Ngobrol Mat: Cara Asyik Belajar Matematika

Oleh Al Jupri

“Vi, Vi, percaya enggak kalau Kak Asro bisa menebak isi hati seseorang!” kata Asro di suatu sore hari. Alvi duduk dekat ayah, sedangkan Asro duduk dekat Ibu.

“Ah, bohong, enggak percaya!”

“Oke, sekarang coba kamu pikirkan sebuah bilangan. Akan Kakak buktikan kalau Kakak bisa menebak bilangan yang kamu simpan dalam hatimu!” kata Asro pada Alvi.

“Iya, aku sudah memikirkan sebuah bilangan dalam hati!” kata Alvi menuruti kata-kata Asro.

“Sekarang, coba kalikan bilangan yang kamu simpan dengan 4,” lanjut Asro meminta Alvi.

“Sudah!”

“Hasilnya tambahkan dengan 5”

“Sudah!”

“Berapa hasil akhirnya?”

“17.”

“Mmm… pasti bilangan yang kamu simpan dalam hati adalah 3, bener, kan?”

“Haa… bener, kok bisa sih?”

“Hahaha… tuh kan akhirnya kamu percaya kalau Kak Asro bisa menebak isi hati seseorang!” kata Asro tertawa bangga.

“Kasih tahu, dong, caranya…” rengek Alvi.

===Dan seterusnya.===

Ya, itulah satu contoh penggalan isi buku “Ngobrol Mat: Cara Asyik Belajar Matematika” yang saya tulis dan baru saja diterbitkan oleh Gagasmedia, Jakarta, pada akhir Maret 2010 ini.

Buku ini mengandung obrolan-obrolan berbentuk cerita seputar matematika yang ditulis berdasarkan pengamatan, pengalaman sehari-hari, dan berlandasakan teori pendidikan matematika yang sedang digandrungi di berbagai belahan dunia saat ini. Obrolan-obrolan atau cerita matematika yang dituangkan bisa dikatakan sangatlah ringan dan dapat dinikmati siapa saja sebab ditulis dengan bahasa sederhana, bahasa obrolan sehari-hari berdasarkan pengamatan dan pengalaman. Tak hanya itu, buku tersebut ditulis berdasarkan hasil riset terbaru dalam bidang Realistic Mathematics Education yang tekanan utamanya adalah mengembangkan kemampuan problem solving atau pemecahan masalah dan berpikir kreatif, khususnya dalam matematika.

Selain dua kelebihan tersebut, buku “Ngobrol Mat” pun memiliki kelebihan-kelebihan lain yang tak dipunyai oleh buku-buku yang pernah hadir di tanah air. Pertama, obrolan-obrolan matematika yang ada tertuang lewat perilaku yang diperankan oleh tokoh cerita secara lugas, sederhana, cerdas, tak dibuat-buat, dan khas Indonesia. Anda yang membacanya, hampir dapat dipastikan, akan aktif terlibat dalam suasana cerita.

Kedua, ‘wajah’ matematika yang tampak di buku ini, bukanlah wajah matematika yang selama ini digambarkan oleh buku-buku matematika yang pernah ada. Tetapi yang tampak adalah ‘wajah’ matematika yang bersahabat, akrab bagi siapapun yang membacanya. Mengapa begitu? Matematika yang ditampilkan di buku ini adalah matematika yang benar-benar sesuai wujudnya sebagai “aktivitas manusia.”

Ketiga, untuk memahami buku ini, Anda tak perlu memiliki pengetahuan matematika yang tinggi. Cukup berbekal pengetahuan matematika SD, Anda akan dapat memahaminya dengan baik. Oleh karena itu, selain untuk umum, buku ini amat cocok dibaca oleh para siswa SD (khususnya mulai kelas 4), SMP, dan SMA.

