Di Balik “Surat Matematis”

Oleh Al Jupri

Assalamu’alaikum wr. wb.

Pak Al, tolong jawab pertanyaanku ini ya!

Di keluargaku aku punya seorang kakak dan seorang adik. Umurku dan adikku jumlahnya 35 tahun, umurku dan kakakku 48 tahun. Dan umur kakakku dan adikku 39 tahun.

Pertanyaannya: selisih umurku dan umur Pak Al berapa?

Wassalam

Dari seseorang yang ingin mengenalmu (Pang-orangenik)

NB: Email ini ditulis setelah membaca postingan Pak Al yang ini.

Mendapat surat elektronik alias email dari para pembaca blog ini sudah merupakan sesuatu yang biasa. Isi suratnya macam-macam. Ada yang sekedar ingin berkenalan, ada yang sengaja bertanya tentang persoalan matematika, ada yang sekedar memberi apresiasi, bahkan ada juga yang menguji kemampuan atau pengetahuan saya seputar matematika.

Salah satu contohnya seperti yang saya tampilkan pada artikel kali ini–seperti tampak di atas.

Sepintas, bila kita membaca permasalahan dan pertanyaan yang diajukan, kita mungkin akan berpikir bahwa pertanyaannya tidak nyambung. Tetapi, bila dipikir-pikir, pertanyaan tersebut sah-sah saja, alias masuk akal dan bisa dijawab berdasarkan keterangan dalam soal.

Agar saya bisa menjawab pertanyaan email tersebut, tentu saya perlu mengetahui umur si Pang-orangenik. Agar, saya bisa mengetahui selisih umurku dan umurnya.😀 Bila demikian, baiklah akan saya jawab saja. Caranya, seperti terurai sederhana berikut ini.

Tujuan utama saya adalah mengetahui umur Pang-orangenik. Sedangkan umur saya sendiri, saat ini, adalah 26.

Bila kita jumlahkan ketiga bilangan yang diketahui kemudian kita bagi dua, yakni: \frac{35 + 48 +39}{2} =\frac{122}{2} = 61, maka bilangan ini adalah jumlah umur ketiga bersaudara=Pang-orangenik + adiknya + kakaknya.

Sehingga, umur Pang-orangenik adalah: 61 -39 = 22. (Yakni umur tiga bersaudara dikurangi umur adik + umur kakak).

Nah, dengan mudah, maka pertanyaan email tersebut dapat dijawab yaitu: Umur saya- umur Pang-orangenik = 26 - 22 = 4.

Ternyata, bagus juga pertanyaan sang pengirim surat yang mengaku bernama Pang-orangenik itu ya?😀 Ah, karena itu saya akan jawab emailnya di sini saja–seperti berikut ini.

Wa’alaikum salam wr. wb.

Terimakasih atas pertanyaannya. Nih, saya jawab ya. Jawabannya: 4.

Wassalam

Al Jupri

Hmmm… sebetulnya saya bertanya pada diri sendiri. Apa sih maksud email tersebut? Apakah hanya sekedar pertanyaan matematis?

Secara logis, benar, pertanyaan tersebut hanya menyangkut matematika. Tetapi, perasaan saya menyatakan bahwa ada maksud lain dari email tersebut. Fakta pertama, di bagian akhir surat, dia menulis bahwa dia adalah seseorang yang ingin mengenal saya; dan fakta kedua dia mengaku bernama Pang-orangenik, yang notabenenya adalah seorang tokoh wanita dalam dongeng yang pernah saya tulis sebelumnya di sini!😀 Jadi, saya menduga, bahwa beliau sengaja ingin mengenal saya lewat email yang dia kirim, sekaligus agar saya pun mengenalnya. Atau, malahan, mungkin ini sanyanya saja yang merasa ke-GR-an disurati penggemar blog saya.  He he he…:mrgreen:😀

=======================================================

Ya sudah segitu saja ya jumpa kita kali ini. Mudah-mudahan artikel ini ada manfaatnya. Amin.

Sampai jumpa di artikel mendatang!

=======================================================

Catatan:

1. Isi email di atas sengaja ditampilkan dengan beberapa penyuntingan agar isinya sesuai dengan nilai-nilai pendidikan. Karena itu, mohon maaf perlu saya katakan pada sang penulis surat bila terdapat beberapa hal yang tidak sama dengan isi surat aslinya.😀

Catatan yang wajib dibaca:

Saya melarang siapapun Anda yang berminat menerbitkan ulang baik sebagian atau seluruhnya dari karya-karya (tulisan-tulisan) saya di blog ini tanpa seijin dari saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih!

