Buat Apa Ada Psikotes? (Part 1)

Oleh Al Jupri

Lengkapilah titik-titik pada tiap soal berikut dengan jawaban yang benar sesuai dengan pola yang tersusun pada rangkaian bilangan yang diberikan.

Soal 1. 4, 6, 8, 10, 12 …

Soal 2. 40, 39, 37, 40, 36, 31,…

Soal 3. 6, 8, 2, 8, 1, ….

Soal 4. 6, 4, 2, 4, 8, 4, 1,…,….

“Buat apa sih ada Psikotes segala? Aneh, wong cuma mau kerja jadi ‘kuli’ di pabrik gula saja susah!” kata seorang teman beberapa waktu lalu, seraya bercerita bahwa dia telah gagal diterima di sebuah pabrik pengolahan gula.

“Ya sudah, kalau begitu belajar lagi ya. Terus buat lamaran lagi ke perusahaan lain, siapa tahu berhasil!” hibur saya dengan kata-kata yang bernada optimis. Sang teman hanya diam, sepertinya dia dongkol gara-gara gagal dalam Psikotes yang baru dilaluinya. Kemudian, diapun meminta saya untuk mengajarinya bagaimana menyelesaikan soal-soal psikotes–khususnya yang terkait dengan matematika, seperti soal-soal yang terpampang di atas.

***

Dari kejadian tersebut, ada satu pertanyaan yang bernada kesal, tetapi perlu mendapat jawaban yang serius. Ya, pertanyaan yang diajukan teman saya tadi, “Buat apa ada psikotes?”

Jawaban secara umum atas pertanyaan tersebut, menurut kacamata awam saya, adalah bahwa Psikotes itu untuk mengetahui potensi yang dimiliki seseorang, baik secara kognitif, afektif, atau psikomotor. Lalu jawaban khususnya seperti apa?

Secara khusus, dalam bagian (part 1) ini, saya hanya akan mengajukan jawaban berdasarkan potensi yang diusung oleh soal-soal Psikotes tentang “rangkaian bilangan” seperti soal-soal yang terurai di atas.

Sebagai contoh, perhatikan Soal 1.

4, 6, 8, 10, 12, …

Berdasarkan pola bilangan yang ada, maka bilangan berikutnya dapat diperoleh dengan cara menambahkan 2 pada bilangan sebelumnya. Secara lebih terinci, hal ini terurai berikut ini.

4

6 = 4 + 2

8 = 6 + 2

10 = 8 + 2

12 = 10 + 2

Sehingga, bilangan setelah 12 adalah 12+ 2 = 14.

Dari contoh ini, tampak jelas, setidaknya ada dua kemampuan yang diuji, yakni: 1) kemampuan mengamati data berupa sekumpulan bilangan;ย  2) kemampuan memprediksi/menduga kaitan antar bilangan (disebut pula kemampuan menemukan pola dari serangkaian bilangan yang diberikan). Lebih lanjut, dapat dikatakan bahwa, tes berupa ‘rangkaian bilangan” tersebut bertujuan untuk menguji kesistematisan cara berpikir seseorang berdasarkan data atau fakta yang ada dalam memecahkan suatu masalah.

Inilah mungkin sebagian kecil jawaban atas pertanyaan teman saya tadi. Sedangkan sebagian jawaban khusus lain, insya Allah, akan saya uraikan pada artikel selanjutnya (part 2, part 3, dst) , di postingan mendatang. Bagi Anda yang mempunyai pendapat lain, dengan senang hati saya undang Anda untuk menuangkannya di kolom komentar!

Nah, sebagai latihan bagi Anda, sedikitnya untuk mengetahui apakah pola pikir Anda sudah cukup sistematis atau belum–khususnya dalam hal bilangan, silakan jawab Soal 2 hingga Soal 4.ย  Semoga berhasil!๐Ÿ™‚

=======================================================

Ya sudah segitu saja ya jumpa kita kali ini. Mudah-mudahan artikel ini ada manfaatnya. Amin

Sampai jumpa di artikel mendatang!

