Pembahasan Beberapa Contoh Soal Tes CPNS*

Oleh Al Jupri

Lebih dari setahun yang lalu, saya pernah menulis artikel: “Cara Agar Lulus Tes CPNS*, Bagaimana?” Ternyata artikel tersebut mendapat sambutan sangat hangat dari para pembaca yang berasal dari berbagai pelosok tanah air, yang mendamparkan dirinya di dunia maya ini. Ada yang berterimakasih. Ada yang biasa-biasa alias cuek. Tapi ada juga yang kecewa.

Untuk pembaca golongan pertama, saya hanya bisa mengatakan,”Saya sangat bahagia bisa sedikit berbagi!” Untuk golongan kedua, saya sangat berterimakasih karena sudah mau membaca dan berkomentar di blog ini.😀

Lalu untuk pembaca yang ketiga, apa tanggapan saya? Pembaca yang saya kategorikan golongan ketiga adalah mereka yang masih belum puas menikmati artikel tulisan saya tersebut karena katanya belum ada pembahasan soal-soalnya.😀

Oleh karena itu, artikel inilah tanggapan saya!

Ya, di artikel ini, saya akan membahas beberapa soal yang pernah saya buat tersebut. Agar Anda tidak bolak-balik lihat ke artikel “Cara Agar Lulus Tes CPNS*, Bagaimana?” Maka di sini saya sajikan kembali beberapa soal yang akan saya bahas.

Petunjuk: Pilih satu jawaban yang benar dari tiap soal berikut!

Soal 1: Nilai x yang memenuhi persamaan \frac{3}{5} + 3x = 6 adalah…

A. \frac{6}{10} B. \frac{21}{15} C.\frac{36}{20} D. \frac{55}{25} E. \frac{65}{30}

Soal 6: Dari kata-kata berikut ini yang mempunyai makna yang hampir sama dengan kata “terlihat” adalah…

A. Tampak B. Nampak C. Muncul D. Tenggelam E. Gelap Terang

Soal 8: Berikut ini adalah negara-negara yang pernah menjajah Indonesia, kecuali:

A. Portugis B. Inggris C. Spanyol D. Belanda E. Jepang

Soal 9: Nama-nama orang berikut ini yang tidak pernah menjadi presiden RI adalah…

A. Megawati Soekarno Putri B. Abdurrahman Wahid C. B. J. Habibie D. Muhammad Soeharto  E. Soeharto

Soal 10: You can solve this test,…?

A. Are you B. Do you C. Can you D. Can not you E. Do not you

Dengan sesuka hati, saya memutuskan untuk tidak memulai dengan membahas Soal 1, tapi saya mulai dengan membahas soal 10, kemudian soal 9, dan seterusnya: dari arah terbalik. Ga apa-apa kan?

Baiklah, untuk Soal 10, soal tersebut jelas adalah soal bahasa Inggris.:mrgreen: Ya, semestinya Anda sebagai calon pegawai negeri sipil, yang akan melayani masyarakat, setidaknya menguasai dasar-dasar bahasa internasional tersebut, setuju? Jawaban Soal 10 adalah D. Alasannya? Titik-titik dalam  soal  berbentuk kalimat tanya tersebut  meminta penegasan. Dalam bahasa Inggris disebut Tag Question, alias ekor pertanyaan.

Untuk Soal 9: soal ini hanya ingin menguji seberapa jauh wawasan Anda tentang pengetahuan perpolitikan yang pernah Anda alami atau pelajari dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial atau Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan saat Anda sekolah dulu. Megawati Soekarno Putri, sang pemimpin partai berlambang kepala kerbau ini, merupakan mantan presiden RI yang ke-5 setelah dianggap oleh Gus Dur alias Abdurrahman Wahid secara tidak sah telah melengserkannya sebagai presiden RI yang ke-4. Sedangkan B. J Habibie, sang ahli kapal terbang ini, adalah mantan presiden RI ke-3 yang melanjutkan masa jabatan Muhammad Soeharto yang dipaksa turun oleh rakyat setelah pernah menjabat presiden RI  selama lebih dari 3 dasawarsa, di negeri kita tercinta. Jadi, jawaban untuk Soal 9 adalah E.😀

