Apakah Psikotes Bisa Dilatih?

Oleh Al Jupri

Apakah Psikotes Bisa Dilatih?

Ya, demikianlah satu pertanyaan yang muncul pada artikelsebelumnya. Karena saya bukanlah Psikolog (yang mengerti tentang Psikotes), maka saya tak sanggup  menjawabnya secara langsung. Karenanya, baru sekarang dan lewat artikel inilah saya akan berusaha menjawabnya sesuai pemikiran saya saja.

Untuk menjawab pertanyaan tadi, sebagai bahan pemikiran, simaklah beberapa jenis soal Psikotes berikut.
Soal Jenis 1: Tentukan huruf berikutnya, dari pola huruf berikut ini.
A, E, I, M, Q,…

Soal Jenis 2: Tentukan bilangan berikutnya dari rangkaian bilangan berikut.
3, 5, 12, 20,…

Soal Jenis 3: Jika 10% dari C adalah 1/2A dan 5% dari C adalah 2B, berapa persenkah A- B dari C?

Soal Jenis 4: 23 peti buah-buahan beratnya 425 kg. Jika setiap peti kosong beratnya 4 kg, berapa berat bersih buah-buahan tersebut?

Soal Jenis 5: Umur rata-rata dari suatu komunitas pengguna Facebook, yang terdiri dari para ibu rumah tangga dan pegawai kantoran, adalah 40 tahun. Bila umur rata-rata ibu rumah tangga adalah 35 tahun dan umur rata-rata pegawai kantoran adalah 50 tahun, maka berapakah perbandingan banyaknya ibu rumah tangga dan pegawai kantoran?

Soal Jenis 6: Sebuah lingkaran digambar di dalam daerah persegi panjang yang panjangnya 18 cm dan lebarnya 14 cm. Berapakah keliling terbesar dari lingkaran tersebut?

Dengan menyimak jenis-jenis soal Psikotes di atas, yang ternyata berupa permasalahan matematis, kita bisa mengatakan dua hal. Pertama, ada beberapa jenis soal yang sifatnya alami, yakni untuk mampu menjawabnya kita tidak terlalu banyak memerlukan pengetahuan atau ilmu. Sebagai contoh, soal jenis pertama atau kedua. Untuk dapat menjawab kedua jenis pertanyaan ini, kita hanya perlu pengetahuan sangat dasar, yakni tentang huruf dan bilangan, yang dipelajari di sekolah dasar. Karena sifatnya mendasar, maka banyak yang berpendapat sifat soal ini alami alias tidak bisa dipelajari. Namun demikian, untuk soal jenis kedua, bagi yang sudah pernah belajar tentang barisan bilangan, yang dipelajari di SMP, kemungkinan untuk mampu menjawab soal tersebut sangatlah terbuka.

Kedua, beberapa jenis soal lainnya tidaklah bersifat alami alias perlu pengetahuan tentang matematika. Sebagai contoh, simaklah soal jenis ketiga hingga keenam. Di mana,  bila dicermati, soal-soal ini sifatnya adalah menuntut kemampuan bernalar (berpikir lebih), tidak sekedar menggunakan rumus-rumus matematika belaka–mungkin inilah ciri khas dari soal-soal Psikotes.

Dari dua alasan tadi, tentu para pembaca bisa menyimpulkan sendiri apakah Psikotes itu bisa dilatih atau tidak, bukan?

Mudah-mudahan artikel sederhana ini mampu menjawab pertanyaan yang diajukan tadi. Amin.

Sebagai catatan: selain terkait dengan matematika, soal-soal Psikotes juga terkait dengan bahasa, dan mungkin juga seni. Untuk kedua hal ini saya tidak membahasnya di sini.
==================================================
Ya sudah, segitu saja ya jumpa kita kali ini. Sampai jumpa di artikel mendatang.

