Harga Sebuah Nama

Oleh Al Jupri

“Anak-anak sekalian, tentu kalian tahu siapa Shakespeare, bukan?” tanya Bu Duroh, seorang guru bahasa Indonesia kelas IX di SMP Sagala Aya.

“Iya, bu guruuuuuuuuuuuuuuu….” serempak siswa-siswi Bu Duroh menjawab, termasuk si Tom, Jerry, dan Udin–tiga sekawan yang terkenal sedikit bengal tapi pandai.

“Kalau begitu, coba kamu Din, pernyataan apa yang terkenal dari sang sastrawan tersebut?” kata Bu Duroh yang melihat Udin masih iseng bermain-main dengan Jerry.

Seketika Udin terperanjat. Dia pun langsung berkonsentrasi dan menjawab pertanyaan gurunya.

“Mmm… kalau saya tidak salah ingat, Shakespeare mengatakan bahwa nama itu tidak ada harganya!”

“Ha ha ha…. ” beberapa kawan mentertawai jawaban Udin.

“Udah, udah… jangan ribut!” kata Bu Duroh menengahi. Para siswa pun segera senyap.

“Baiklah, coba kamu Tom!”

“Mmm…. yang saya ingat, kata-kata yang terkenal dari Shakespeare itu adalah apalah artinya sebuah nama ,” jawab Tom sedikit ragu.

“Ya betul!” jelas Bu Duroh! Kemudian terjadilah diskusi yang menarik membahas tentang pernyataan Shakespeare tersebut.

***

“Bu guru, saya tidak setuju dengan pernyataan Shakespeare tadi!” kata Jerry tiba-tiba berpendapat lain dari yang lain.

“Lho, kenapa Jerr?” tanya Udin.

“Coba utarakan pendapatmu Jerry!” pinta Bu Duroh, yang terkenal bijaksana.

“Menurut saya tiap nama itu sangat berarti, nama itu sungguh bernilai, nama itu jelas sangat berharga!” tegas Jerry.

“Bagaimana kamu mengilustrasikan bahwa nama itu amat bernilai dan berharga!” tanya Rohma pada Jerry. Jerry kebingungan dibuatnya!

“Mmmm…. mungkin begini Rohma!” kata Tom, mengajukan pendapat. Kemudian Tom memberi penjelasan sebagai berikut.

Bila kita misalkan huruf A = Rp.1000,- huruf B = Rp. 2000,- dan seterusnya sampai huruf Z = Rp 26.000,- maka nama Jerry berarti mempunyai harga sebagai berikut:

J = Rp. 10.000,-
E = Rp. 5000,-
R = RP. 18.000,-
R = Rp. 18.000,-
Y = Rp. 25.000,-
============ +
JERRY = Rp. 76.000,-.

Mendengar dan melihat penjelasan Tom, siswa-siswa lain menjadi tertarik. Termasuk Bu Duroh, sang guru bahasa Indonesia.

Maka terjadilah diskusi menarik di antara mereka. Masing-masing siswa berusaha menghitung harga masing-masing namanya. Sampai ada juga yang menghitung harga nama Shakespeare, harga nama Bu Duroh, dan lainnya. Tak ketinggalan Bu Duroh pun ikut terbawa ‘arus’, lupa kalau sedang mengajar bahasa Indonesia.

***

“Duh, gara-gara si Udin, Jerry, dan Tom nih, target tujuan pembelajaran bahasa Indonesia hari ini tidak tercapai!” gumam Bu Duroh, setelah sekian lama ikut-ikut terbawa arus siswa-siswanya yang terbius penasaran menghitung harga masing-masing nama.

“Ya.. tapi sudahlah! Toh, yang dilakukan anak-anak belajar juga. Mmm…. bahkan ini menunjukkan bahwa pelajaran bahasa Indonesia ternyata dapat dikaitkan dengan pelajaran matematika,” begitulah akhir gumam Bu Duroh dalam pikirannya, yang secara tak langsung membuat refleksi tentang apa yang sudah dilakukan. Dan akhirnya, beberapa saat lagi, jam pelajaran bahasa Indonesia pun usai.

***

Tiba-tiba, saat Bu Duroh akan meninggalkan ruang kelas, Udin kembali bicara.