Untuk Soal 8: Bangsa penjajah pertama yang tercatat datang ke bumi Nusantara (sekarang Indonesia) adalah bangsa Portugis, sekitar tahun 1511 sampai ke Malaka, kemudian melenggang ke wilayah timur Nusantara untuk menguasai perdagangan rempah-rempah dan mengeruk seludes-ludesnya hasil bumi di propinsi yang sekarang disebut Maluku. Rupanya kedatangan bangsa Portugis ke Nusantara mengilhami bangsa Eropa lainnya untuk datang ke Nusantara kita. Bangsa yang kemudian mencengkeramkan kuku dan taringnya kuat-kuat, menjajah hingga 14 turunan–saya perkirakan 1 turunan selama 25 tahun–sejak kedatangannya sekitar 1595 adalah bangsa Belanda. Selama itu bangsa yang negerinya sebagian besar ada di bawah permukaan air laut ini, berongkang-ongkang kaki jadi bos: memerah, menguliti, dan memeras bangsa kita. Negeri kita diinjak-injak seenak perutnya, dikeruk sepuas hatinya, bagai warisan harta terpendam nenek moyang mereka. Di antara masa penjajahan selama 350 tahun tersebut, saat Belanda dikuasai Napoleon Bonaparte, wilayah Nusantara kita untuk sementara dijajah oleh Inggris di bawah gubernur jendral Raffles, sekitar tahun 1811. Tak begitu lama, beberapa tahun kemudian Nusantara kembali ke cengkraman Belanda. Selanjutnya, saat perang dunia dua, wilayah jajahan Belanda khususnya bumi Nusantara kita jatuh ke tangan Jepang. Tidak begitu berbeda dengan Belanda, Jepang pun yang semula mengaku sebagai saudara tua  bangsa kita ternyata bertaring jahat, mencabik, mengoyak dan menghisap negeri kita selama 3,5 tahun. Tapi berkat perjuangan yang tidak kenal lelah, tidak kenal putus asa, dengan pengorbanan tak terhitung nyawa, tak terukur banyaknya darah yang tumpah, tak tertampung banyaknya keringat yang mengucur, tak terhitung banyaknya harta dikeluarkan, dengan semangat tiada banding dilandasi cinta tanah air untuk mengusir bangsa kafir penjajah, akhirnya atas berkat dan rahmat Allah swt, alhamdulillah bangsa kita merdeka tahun 1945. Jadi, Soal 8 jawabannya adalah C. :mrgreen:

Untuk Soal 6: Soal ini menguji pengetahuan Anda tentang persamaan makna kata dalam bahasa persatuan negeri kita, bahasa Indonesia. Walaupun pilihan jawaban sedikit menggoda kita agar terkecoh, tapi bila kita sedikit cermat maka tidaklah sulit. Kata “tenggelam” berarti terbenam masuk ke dalam (air, lumpur, dsb). Kata “muncul” berarti menyembul, keluar menampakkan diri. Kata ‘terang’ berarti dalam keadaan bisa dilihat karena ada cahaya atau bisa didengar karena ada suara. Sedangkan kata “tampak” berarti dapat dilihat, kelihatan. Namun kata ‘nampak” bukan merupakan kata baku dalam bahasa Indonesia. Jadi, jawabannya A.

Nah, akhirnya sampailah kita ke pembahasan Soal 1 tentang matematika. Baiklah berikut ini pembahasannya.

\frac{3}{5} + 3x = 6

\Leftrightarrow 3x = 6-\frac{3}{5}

\Leftrightarrow 3x = \frac{30}{5} -\frac{3}{5}

\Leftrightarrow 3x = \frac{27}{5}

\Leftrightarrow x = \frac{9}{5}

Sampai di sini, mungkin saja kita berpikir bahwa tidak ada pilihan jawaban. Eits, tapi tunggu dulu! Ternyata:

x = \frac{9}{5} \times \frac{4}{4} = \frac{36}{20}.

Jadi, jawabannya C.

Nah, bagaimana sekarang? Apakah Anda makin tertarik untuk ikut tes CPNS? Bila memang benar tertarik, dengan menyimak pembahasan soal-soal seperti di atas, mudah-mudahan bagi kita yang ingin lulus tes CPNS termotivasi untuk mempersiapkannya secara sungguh-sunguh dengan segenap kemampuan! Jangan asal-asalan tes, jangan untung-untungan dengan cuma memilih jawaban tanpa pengertian, jangan rendahkan diri Anda, OK?