=======================================================

Catatan penting banget: Artikel ini ditulis untuk seseorang yang kupanggil Cinta. Seseorang yang katanya selalu rindu dengan tulisan-tulisan saya. :D

Catatan yang wajib dibaca:

Saya melarang siapapun Anda yang berminat menerbitkan ulang baik sebagian atau seluruhnya dari karya-karya (tulisan-tulisan) saya di blog ini tanpa seijin dari saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih!

34 Comments

Filed under Cerita Menarik, Curhat, Harapan, Indonesia, Iseng, Kenangan, Matematika, Matematika SD, Matematika SMA, Matematika SMP, Matematika Universitas, Menulis, Pembelajaran, Pendidikan, Pendidikan Matematika, Renungan, Sains

34 responses to “Buat Apa Ada Psikotes? (Part 1)

  1. Walah, no. 3-4 saya ga bisa jawab. Repot juga nih…

  2. 3 jam ngeliatin saya belum bisa nebak polanya๐Ÿ˜ฆ

    (kecuali nomer 1) :-p

  3. Dani

    bener, no 3 ama 4 jawaban saya pun masih sangat meragukan…

  4. Paijo

    Coba jawab boleh kan? Coz pnasaran dg jwban yg benar. Ok, ini dia.
    Soal 1: 40
    Soal 2: -7 (jwban boleh minus kan?)
    Soal 3: 4

    Gmn, betul?

  5. Paijo

    Maap, ralat.. Yg bener bgini:
    Soal 2: 40
    Soal 3: -7
    Soal 4: 4
    Maklum ngenetnya pake hape, scroll-pagenya agak susah, n jwabnya tlalu brsemangat.. Yg msh ragu2 mmg jwban soal nmr 3. Jgn2 soalnya salah tuh.. Hehehe. Yg lain 99% yakin betul!

  6. Paijo

    Ato klo tipe deretnya sama/seragam pd soal 2,3,4, maka jwban nmr 3: 8.

  7. Soal 2 : 37, 30
    Soal 3 : 9, 1
    Soal 4 : 4, 8

    Bener nggak?? Nanti kalo salah saya cari lagi deh. Lagi buru2 nih… **mode alasan ON**:mrgreen:

  8. dudut

    soal no 2: 37
    soal no 3: 8
    soal no 4: 4

    betul ga?

  9. adipati kademangan

    saya hanya bisa njawab soal no 2. : 37

  10. menurutku klo dalam tes kerja tu Psikotes penting banget, ya untuk mengetahui kemampuan calon karyawannya, tapi kadang sebel juga klo dpt soal yg rumitnya sampe 1 tahun kale blom bs jawab. Klo boleh milih sich ga perlu pake acara tes2an segala, ngelamar kerja dapat panggilan langsung kerja…gitu..hehehehehe

  11. Salam hangat @Kang Al Jupri
    Sekalian mohon koreksinya jika tidak keberatan

    http://haniifa.wordpress.com/2009/08/07/asal-muasal-bilangan-biner-dari-nabi-ibrahim-a-s/

    #Haniifa.

  12. zul

    No. 2: 37 dan 40 (dua2nya bisa dibuktikan)
    No. 3: 8
    No. 4: 4

  13. Gunadi

    Salam kenal,
    Menarik juga untuk bergabung.
    Mungkin Polanya sbb:
    #1: +2 | +2 |+2 |+2 |……
    #2: -1 |-2 |+3 |-4 | -5 | +6 | ……..
    #3: +2 |:4 |+6 |:8 | +10 | ……..
    #4: -2 |:2 |+2 |x2 | -4 | :4 | +4 | x4 |……..

  14. numpang ‘nongkrong’ aj deh.. sambil ‘nyontek’ jawaban dr yang laen๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

  15. LittLe staR

    kLo yg udah pernah liat fiLm ‘Oxford Murder’ pasti tau kLo yg namanya psikotes itu hasilnya g mutlak..
    seems like ‘byk jLn menuju Roma’

  16. hha iy gw juga aneh tuch sm psikotes paz pertama kali ikut, dulu gw pikir itu soal cacat hhee

  17. yusuf

    walah gitu aja kok repot

  18. ulya

    soal 1 : 14
    soal 2 : 40
    soal 3 : 8
    soal 4 : 4

  19. adi

    1. 14
    2. 37
    3. 10
    4. 5,20

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s