19 Comments

Filed under Bahasa, Cerita Menarik, Cerpen, Curhat, Humor, Indonesia, Iseng, Matematika, Matematika SD, Matematika SMP, Menulis, Pembelajaran, Pendidikan, Pendidikan Matematika, Renungan, Sains, Sastra

19 responses to “Di Balik “Surat Matematis”

  1. Pang-orangenik

    Pang-orangenik yang asli ga pernah kirim email. Siapa tuh?😥

  2. @Pang-orangenik: Waduuuuh… emangnya Pang-orangenik itu ada berapa ya? Jadi serba salah niiih…😦

  3. “Di keluargaku aku punya kakak dan adik. Jumlah rambut uban aku dan kakakku 300 helai. Jumlah rambut uban aku dan adikku 250 helai dan jumlah rambut uban adikku dan kakakku 275 helai. Pertanyaannya: Berapakah jumlah rambutku yang belum beruban??”:mrgreen:

  4. @Yari NK: Hue he he he….😀:mrgreen:

  5. ada wanita mau bunuh diri pada saat usianya 23, tetapi dia mempunyai adik pada usia 20 tahun saat ini.
    ayahnya barusan genap berusia 50 tahun dan ibunya 48 tahun
    saat mau bunuh diri dia teringat oleh Tuhan bahwa dalam hidup itu gak boleh disia siakan

    yang jadi pertanyaannya adalah berapa usia neneknya???

  6. @alfaroby: Jawab: tanya aja yuuuk ke neneknya?😀

  7. mel

    aduuuh..kalo soal2 matematik saya sedikit alergi neh..ehheheh..

  8. endsu

    Saya pikir dia ingin tahu umur pemilik blog ini, dengan maksud khusus. Esok atau lusa atau kapan saja dia akan nanya jarak rumahnya, penghasilan perbulan, jumlah keluarga, usia kakek atau yang lain yang berkaitan dengan diri pemilik blog, dengan gaya soal yang sama. Selamat, mulai ada penggemar aneh, tapi hati-hati, tapi santai aja….tapi…

  9. iema

    asyik juga ternyata kalo peristiwa sehari2 dibahas dg matematika… Salut buat pak AlJupri…
    jadi kepengen….

  10. @mel: ?😀
    @endsu: maksud khusus bagaimana, Pak?😉😀
    @iema: Terimakasih! Kepengen apa niih?😀

  11. Kalau saya pikir sih cuma ingin tahu umur Om Jupri aja, tapi dengan cara yang lebih halus. *sok tahu*:mrgreen:

  12. @Fahrisal Akbar: salam kenal juga…😀

  13. Wah…..
    Hebat juga tuh pertanyaannya

    Salut buat si pangorangenik

    dan salut juga buat mas Al-Jupri yang bisa menjawab dengan baik pertanyaannya

    http://cintaadalahmatematika.blogspot.com/

  14. Indra

    Saya ada pertanyaan psikologis nih,tolong dijawab bagi yg berminat:

    ceritanya Ada dua kakak beradik perempuan yang yatim dan sudah dewasa,pada suatu waktu,ibu mereka meninggal.
    ketika di pemakaman ibunya,sang adik bertemu dengan seorang pria yang sangat menarik perhatiannya,dan iapun jatuh cinta pada pandangan pertama,namun ia tidak berani berbicara pada pria itu ketika itu juga dan akhirnya melewatkan kesempatan untuk mengenal pria tsb

    Setelah beberapa saat, sang kakak ditemukan tewas terbunuh dan sang adik yang diduga menjadi pelaku pembunuhan tsb

    Pertanyaannya : Apa motif dibalik pembunuhan tsb???

  15. AJW

    Menurut saya yang membunuh bukan Adiknya. Tapi laki-laki misterius itu. karena laki-laki itu marah kepada sang kakak lantaran ga’ dikasih nomer HP sang Adik.

    Isn’t that possible…??

  16. AJW

    Soalnya laki-laki itu curhat ke saya kalo dia juga suka sama sang Adik.

    (tapi bo’ong)

  17. talib

    assalamualaikum**, ilmu itu akan bermafaat jika diamalkan.
    maka tidak ada salahnya kalau ada orang yang mau ngirim tulisan bapa ke teman/saudaranya yang lain.
    mengapa???
    karena dia merasa apa yang bapa tulis bisa jadi pencair suasana.kan ceritanya lucu.
    kalau bapak gak ikhlash gak jadi kebaikan loh….
    hehe..
    intinya: saya mau izin ngirimin tulisan bapa ke temen2 saya ya???
    iya deh saya akan tulis siapa sebenarnya yang nulis ini.

    makasih ……

  18. airul

    pagiie
    mas
    mau tanya niee.,
    rumus matematikanya untuk mendekati cwox gmana ya????? hehe

Leave a Reply