Yang perlu Anda tahu adalah bahwa seorang abdi negara itu tanggung jawabnya sungguh berat! Bila diukur dengan materi gaji yang bakal diterima, jelaslah tidak sebanding. Bila Anda berniat ikhlas menjalaninya, berniat bersih mengabdi pada negara, berjanji tidak akan korupsi, berjanji akan melayani masyarakat dengan sebaik mungkin, saya yakin insya Allah Anda adalah orang yang tepat mengurusi negeri tercinta kita. Semoga!

Saya berdo’a, semoga hanya mereka yang benar-benar jujur, amanah, dapat dipercaya, dan bertanggung jawab pada negeri ini saja yang bakal lulus tes CPNS. Amin.

=================================================

Ya sudah segitu saja ya jumpa kita kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Amin.

Sampai jumpa di artikel mendatang!

Ditulis di Utrecht, The Netherlands, 2 November 2008.

Catatan yang wajib dibaca:

1. *CPNS = Calon Pegawai Negeri Sipil

2. Bagi siapa saja yang mempublikasi ulang artikel-artikel tulisan saya dari blog ini, dengan sangat saya mohon untuk mencantumkan sumber dan nama penulisnya, OK? Bila tidak, saya tidak mengijinkannya! Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih! [Saya sering menemukan banyak orang yang mengcopy-paste artikel-artikel dari blog ini, tapi tidak menuliskan sumber dan nama penulisnya].

3. Lanjutan catatan 2: bagi yang mempublikasi ulang, saya hanya ijinkan bagi mereka yang tidak bermaksud mencari keuntungan finansial. Bagi yang bermaksud mencari keuntungan finasial, saya tidak mengijinkannya, kecuali sudah ada ijin dari saya. OK?

====================================================

Wajib dibaca:

Makin hari, makin banyak orang-orang yang secara tidak sopan menerbitkan ulang artikel saya ini. Mereka mempublikasi ulang tanpa menuliskan nama penulis dan sumbernya dan tidak memberi link sama sekali. Oleh karena itu, bila Anda menerbitkan ulang artikel ini, tolong minta ijin terlebih dulu ke saya. Bila Anda tidak minta ijin, saya tidak rela, saya tidak ikhlas, saya tidak mengijinkannya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih!!!!

34 Comments

Filed under Bahasa, Cerita Menarik, Curhat, Harapan, Iseng, Matematika, Matematika SD, Matematika SMP, Menulis, News, Pembelajaran, Pendidikan, Pendidikan Matematika, Renungan, Sastra

34 responses to “Pembahasan Beberapa Contoh Soal Tes CPNS*

  1. Adila

    Yang benar Muhammad Soeharto atau Soeharto?
    Rasa-rasanya nama asli presiden RI ke-2 adalah Soeharto. Ditambahin “Muhammad” setelah pulang dari ibadah haji…

    Jadi nggak ada jawabannya ???

  2. Menikmati, soalnya sudah terlanjur jadi PNS, kalau ada kiat tes jadi Mendiknas baru seru he he (Apa kabar dari Belanda?)

  3. Ak agak sedikit kecewa dengan soal tes CPNS.. Modelnya kurang kusuka (bahkan anak SD juga bisa)… Kenapa tidak diberikan model soal aplikasi (komputer, atau materi khusus) atau kasus atau psikologi…?

    Eh, maap nieh.. Bukan maksudkuw untuk merendah-rendahkan CPNS..

  4. Djarot

    nanti kalo udah jadi PNS bakalan luntur semua tuh ilmu tesnya. gak kepake. percaya deh. ini pengalaman jd PNS hehehhehe

  5. yang dibahas kok cuma sedikit?