Keempat, buku ini dapat dipakai oleh para mahasiswa calon guru, guru matematika sebagai bahan rujukan untuk mengenalkan matematika secara ringan, asyik, dan menyenangkan. Selain itu, buku ini dapat dimanfaatkan sebagai rujukan bagaimana mengajarkan matematika secara kreatif dan bakal disukai siswa.

Tentu, masih banyak lagi kelebihan-kelebihan lainnya. Tidak percaya? Silakan buktikan sendiri kelebihan-kelebihan yang sudah dikemukakan tadi, dan temukan kelebihan-kelebihan lainnya. Caranya? Tentu dengan membaca dan mengkritisi buku “Ngobrol Mat” ini. Ok?๐Ÿ™‚

==============================================
Ya sudah, sampai di sini dulu ya jumpa kita kali ini. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat. Amin.

Catatan Penting Banget: Buku ini ditulis untuk Anda yang pernah belajar matematika. Terkhusus, untuk seseorang yang kupanggil Cinta.

65 Comments

Filed under Bahasa, Book, Book(s), Cerita Menarik, Curhat, Daftar Blogger, Harapan, Humor, Indonesia, Iseng, Kenangan, Matematika, Matematika SD, Matematika SMA, Matematika SMP, Matematika Universitas, Menulis, News, Pembelajaran, Pendidikan, Pendidikan Matematika, Renungan, Sains, Sastra, Tokoh

65 responses to “Ngobrol Mat: Cara Asyik Belajar Matematika

  1. Selamat ya Mas udah terbit bukunya.
    Moga aja best seller, Amin.๐Ÿ™‚
    Makasih ya Mas, udah dikhususkan buat Cinta.

  2. bung math…walau saya belum membaca buku anda…saya membayangkan buku ini produk dari perpaduan pengunaan otak kiri dan otak kanan…antara rasio berpikir,logis dan matematis (otak kiri) dan emosi spt rasa kemanusiaan,angan-angan,seni dan kreatifitas (otak kanan)…jadi mengamati suatu fenomena tidak dilihat seolah sbg benda mati dan bertolok ukur semata…tetapi bicara ttg kemanusiaan yg bertolok ukur relatif…selamat n terus menulis…

    • Terima kasih komentarnya Prof. Ya, benar buku ini tertuang dengan menggunakan segenap kemampuan yang tak hanya mengandalkan rasio dan daya nalar matematis, tetapi perpaduan yang sudah Prof sebut. Selamat membaca nanti ya…๐Ÿ™‚

  3. Wah… siip deh…. nanti aku beli deh. Buat aku baca dan nanti anak2ku juga….. Bukunya pasti kaya ilustrasi juga ya?? Wah… pantesan ngeblognya vakum nggak tahunya lagi nulis buku toh. Di toko2 buku di Bandung udah ada belom ya?? Nanti pulang kerja aku cari deh di Gramedia atau di Togasmas….๐Ÿ˜€ (Atau ke Palasari???)

  4. Beuh..ntar nyari ah di gramed, sebenernya dari dl saya punya impian nulis buku matematika populer seperti akang tulis, melihat akang udah nerbitin buku, berarti inilah satanya mewujudkan impian saya hoho..๐Ÿ˜€

  5. selamat kang..
    siap siap ke toko buku๐Ÿ˜€

  6. Selamat ya pak..
    Sukses Slalu
    bTw, ada diskon ga nih buat yg masih berSTATUS “mahaSISWA” ???๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

  7. Wah,itu matematic apa hipnotis ya,hehe..koq bs nebak yg ada di pikiran org,.lam knal ya dan sm0ga bukunya laris manis

  8. indah

    selamat pak, tularin ilmunya donk!!! gimana caranya…….

  9. nursyam

    di semarang udah ada belom ya bukunya??…

  10. @nursyam: udah ada Pak di Gramedia Pandanaran. Letaknya di rak buku sekolah.

  11. Gibransyah

    Selamat kang jupri untuk bukunya.
    Semoga makin mencerahkan khalayak bahwa math itu “sebenarnya” sangat menyenangkan๐Ÿ™‚.