Catatan penting banget: Artikel ini ditulis untuk seseorang yang kupanggil Cinta. Seseorang yang katanya selalu rindu dengan tulisan-tulisan saya.😀

Catatan yang wajib dibaca:

Saya melarang siapapun Anda yang berminat menerbitkan ulang baik sebagian atau seluruhnya dari karya-karya (tulisan-tulisan) saya di blog ini tanpa seijin dari saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih!

20 Comments

Filed under Curhat, Indonesia, Iseng, Matematika, Matematika SD, Matematika SMA, Matematika SMP, Matematika Universitas, Menulis, Pembelajaran, Pendidikan, Pendidikan Matematika, Renungan, Sains

20 responses to “Apakah Psikotes Bisa Dilatih?

  1. endang suhendar

    Waktu mau ada test cpns, di tu sma cinangka rame mbahas soal itu. Ada yg ga tahu sama sekali, tp setelah dijelaskan dia ngerti. Hadi Jumhadi termasuk yg ga ngerti. Dia bilang, kl mikir gitu langsung pusing. Tp waktu dijelaskan logika berpikirnya, ga pake rumus, sedikit demi sedikit dia mulai tersenyum….. Apakah bisa dilatih? Menurut saya “bisa”. Tapi “potensi” seseorang bisa berkembang tergantung lingkungan, kan?
    Kapan bicara teori bilangan? Dari yg dasar dulu, trus ke yg lebih menantang…dengan contoh-contoh soal tentunya. Mungkin sampai part 10!!!

  2. endang suhendar

    KELUARGA BESAR SMA NEGERI 1 CINANGKA MENGUCAPKAN “SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN, SEMOGA KITA MENDAPATKAN AMPUNAN DARI ALLAH SWT. AMIN”

  3. KangBoed

    Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh..

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  4. adipati kademangan

    1. U
    2. 48
    3. 17.5 %
    4. 333 Kg
    5. ibu : orang kantor = 2 : 1
    6. 44 cm

    sudah bener blm ?

  5. Nie is here

    Apa kalau soal psikotes untuk SMA juga sama ya???

  6. zul

    Nitip soal psikotes pak:

    “Setiap berapa menit jarum jam yang pendek dan panjang ketemu?”

    100% orang tahu bahwa kedua jarum pasti bertemu, tapi 99.99% orang tidak pernah menghitung berapa lama keduanya berpisah sebelum bertemu kembali. Buat apa?

    Salam,

  7. test yang aneh… menurut saya loh…..😀
    soalnya ngak pernah lolos… baru 2 kali dari 30an kali yak…… persentase yang buruk……
    apa psikologi saya tergangu.. ????

  8. kenapa tes nya yang aneh bukan orangnya yang aneh ko……. mukanya kaya ondel-ondel trus apanya yang buruk apanya yang terganggu bu he he he…..
    ga pernah lolos aku aja pernah lolos ko…….
    terus aku juga sekarang masih kelas 2sd ko……
    he he he………

  9. maaf yah….
    aku gak mau kalah sama yang besar
    he he he……

  10. supirman bisa apa kalah sama kelas 2sd bisa apa nya

  11. artikelnya bagus juga nih saya suka psikotes nya…salam kenal…^_^

  12. masuk akal juga. pinter yg bikin artikel

  13. mantap nih, bagi yang suka tantangan tp males mikir nihhh…

    hehehe….

  14. iffha

    pak..
    mnta soal” psikotest msuk SMA dunk,,,,
    mnta tlong pk cz mo blajar prsiapan msuk SMA . .
    txs b4

    nh e-mail sya iffadevi@yahoo.com
    tlong pk!!

  15. Iwan

    Oh begitu ya mas, mohon ijin copas ya hehe dan minta ilmunya juga hehe

  16. maz nuer

    rumusnya bsa di update lg gk?
    biar byk prsiapan utk soal2 psikotes matematik. .
    nb:
    saya lemah di bidang matematik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s