  6. @Adila: Yang dipakai nama terakhir.😀

    @ Ersis Warmansyah Abbas: Pengen kiat jadi mendiknas , ya, Pak? Hmmm.. insya Allah kalau saya sudah pengalaman jadi mendiknas saya akan menuliskannya.😀:mrgreen: Selamat menikmati! Kabar dari Belanda ya? Hmmm… alhamdulilah baik.😀

    @hendry: Kalau soalanya berupa kasus, berupa aplikasi, sukar meriksanya. Ga efisien.😀

    @Djarot: Mmm… saya tidak percaya! Mungkin hanya mas/bpk saja yang ilmu tesnya luntur kaleeeeeeee…:mrgreen: *Sorry becanda*😀

    @ikankoi: Kalau banyak-banyak, nanti banyak yang ngejiplak.😀 Atau masih kurang ya? Mmmmm…. kapan-kapan deh ditambahi.😀

  7. Untuk ujian CPNS nggak ada soal2 mengenai ketrampilan komputer ya? seperti tes ngeblog. ‘Kan, CPNS harus juga bisa sedikit2 tahu cara ngeblog mengoperasikan komputer. Atau…. jangan2 nanti PNS-nya jadi pada ngeblog semua, nggak pada kerja…….!!:mrgreen:

  8. Pak, bagaimana kesan anda pribadi saat anda mengerjakan soal2 CPNS? terlalu mudahkah ato bagaimana?

  9. nurs

    ga jadi pns ga pa2 , banyak jalan buat mengabdi dan memperbaiki diri………..

    dari t4 kerja udah diminta loyalitas kta,,,,,,tetep aq setia ma t4 kerja aq,,,,,,,,,,,,

  10. diah

    untuk soal no 6 sebenernya jawabannya apa A ato B

    klo A itu “tampak” sedangkan artinya itu terlihat
    klo B itu “nampak” yg disitu disebutkan bukan merupakan kata baku dalam bahasa Indonesia

    tp anda menulis jawabannya A, jd yg betul mana neh jawabannya???

    tengkyu..

  11. Hmmm… Kata guru saya, kalau mau jadi PNS itu untuk daftar dirinya harus bisa tulisan sambung ya? Masih begitu ga sih?

  12. @Yari NK: tes CPNS-nya ngeblog?😀 wakakakakak… ntar cuma blogger doang dong yang keterima.😀

    @princesseva: menurut Anda?😀

    @nurs: Iya gpp.😀

    @diah: A😀

    @Alias: Mmm… mungkin itu untuk jadul kali?😀

  13. Soal-soal tentang blog bisa juga loh dibikin pilihan berganda misalnya:

    1. Tempat ngeblog gratis adalah:
    a. WordPress
    b. WorldPress
    c. WardPress
    d. WortPress
    e. WartPress

    2. Sebelum ngeblog apa yang harus anda lakukan dulu:
    a. Beli Komputer dulu
    b. Pergi ke Warnet dulu
    c. Niat (nawaitu) dulu
    d. Nyalain Komputer dulu
    e. Mendaftar di situs blog gratisan dulu

    3. Blogwalking berarti:

    a. Ngeblog sambil jalan-jalan
    b. Jalan-jalan ke wartel sambil niat ngeblog
    c. Lagi jalan-jalan tiba-tiba pengin pipis ngeblog.
    d. Lagi ngeblog tiba-tiba pengin pipis jalan-jalan.
    e. Mengunjungi blog lain seperti halnya berjalan-jalan.

    Nah, begitulah contoh2 soal pilihan ganda tentang ngeblog bagi pasien RSJ CPNS. Huehehehe…..:mrgreen:
    ___________
    Al Jupri: Wakakakakakakakak…..:mrgreen:😀:mrgreen: Hue he he he… terimakasih soal-soal tes kemampuan ngeblog bagi para calon yg ikutan tes CPNS-nya. Akan saya pertimbangkan untuk didiskusikan.😀

  14. Ahh.. teori.. bukannya jawabannya ada di ‘A’ semua ya?? *’amplop’ maksud saya..*

  15. Maksud dari Yari NK benar-benar dalam..

    Aku sih setuju banget kalo tes CPNS lebih dari sekedar pengetahuan umum anak SD.. Sekali-kali yang bersifat aplikasi lah supaya lebih bermakna. Toh, soal seperti itu bisa dibikin PG-nya.🙂

