Cantik itu Relatif

Oleh: Al Jupri

Cantik itu relatif! Jelek itu mutlak! Begitulah perkataan populer yang sering kita dengar atau ucapkan bila membicarakan tentang cantik tidaknya seorang wanita.

Perkataan tersebut menurut hemat saya terbagi dua macam (sedikit ngarang sih). Yang pertama yaitu cantik yang relatif-subyektif. Dan yang kedua yaitu cantik yang relatif-obyektif. Apa bedanya?

Bila saya mengatakan, “Pacar saya cantik!” Anda belum tentu setuju dengan pernyataan saya. Atau bahkan tidak setuju sama sekali. Mungkin bagi Anda pacar saya itu biasa saja, alias tidak cantik. Itulah contoh dari perkataan cantik yang relatif-subyektif. Dikatakan relatif karena tergantung dari sudut mana saya memandang. Dan dikatakan subyektif karena ada pengaruh emosi pribadi yang belum tentu sama dirasakan oleh orang lain.

Nah, sekarang coba perhatikan gambar* berikut ini!

Bila saya mengatakan, “Zaskia cantik!” Walaupun mulanya bersifat subyektif, tetapi saya yakin (kebanyakan dari) Anda akan setuju dengan pernyataan saya barusan. Walaupun mungkin ada juga yang mengatakan bahwa dia itu biasa saja. Itulah contoh perkataan “cantik yang relatif-obyektif.” Dikatakan relatif karena tergantung dari segi apa kita menilai cantik tidaknya si Zaskia itu. Dan dikatakan obyektif karena kenyataannya memang dia cantik, di mana tak hanya penilaian emosi pribadi saya saja yang mengatakan itu, tetapi kebanyakan orang lainpun menyetujuinya secara jujur tanpa paksaan.

Memang sih bila dipikir-pikir sulit juga membedakan antara cantik yang relatif-subyektif dan cantik yang relatif-obyektif. Karena keduanya memang relatif.

Serupa dengan pembahasan relatif tidaknya kecantikan seorang wanita tadi, dalam matematika pun ada yang mengatakan bahwa permasalahan-permasalahan (soal-soal) matematika itu mempunyai kecantikan tersendiri. Dan kecantikannya itu pun relatif.

Contohnya begini. Dulu, ada seorang teman saya yang pandai matematika, yang bila diminta membuat soal untuk persiapan ujian siswa SMA, dia selalu membuat soal setipe soal berikut ini.

Soal: Bila \alpha dan \beta adalah akar-akar dari persamaan x^2 - 6x  + 25 = 0 maka nilai dari \sqrt{\alpha} + \sqrt{\beta} =....

Saya yang memperhatikan soal-soal buatannya jadi hafal betul dengan tipe soal tersebut. Karena itu saya jadi ingin tahu alasan temen saya itu, kenapa dia selalu membuat soal tipe itu? Ketika pertanyaan tersebut saya ajukan, teman saya cuma mengatakan bawa soal tersebut “cantik!”

“Cantik apanya?” tanya saya penasaran.

“Cantik cara penyelesaiannya,” begitu jawabnya.

“Masa sih?” tanya saya lagi.

“Coba saja kamu selesaikan!” pinta dia.

Saya, yang sebelumnya belum pernah menyeleseaikan soal tersebut, dengan segera mencobanya. Ternyata memang bila kita belum tahu trik menjawab soal tersebut, maka akan kerepotan menjawabnya.

Nah kata teman saya, cara atau trik untuk menjawab soal itulah yang membuatnya “cantik”. Makanya dia begitu terpesona akan kecantikan soal tersebut dan selalu berusaha menyajikan buat murid-muridnya.

Apakah menurut saya soal tersebut cantik? Hmmmh.. menurut saya sih biasa saja!πŸ˜€:mrgreen: Dan jujur saya bisa katakan, bagi siswa SMA (yang tidak gemar matematika) soal tersebut bisa dikatakan sulit. Mungkin karena sulitnya itulah teman saya mengatakan bahwa soal tersebut cantik. Ya, ibarat kita yang kesusahan menaklukkan wanita cantik.

Ah aya-aya wae…. πŸ˜€

=======================================================

Ya sudah segitu saja dulu ya untuk perjumpaan kita kali ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya. Mohon maaf baru hari ini saya bisa mengisi blog ini lagi karena kemarin-kemarin saya sedang berkonsentrasi menghadapi ujian di dunia nyata (maklum mahasiswa sih). Mudah-mudahan artikel ini ada manfaatnya. Amin.

=======================================================

Catatan: *Gambar artis yang namanya Zaskia, diambil dari sini!

39 Comments

Filed under Bahasa, Indonesia, Matematika, Matematika SMA, Menulis, Pembelajaran, Pendidikan, Pendidikan Matematika, Renungan, Sastra

39 responses to “Cantik itu Relatif

  1. vertamax dulu aaaah!πŸ˜€
    ________
    Al Jupri: Hahahahaha……..πŸ˜€

  2. Ya….. vertamaxnya KKN karena kebetulan kita lagi chatting huehehehe……

    Menurut saya memang benar, cantik disebabkan karena berbagai faktor, kalau kita jatuh cinta maka yang biasa2pun akan kelihatan cantik (tapi foto di atas cantik beneran loh, bukan basa basi tapi memang begitulah adanya) walaupun masih lebih cantik selingkuhan saya wakakakak…..πŸ˜† Dan juga dalam kasus lain, soal yang sulit dan tidak bisa atau kurang umum jalannya bisa disebut cantik.

