, Tom. Mengapa jawabanmu Rp. 2000?”

====================================================================================

Nah, para pembaca yang budiman, kira-kira mengapa jawaban Tom begitu?

Catatan: Walau permasalahan yang diajukan dalam artikel ini sangat sederhana, janganlah dipandang remeh. Silakan eksplorasi nilai-nilai matematis dan didaktis yang terkandung dalam permasalahan yang diajukan!

Dilarang mempublikasikan ulang artikel ini tanpa seijin saya. Terima kasih!

21 Comments

Filed under Bahasa, Cerita Menarik, Cerpen, Curhat, Humor, Indonesia, Iseng, Matematika, Matematika SD, Matematika Universitas, Menulis, Pembelajaran, Pendidikan, Pendidikan Matematika, Renungan, Sastra

21 responses to “Uang Kembalian Martabak

  1. hahaha… saya tahu, Karena ….
    ada dech🙂

  2. aaa

    karena uang yg dikasih 10rb….

  3. Pecahan uang Indonesia ya pak.

  4. dara

    karena uang yang di bayarkan untuk penjual martabak pecahan 10 ribuan

  5. ivonk

    hahaha, pak gurunya juga bingung ^_^

  6. ivonk

    karena yg dipegang si Bapak pecahan 5000-an

  7. rasyid

    10000-8000=2000

  8. Di Indonesia uang pecahan ribuan yang ada yaitu: 1000, 2000, 5000, 10.000, 20.000 dll. uang 15.000 tidak ada, jadi kalo harga martabak 8.000 berarti pak guru mengeluarkan uang untuk membayar 10.000 bukan 15.000. jadi yang jawab 2.000 ngak salah.

  9. parlan

    Tadi uang bapak ada Rp.15.0000
    Harga martabaknya Rp.8.000
    Berapakah kembaliannya….?
    secara logika jawabannya 2.000
    Kan kita tahu pecahan 15.000 tidak ada
    berarti kemungkinan pecahannya
    Rp.100000 dan Rp.5.000
    karena harga martabak 8.000
    maka bapak kasih 10.000
    10.000-8.000=2000
    Tapi kalau pertanyaanya begini “”berapakah jumlah sisa uang bapak sekarang??
    maka jawabannya .7000
    hehe(klw ga salah pak)

  10. blog nya sangat2 keren.. sesama matematikawan kiranya berkenan mo berkunjung ke blog kami balik.. hehehe ditunggu

  11. Anonymous

    gak ada kembaliannya…. karena uangnya seribuan semua…. maaf ya…. soalnya di pertanyaan tidak disebutkan uangnya pecahan berapa aza…. so, mungkin juga toh, pak yudi pake uang pecahan 1000 an semua…

  12. hehehe… pertanyaan menjebak nih

  13. stephanie

    bagus tuh soal’a tapi kenapa jawaban’a RP2.000

  14. raj

    2000 ribu karna nominal uang na rpm 10.000 dan rp. 5.000

    Bayar na kan pake uang 10.000an ga mungkin uang 5.000an han kurang…

    Gimana kalo uang 15.000 itu uang sribuan smua, ga da kembalinya donk

  15. 02188357405

    ithu kali buat naik angkot msak gx pke omgkos beli martabak gnana chi msak jln kaki gempor donx !!!!!!🙂 HEHEHEheheheHEHEHEhehehE.

  16. soal ini mempunyai 2 kemunginan jawaban
    Uang pak guru Rp 15.000, harga martabak Rp 8.000
    1. tidak ada kembalian, jika pak guru membayar dengan uang Rp 8.000
    2. uang kembalian Rp 2.000, jika pak guru membayar dengan uang Rp 10.000

  17. nurul

    tau lah…. kembaliannya 2000, karena bayarnya pke uang 10 000. iya kan??

  18. Jawaban 2.000 karena uang yg d kasih untuk beli martabak ke penjual hanya 10.000 sehingga pengembaliannya 2.000 lg.
    Demikian trimakasih.

  19. Kembaliannya 2 ribu lah, kan yg dikasih pasti uang yg 10 ribu, ia gak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s