  16. Bunga_46

    Klo ga slah,gosip tes cpns 2008 bln növ ini. Jgn putus asa,karna ga punya uang buat nyogok atau ga punya koneksi buat nitip. Tp kenyakinan hti yg kuat,belajr yg tekun,dan berdoa. Bung henri,siapa blg soal2 yg p.jupri buat mdh buat ank SD. Org mahasiswa jg blm tentu benar jwbnnya. Pengalaman sy ikt tes CPNS dah be2rapa kali emang soal2ny kya gtu.tp kan buanyak soalnya. Untk lthn sy sarankn beli buku pembhsn soal2 CPNS.byk d gramedia. En soalnya ga semudh yg kt bayangkn. Org yg bkn jga dah mempertimbangkan. Yg sy ingat dan kena d hati sy dr artikel p.jupri ini.yaitu. Niat yg iklas untk mengabdi pd negara dan masyarakat.itu bakal jd motivasi sy ikt tes cpns skr.mksh pa jupri,doain sy smga lu2s.

  17. @atas:
    Loh, liad di comment aku sebelumnya.. Aku gak pernah bilang tes itu “mudah” kan? Aku juga mengakui soal itu tidak mudah.. Mahasiswa pun bisa salah..

    Jadi, saya tidak membantah kalimat sdri bunga.

    Yang saya tekankan: tes CPNS seperti itu tidak akan berpengaruh banyak pada kualitas PNS karena modelnya yang keliru.

  18. anugrah

    Kayaknya bukan soal anak SD deh, tp lebih mirip soal SMP
    Lagian soal-soal seperti itu adalah soal logika, krn memang ditujukan untuk melihat kemampuan logika bukannya kemampuan matematika.
    Oleh krn itu kadang “kelihatan” gampang krn untuk menyelesaikan soal memang kita hanya perlu pake logika atau melihat pola, ga usah nginget rumus yg jlimet2
    Coba bayangin klo itu soal matematika dan yang muncul adalah soal trigonometri, integral atau persamaan eksponen
    Weleh….weleh, bisa-bisa yg lulus cm anak Mipa & Teknik

  19. Weleh2.. Justru kalau modelnya dibuat menjadi soal integral, trigonometri, dan eksponen, lah wong lebih kacau lagi modelnya…

  20. lianita

    fajar berlari sejauh 10 km start pukul 05.15 menit,
    sampai tempat tujuan pukul 06.05. berapakah
    kecepatan tiap menitnya?

  21. dewi

    tambah dong soal-soalnya…yang matematika ya…

  22. mmm…
    CPNS kan Calon Penghuni Neraka Selamanya🙂

  23. ya ela.. soal matematikanya cuma segitu doank,,,,

  24. dian

    tolong dong minta dikirimkan contoh soal2 test PNS sb tgl 14 Des 2008 kita ikut ujian,atas kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

  25. asur

    Asw..
    semua seniman kreatif
    sementara artis tidak kreatif
    (banyak soal serupa pd tes cpns)
    nah penarikan kesimpulan semacam itu \
    menggunakan aturan apa?
    tolong kalau ada, kirim materinya..
    ke circle_lover@hotmail.com
    ASAP (emergency nih)
    oke Jup, hatur nuhun sateacana..

  26. Mama Sintang

    Mantap…..

  27. Mamaz Sintang

    Semangat Ni Jd PNS kelak…..

  28. Thanks Informasinya…😀 jadi segar belajar matematika lagi… :p

  29. Ya Allah pak..
    terima ksh sekali saya bisa menemukan situsini
    mdh2n saya bisa pintar seperti bapak
    amin

  30. RIVEL

    soalnya kelihatan gampang,,,tapi coba di jawab dlu kalo dah tentu benar,,,gw udah 3 kali ikut tes dan di perhadapkan dgn soal2 yang kayak gini,,,emang soalnya kelihatan gampang dgn jawaban yang ada,,tapi jawaban2nya kelihatannya benar semua tapi ada yang paling benar,,,,makasi buat artikelnya,paling tidak namba2 ilmu bwat tes brikut,,,,TUHAN MEMBERKATI

  31. Anonymous

    mohon isin.tolong kirimkn saya soal-soal tes dan jawabannya S2 tahun 2012

  32. mohon isin.tolong kirimkn saya soal-soal tes S2 tahun 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s