  12. cahaya

    subbhanallah…
    selamat ya Pak…

    teruslah berkarya untuk Indonesia tercinta ini….

  13. mantap…..dengan pendekatan yang gak njelimet…menjadikan matematika memasyarakat

  14. endang suhendar

    Maaf, lama ga buka blog. Insya Allah saya beli. Selamat dan semoga terus berkarya serta sukses!

  15. endang suhendar

    Bisa minta alamat lengkap penerbitnya?

  16. Iya, Pak. Makasih. Alamat Penerbitnya ini:

    Gagasmedia

    Jl. H. Montong No. 57, Ciganjur
    Jagakarsa
    Jakarta Selatan
    Indonesia
    12630

    Bisa lebih lengkap dicari di sini: http://gagasmedia.net/contact/Redaksi.html

    Iya, Pak. Duh, kangen pengen ketemu bapak.๐Ÿ™‚

  17. wah, berbasis RME yach? jadi penasaran pengen tau konsep RME lebih jauh. mungkin bermula dari buku ini kali yach!!hmmm…๐Ÿ˜›

  18. rofi'i

    uhh. Jd pngen beli bkux nih.. D’gramedia ada kali xa. .hehe

  19. Ahh telat… Selamat Mas Jupri. Sukses euy untuk bukunya๐Ÿ™‚

  20. Sip…. saya baru baca setengah. Tapi ada beberapa posting yang saya ambil. Untuk Anak2 saya.

  21. Wah, asyik sekali ya mas kalau semuwa guru kayak pak Jupri.

  22. asepsaefululum

    Bapak. Soal UAS kenapa GAK ADA tentang Teorema Euler atau Teorema Fermat atau Wilson?

    Sedih…

  23. julianusginting

    wah…kebetulan saya dulu pernah kuliah di jurusan matematika, tp gabetah…susah…hehee..:)

  24. Menarik sekali, perlu dibaca nih.. semoga di jombang sdh ada..

  25. Kombor

    Mantap nih. Saya akan cari bukunya secara saya dari dulu paling nggak ngerti mitamitik.

  26. 4x+5=17. ya iyalah hasilnya x= 3.
    sde4rhana. aku ingin sekali membuat matematika memasayrakat. nggak hanya bahasa rumit d(ln x.sinx^4)dx.
    aku juga ingin bahsa matematika itu kiss. keep it short and simple. denotatif. bukan kontatif. jelas. bahasa dan matematika bersatu.
    buku ini belinya di mana?

  27. Harus cepet2 beli nih, nanti keburu habis. Hehe…

  28. HAI…kak apa kabar?

  29. adi

    wah blog nya mantebz,ijin share ya,thankyu…

  30. selamat pak…
    Kapan ya, saya bisa spt bapak…

    Di samarinda, kaltim dah nyampe blm bukunya?

  31. Arif islami

    Klu d kota Poro (SULTENG) uda ada ya?

  32. wah,, mantep banget nih bukunya…
    bisa didapet dimana ya??

  33. sepertinya perlu dibeli buat anak2๐Ÿ˜€

  34. Wah, baru mampir lagi di blog Bapak. Ternyata Bapak dah menelurkan beberapa buku. Selamat ya Pak!

  35. makasih banyak atas infonya

  36. Kalu bilang “Pada bulan desember, saya baru tahu kalau Pak Al Jupri menulis buku telat banget yah?”
    iya niy, saya baru tahu dari teman saya yang membeli buku bapak, sepintas pun saya membaca. Seru… cocok untuk anak-anak dan banyak yang saya terapkan ketika saya mengajar murid les saya pak. Terima kasih atas ilmu nya pak.๐Ÿ™‚

  37. mariza

    hmm jadi pengen beli ..di gramedia ada kak ?

  38. mo nanya bang sebenerx materi persamaan linear bulat it ad di kelas brpa ta?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s