Dari Anekdot Sampai “Penggalian” Matematika

Oleh: Al Jupri

Langsung saja, silakan baca anekdot* berikut ini!

At a natural history museum a visitor asks the porter how old the dinosaur exhibit is. The porter answers: “70 million and 4 years.” He continues when he sees how surprised the visitor is: “Yes, because when I started working here four years ago, they told me the dinosaur was 70 million years old…”

Hahahahahaha…πŸ˜€:mrgreen:

Entahlah, saya tidak tahu apakah Anda tertawa atau tidak setelah membaca anekdot tersebut. Tapi yang jelas, saya ngakak dibuatnya.:mrgreen:

Awalnya, setelah puas ngakak, timbul ide untuk mengadaptasi anekdot tersebut menjadi sebuah cerita fiktif dengan tokoh si Tom seperti biasanya. Namun, setelah dipikir-pikir, dibayang-bayang, saya tak bisa melanjutkannya karena tak didukung oleh pengalaman yang saya miliki. Ya, saya tak punya cukup pengalaman yang bisa dijadikan sebagai gambaran bagaimana bercerita tentang museum purbakala, apalagi tentang museum yang mengkoleksi fosil dinosaurus.

Tak bisa lanjut membuat cerita, bukan berarti saya menyerah! Saya berusaha membaca beberapa tulisan, di dunia maya ini, yang bisa mendukung imajinasi saya. Dengan cara ini, saya berharap ada tambahan pengetahuan yang bisa digunakan untuk melanjutkan imajinasi dalam bercerita. Tapi aneh, kali ini saya tak mampu untuk melanjutkannya, saya tak sanggup menulis cerita. Saya mentok!

Mentok bercerita, bukan berarti saya pasrah dan tak menulis apa-apa! Saya ganti ide membuat cerita dengan menerjemahkan anekdot tersebut dalam bahasa Indonesia. Tapi, ketika mulai menterjemahkan, ketika beberapa kata sudah saya ketikkan, saya merasa tidak puas! Saya khawatir bila anekdot tersebut diterjemahkan, malah tidak lucu lagi alias garing!πŸ˜€ Karena itu saya memutuskan untuk tidak menterjemahkannya. Ya, saya kutip saja!πŸ˜€

Setelah berhasil mengetikan anekdot tersebut, mulanya saya akan langsung menganalisis kandungan matematika yang ada di dalamnya. Dan tentunya menyajikannya di hadapan Anda. Tapi setelah ingat-ingat, selama ini, ternyata saya terus-terusan yang menyajikan ide-ide matematika di artikel-artikel yang ada di blog ini. Saya berpikir, hal ini kurang baik. Karena bila terus demikian, berarti para pembaca cenderung pasif menerima. Karena itu, akhirnya saya memutuskan, kali ini giliran pembaca sekalian untuk menggali kandungan matematika yang ada di dalam anekdot di atas.

Selamat menggali! Dan saya tunggu hasil galian Anda.πŸ˜€

=======================================================

Mudah-mudahan ada manfaat yang bisa diambil dari artikel ini. Amin.

=======================================================

Catatan: *Dikutip dari: Van den Heuvel-Panhuizen, M. (2001). Children Learn Mathematics. Utrecht: Freudenthal Institute, Utrecht University, The Netherlands.

17 Comments

Filed under Cerita Menarik, Curhat, Humor, Iseng, Matematika, Matematika SD, Menulis, Pembelajaran, Pendidikan, Pendidikan Matematika, Renungan, Sastra

17 responses to “Dari Anekdot Sampai “Penggalian” Matematika

  1. Wah pertamax dulu aja nih ya! Hehehe.. Komen seriusnya nanti malam aja ya, lagian sekarang aku lagi online dari Norwegia nih sambil nungguin pesenan makan siang nih!:mrgreen:
    _________
    Al Jupri: Iya.πŸ˜€

  2. Norway or “Norway” nih Mas Yari ?πŸ˜‰
    Kelihatannya berdua lagi pada jenuh nulis sampai maksain diri nih [sampai Math bilang kita-kita sebagai pembaca cuma pasifπŸ˜‰ ]

    Sampai sekarang sih belum kepikiran lebih dalem lagi kandungan matematika diartikelmu ini Math, selain relativitas umur dinosaurus, yang jawabannya bisa mengacu ke teori logika waktu SMA dulu, cmiiw disini pendekatannya pakai “atau” mungkin ya?

    cheers!

    _________
    Al Jupri: Maksud relativitas umur Dinosaurus itu apa dan bagaimana? πŸ˜€

  3. wah, belum bisa komen juga nih pak jupri, halah. yang penting disave dulu. maklum barusan pulang dari semarang, hiks.

    _________
    Al Jupri: Wah sibuk terus nih Pak?πŸ˜€

  4. Hmmm….. analisis kandungan matematikanya gimana ya?? Halaah…. kok lagi ‘down’ begini malah disuruh menganalisis seh! Hehehe….

    Ya udah yang sederhana aja…….

    70 juta tahun = 70 000 millennium, kalau dijadiin detik berapa yaa?? (mari main2 \LaTeX lagi sambil bernostalgia hehehe…..)

