Cara Memprediksi Kemampuan Calon Mahasiswa

Oleh Al Jupri

“Tahun ini materi ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri sedikit berbeda ya?” kata seorang teman, sesama pengawas, saat saya untuk pertama kalinya menjadi pengawas Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) tanggal 1 Juli 2009 lalu.

“Maksudnya, apa, Pak?” tanya saya, mencari penjelasan.

“Iya, kalau tahun-tahun sebelumnya, tidak ada TPA (Tes Potensi Akademik). Sedangkan tahun ini ada,” jelas teman saya.

Ya, memang begitulah kenyataan yang terjadi. Untuk tahun ini materi yang diujikan di seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tak hanya materi bidang studi, tetapi mencakup adanya TPA.

Menurut pandangan awam saya, adanya TPA di ujian masuk PTN merupakan sebuah langkah maju dalam menyeleksi calon mahasiswa yang layak duduk di PTN. Mengapa begitu?

Sebabnya adalah karena TPA dipercaya dapat memprediksi potensi atau kemampuan akademik para calon mahasiswa: apakah mereka bakal mampu menyelesaikan studi dengan baik dan tepat waktu atau tidak. Di mana sifat TPA berbeda dengan tes yang mengujikan kemampuan bidang studi—yang cenderung mengukur tingkat pemahaman akan pengetahuan bidang studi tertentu atau bahkan hafalan saja. Dengan  adanya TPA, maka diharapkan jumlah mahasiswa yang terlambat menyelesaikan masa studinya akan makin berkurang—atau dengan perkataan lain banyaknya ‘mahasiswa abadi’ alias mahasiswa yang kesulitan lulus kuliah dapat diminimalisir.🙂

Seperti apa sih soal-soal yang ada dalam TPA itu? Jawabnya ada beberapa macam, yakni berupa: tes persamaan kata, lawan kata, hubungan antar kata, tes bilangan, gambar-gambar (geometri), dan lainnya. Sebagai contoh, berikut ini, saya berikan beberapa soal TPA  tentang bilangan yang kebetulan masih saya ingat dan diujikan di SNMPTN  2009 yang lalu–tentunya dengan beberapa modifikasi (agar tidak dianggap menyebarkan rahasia negara tanpa ijin).

Soal1: Diketahui barisan bilangan berikut.

7, 8, 15, 23, 38,…

Bilangan yang tepat untuk melengkapi titik-titik pada barisan bilangan tersebut adalah…

A. 47

B. 58

C. 61

D. 65

E. 70

Soal 2: Nilai p yang memenuhi kesamaan 4 : p = p : 20 adalah…

A. 7

B. 8

C. 9

D. 10

E. 11

Soal 3: Bila P adalah 0, 465% dari 6,2 5 dan Q adalah 0,625% dari 4,65, maka hubungan antara P dan Q adalah…

A. P = Q + 0,5

B. P = Q – 0,5%

C. P = Q

D.  P >  Q + 0, 5%

E. P < Q + 0,5%

Selain itu, katanya, TPA itu sifatnya nyaris alami. Artinya, agar mampu menyelesaikannya, kita tak perlu mempersiapkan diri belajar terlebih dahulu—tidak seperti mengikuti tes bidang studi yang harus belajar terlebih dahulu. Benarkah begitu? Yang jelas, agar bisa menjawab soal-soal TPA, setidaknya Anda telah lulus jenjang pendidikan dasar. Setuju?😀

Akhirnya, saya hanya berharap, dengan adanya TPA di ujian masuk PTN, maka calon-calon mahasiswa yang terseleksi bakal benar-benar merupakan mahasiswa yang berkualitas dan mampu secara akademik—yang akibat lanjutannya  adalah akan mengurangi beban pemerintah dalam mensubsidi studi mereka di PTN. Amin.

Catatan penting banget: Artikel ini ditulis untuk seseorang yang kupanggil Cinta. Seseorang yang katanya selalu rindu dengan tulisan-tulisan saya. :D

=======================================================

Ya sudah segitu saja ya jumpa kita kali ini. Mudah-mudahan artikel ini ada manfaatnya. Amin

Sampai jumpa di artikel mendatang!

=======================================================

Catatan yang wajib dibaca:

Saya melarang siapapun Anda yang berminat menerbitkan ulang baik sebagian atau seluruhnya dari karya-karya (tulisan-tulisan) saya di blog ini tanpa seijin dari saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih!

21 Comments

Filed under Bahasa, Cerita Menarik, Curhat, Harapan, Indonesia, Iseng, Kenangan, Matematika, Matematika SD, Matematika SMA, Matematika SMP, Matematika Universitas, Menulis, News, Pembelajaran, Pendidikan, Pendidikan Matematika, Renungan, Sains

21 responses to “Cara Memprediksi Kemampuan Calon Mahasiswa

  1. Untung ya waktu saya ikut SPMB tidak ada TPA, seandainya ada mungkin ga lolos.😀

  2. Taufiq Akbari Utomo

    Coba jawab ya…

    1 c (kayak fibonacci gitu…)
    2 ga jelas (p jadinya akar 80[?])
    3 c (jadiin pecahan aja, enak…)

  3. Tetapi sepertinya perlu juga “persiapan” (atau tepatnya membiasakan diri) agar minimal tahu, TPA itu seperti apa, terutama bagi mereka yang belum pernah menghadapi. Biar nggak kaget dan biar buku yang dijual di toko2 buku tentang TPA juga laku… huehuehue…..:mrgreen:

  4. KangBoed

    Salam Cinta Damai dan Kaish Sayang

  5. Wah Mantap ne Pak postingannya,,,

    kayaknya kalau model soal-soal TPA seperti itu, bisa mengimbangi soal-soal yang berat,😀
    Bisa mengurangi stress juga kali y pak.

    di tunggu postingan selanjutnya pak…..

  6. KangBoed

    Waaah.. lum apdeeeeeeeeeeetttttttttttttttt
    Salam Sayang

  7. Dera Pahala

    jup, no 3 ga ngerti euy.

  8. wew, nambah sulit sepertinya ya tapi anak lulusan smu sekarang kualitasnya sudah ok ok kok thanks salam kenal

  9. wew, nambah sulit sepertinya ya tapi anak lulusan smu sekarang kualitasnya sudah ok ok kok thanks salam kenal.

  10. Baru tahu yang a saja kang, deret Fibonaci (suku berikutnya adalah hasil penambahan dua suku sebelumnya),
    jwban :
    a. 61

    Penyelesaian yang kedua dan ketiga bagaimana kang ?🙂

  11. Yang nomor 3 terkesan lucu ya, bisa buat ngejahili orang…
    *padahal jelas kalo sama*

  12. ternyata lebih sulit dari unas,,
    ada tes potensi akademik segala,,
    fuiih, mesti kerja lebih keras lagi nih,,

  13. ardiansyah

    mas,,, lau buat soal jangan salah-salah dunk!!! kyak no 2. tp lau jd bonus gak pa2 la.hehehe

  14. dHaniE__

    waHhhh
    thanX bgT
    iLmu nYA
    kEreN2
    boLeh gX diaMbiL saTU buaT madiNG…
    aTw sejeniSnya
    biaR semuA oRAng
    bisa MengenaL dan Mengetahui
    iLmu2 nTUw,,,,
    boLeh Ya,,,
    ya,,,
    ya,,,,
    hweheheheh🙂

  15. permana

    mas, klw saya ambil artikel2 mas yg ada di blog mas ini gakpapa ya… saya gunakan untuk tugas dan jg tambahan bwt pelatihan training… terima kasih mas..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s