“Ya, berarti Shakespeare salah kalau mengatakan bahwa nama itu tidak ada harganya! ” kata Udin, yang lagi-lagi keliru mengungkapkan pernyataan Shakespeare.😀

“Ha ha ha…..” lagi-lagi juga beberapa kawan terbahak mendengar Udin.
======================================================

Ya udah, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. Amin. Sampai jumpa di artikel mendatang! Mudah-mudahan artikel ini mengobati kerinduan para pembaca yang tersebar di penjuru Nusantara.
======================================================
Catatan Penting Banget: Artikel ini ditulis untuk seseorang yang kupanggil CINTA. Seseorang yang katanya selalu merindukan tulisan-tulisan saya.
Catatan Penting: Dilarang mempublikasi ulang artikel ini tanpa seijin saya!

18 Comments

Filed under Bahasa, Cerita Menarik, Cerpen, Curhat, Indonesia, Iseng, Kenangan, Matematika, Matematika SD, Matematika SMA, Matematika SMP, Matematika Universitas, Menulis, News, Pembelajaran, Pendidikan, Pendidikan Matematika, Renungan, Sastra, Tokoh

18 responses to “Harga Sebuah Nama

  1. Seneng deh si Tom muncul lagi.

    Masa harus dipancing-pancing.
    🙂

  2. wah..kamana wae eu kang? baru muncul lagi, sibuk ya?

  3. Kalau di permainan Scrabble setiap huruf ada nilainya, kecuali dua buah yang blank yang bisa diisi huruf apa saja. Setiap huruf ada nilainya tergantung dari susah gampangnya membentuk suatu kata dalam suatu bahasa. Biasanya huruf vokal nilainya rendah karena biasanya gampang untuk membentuk sebuah kata dari huruf vokal. Huruf dengan nilai tertinggi dalam Bahasa Inggris adalah huruf ‘Q’ dan ‘Z’ yang bernilai 10, sementara dalam Bahasa Perancis yang paling tinggi nilainya adalah huruf ‘Y’ dan huruf ‘W’ (nilainya juga 10) karena memang dalam Bahasa Perancis huruf ‘W’ dan ‘Y’ kebanyakan hanya dipakai dalam kata2 yang imporan.

    Ya, tadi hanya sekedar selingan! Sekarang kembali ke topik kang Jupri di atas yang mengandaikan setiap huruf mempunyai nilai mulai dari huruf A yang bernilai Rp 1000,- hingga huruf Z yang bernilai Rp. 26.000,-. Sayang ya, andaikata nama2 tersebut bisa dijual!! **accounting-minded ON**:mrgreen: Kalau bisa dijual pasti semua orang tua akan adu panjang memberikan nama anaknya:

    “Zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz…….”

    Nggak bakalan ada yang memberikan nama anaknya:

    “A” karena cuma dapet Rp. 1000,- cuma cukup buat naik angkot dari rumah saya ke Islamic Centre di Jalan Supratman!😆

  4. hahah , ada juga world link, beriklan dengan menghitung jumlah huruf. atau iklan baris

  5. Ikutan nimbrung. Selain nilai berupa kuantitas seperti yang dijelaskan di atas, Saya juga menangkap adanya sebuah nilai kualitatif dari sebuah nama.

  6. Keren blognya! Salam kenal kang!

  7. oka pramana

    hahaaa…..
    lucuuuuuuuu
    habiiiiiiiiiissssssssssss

  8. berarti shakesper ga pinter donk yah…😀

  9. hasan eL kyubi

    alhamdulilah tom aya deui hha…

  10. well, this is good site master, i will try to good site like this

  11. hahaha..,😀
    aya-aya wae c udin tom n jerry

    menarik…

  12. coba semua huruf dikasih nilai 0. pasti bener dong si Udin. kalau dikasih nilai negatif? nombok dong ya? hehehe…

  13. kekekke. nemu aja cerita lucu beginian. makasih udah berkenan sharing

  14. Hmm…Salam kenal mas…N buat smuany

  15. serly

    keren..mantap dh,,

  16. hahaha……
    dengan sebuah nama bisa dituker dengan 1 Pan pizza….
    hahahaha……….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s