    \frac{60\: detik}{1\:menit}\times\frac{60\:menit}{1\:jam}\times\frac{24\:jam}{1\:hari}\times\frac{365\:hari}{1\:tahun}\times7\times10^7\:tahun\:\approx\:2.21\times10^{15}

    Nah… sudah segitu aja…hehehe…. sebenernya sih perhitungannya sederhana cuma karena udah kangen sama \LaTeX jadinya analisisnya agak dipaksa2in deh! hehehe….:mrgreen:
    _________
    Al Jupri: Wah kangen ya sama \LaTeX? Ok deh silakan…πŸ˜€ Terimakasih atas hasil penggalian matematikanya…πŸ˜€

  5. ooops satuan ‘detik’nya di akhir perhitungan lupa dicantumkan.πŸ˜€
    _________
    Al Jupri: Iya.πŸ˜€

  6. Menggali singkong sepertinya lebih enjoy daripada menggali matematika. hehehe
    _________
    Al Jupri: Iya. Nyabutin singkong ya mr Kurt? Ke mana aja nih jarang kelihatan?πŸ˜€

  7. wah, rumit juga tuh. saya jadi pingin iseng bertanya juga sama pak jupri, heheheheheπŸ˜† kalo si porter bilang dia bekerja di musium itu 4 tahun yang lalu, dinosaurusnya berumur 70 juta tahun, berapakah umur si pengunjung itu sekarang? wakakakaka ….. *komen ngaco! ndak nyambung, ya, pak? heheheheπŸ˜† namanya juga iseng*
    _______
    AL Jupri: Wakakakakakak… berapa tahun ya?πŸ˜€

  8. Hehehe.. tapi si porter itu ada benarnya juga, kan..πŸ˜€ . Kata dosen saya kalau pengukuran/perhitungan ilmiah hasil nilainya tidak meleset lebih dari 2%, maka dianggap betul.
    _______
    Al Jupri: Oooo gitu ya? Di kuliah metode numerik ya?πŸ˜€

  9. analisis saya gini nih :
    sok mikir
    oh itu ya …. anu ……

    eureka
    saya tahu saya tahu ….
    itu 70 + 4
    gubrag
    _______
    Al Jupri: Kang, makasih analisisnya… *gedubrak* juga..πŸ˜€:mrgreen:

  10. Haha …:mrgreen:
    *tertawa terpingkal-pingkal seperti yang dilakukan Pak Jupri*

    Itu mengingatkan kita bahwa umur senantiasa bertambah (pada jumlah) namun berkurang dalam esensi. Orang juga bisa begitu kali ye! Kalau usia meninggalnya terus bertambah.
    Umurnya setelah meninggal juga ternyata bertambah. *Kali … *
    ________
    Al Jupri: Jadi, analisis matematikanya apa nih?πŸ˜€

  11. tadinya mo ikutan analisis matematika, tapi yang tak tangkap cuma operasi penjumlahan bilangan bulat. duhh, lagi pusing, tambah pusing ne……πŸ™‚
    ________
    Al Jupri: Kalau lagi pusing, ga usah maksain dong mba…. Kapan-kapan aja komen yang seriusnya kalau udah ga pusing.. balik lagi ya… πŸ˜€

  12. Anekdotnya OK, kalau analisis matematikanya, nyerah deh. Jadi penikmat aja kalau soal matematika Kang. Boleh ya?
    __________
    Al Jupri: Ya gpp. Yang penting bisa menikmati…πŸ˜€

  13. Yang saya tangkap yo cuma
    70 juta tahun pada 4 tahun lalu.
    Lha kalau sekarang ya umurnya 70.000.004 tahun.
    Gitu ya?:mrgreen:

    *gak mudeng aku Pak!*
    ________
    Al Jupri: Ya gpp… padahal kalau saja saya ungkapkan apa yang saya pikirkan, sepertinya, analisisnya sangat sederhana… tapi saya lagi males nih..πŸ˜€

  14. Apakah pada saat porter pertama kali mengetahui umur Dino tsb bertepatan dengan tahun keluarnya hasil perhitungan umur Dino? disini ada informasi yang tidak jelas (namanya juga anekdot), sehingga bisa dikatakan umur 70m yrs + 4 yrs itu relatif terhadap waktu pertama kali porter diberitahu mengenai umur Dino. Jadi jawaban porter tersebut bisa jadi salah dan bisa jadi benar.

    *ada gak ya kalimat yang lebih sederhana buat jelasin maksud saya ini?*
    πŸ™‚
    ________
    Al Jupri: Ooooo gitu ya?πŸ˜€ Udah kok, saya ngerti maksudnya…πŸ˜€

  15. randy

    lucu soalnya si porter menggunakan penjumlahan yg simpel..70 jt tahun ditambah 4 tahun dia bekerja..haha..

  16. farel iskhak

    wah blm bisa komentar, krn saya lg bingung jg , saya jg lg mengerjakan soal2 yg dikasih ama guru saya. kpn2 deh aku coba ama guruku ngga apa2kan kalau tanya ama guruku

  17. farel iskhak

    maaf kurang dikit dicoba ada tanya nama jg lg bingung

Leave a Reply