    Kasus lain dalam bidang lukisan, orang seniman bilang lukisan abstrak itu cantik atau indah, kita percaya aja, padahal menurut saya lukisan abstrak kok lebih banyak jeleknya ya! Huehehehe…… Atau anak kita cantik…… karena kita udah capek2 bikin siang malem sambil merem melek biar hasilnya pas2an (emangnya rapor wakakakak……) tetep aja dibilang cantik (atau ganteng):mrgreen:

    Jadi kesimpulannya emang betul cantik memang sangat tergantung dari unsur subyektif, namun tentu tidak 100% subyektif, beberapa bagian daripadanya juga obyektif, hanya kadar kecantikannya berbeda dari sudut setiap orang, tergantung situasi dan mood orang tersebut. Ya kan?:mrgreen:
    ________
    Al Jupri: Iya setuju. Bila kita jatuh cinta pada seseorang, walaupun bagi orang lain jelek, tapi bagi kita dia tetap saja cantik. Oh, iya. Walau relatif subyektif, tetap saja ada unsur obyektifnya. Begitupun, walau relatif obyektif, tetep saja ada unsur subyektifnya. Makanya saya katakan agak susah membedakan keduanya.πŸ˜€ keduanya.

  3. yay!! jadi juga ketigaxnya!!

    meskipun telah terjadi fatal blunder, tetep mau njawab. jawabannya dua empat kan mas? hehehe…

    kapan-kapan kirim foto aahh….. biar di upload ke blog kyk Zaskia yg cantik. hehehe……

    *genit mode : on*
    ________
    Al Jupri says: Mana nih fotonya? Ntar saya upload deh, saya bandingin sama foto Zaskia…πŸ˜€:mrgreen: Hahahahaa……

  4. Setuju Pak..
    emang kalo orang yg itung-itungan atau orang matematika semua relatif, termasuk sebuah kecantikan…salam kenal pakπŸ˜‰
    _______
    Al Jupri says: Iya terimakasih sudah berkunjung di sini. Salam kenal juga…πŸ˜€

  5. Salam kenal pak…πŸ™‚
    saya seorang siswa SMA yg cinta matematika…
    Lo mnurut saya sih soal itu biasa aja, yang cantik mnurut saya thu soal2 problem solving.
    BTW prnah mbina anak buat olimpiade matematika gax pak?
    ________
    Al Jupri says: Salam kenal juga.. eh siswa SMA mana?

  6. cK

    waduh…kalo soal rumus-rumus menurut saya nggak ada yang cantik tuh..πŸ™„

    tapi memang betul. cantik itu relatif. tergantung dari penilaian orang-orang…
    _________
    Al Jupri says: Rumus-rumus ga ada yang cantik ya? Hahahaha… makanya saya katakan relatif.. tergantung siapa yang menilainya..πŸ˜€ Sama halnya menilai kecantikan seorang wanita. Eh, btw, Chika cantik ga ya?πŸ˜€

  7. duh anak ips mampir

    semua soal cantik semua, tinggal dipermak aja di body shop?
    _______________
    Al Jupri says: Iya terimakasih. Salam kenal nih…πŸ˜€

  8. Ternyata cantik itu ada rumus matematikanya juga ya.:mrgreen:

    Ya, cantik itu relatif. Tak perlu cantik sih sebenarnya yang penting menarikπŸ˜€
    _________
    Al Jupri says: Ya setuju mba…. menarik itu perlu. Apalagi kalau dibarengi cantik.πŸ˜€

  9. mezzalena

    Hwaa…
    pak jupri bicara soal cantik ….
    yupZ!
    btw, kemaren-kemaren aku mo tanya kok pak jupri istirahat posting,
    ku pikir2 sendiri,
    paling2 ujian
    ternyata bener.
    dah selesai ya pak?
    aku juga baru selesai ujian koq.
    pusingnya masih ne
    ____________________
    Al Jupri: Btw, mau nanya apa nih? Siapa tahu saya ga bisa jawab.πŸ˜€

  10. AJW

    Wah ternyata Pak Aljupri ini berusaha menghubungkah antara nilai-nilai estetika dan ilmu matematika (koq belakangnya sama-sama”tika” ya??)

    Buat saya yang suka dengan ilmu matematika, mungkin saya sepakat dengan Bpk mengenai cantiknya rumus itu. tapi apa semua orang berpikir hal yang sama? I don’t think so…

    Menurut saya cantiknya matematika itu disebabkan keteraturan yang ada di dalamnya. segalanya serba sistematis dan memiliki pola. Satu lagi, bahwa matematika adalah ilmu pasti yang bersifat tegas. Tidak ada keraguan dalam menjawab soal-soal matematika adalah suatu kesuksesan seorang pecinta matematika.
    ___________
    Al Jupri: Hmmmh… menurut saya sih, matematika tak semuanya pasti… banyak hal yang belum bisa secara pasti dapat diselesaikan dengan matematika. Bahkan yang dikatakan pasti dalam matematika itu pun relatif, tidak mutlak! Ya, relatif gitu deh…πŸ˜€

  11. waduhh… klo masalah cantik no comment deh….
    Yang penting saya bisa dapetin istri yang cantik dan menarik + berilmu… Hmmm “Bidadari” dunia tuhπŸ˜€
    ___________
    Al Jupri: Heheheehe….πŸ˜€

  12. SMA Negeri 1 Majenang Pak, kab. Cilacap
    Punya materi n soal2 Olimpiade matematik ga Pak?
    lo punya boleh donk saya minta?
    _________
    Al Jupri: Punya, tapi dalam bentuk buku biasa…..πŸ˜€

  13. sjafri mangkuprawira

    Bung jupri……ini ada tambahan sebutan…….permainan cantik…..pemandangan cantik…lukisan cantik…..jawaban cantik…..mobil cantik…..suaranya cantik…..strategi-taktik cantik….dsb…….artinya cantik yang milik perempuan itu bisa bermakna β€œwah”, aduhai, β€œwow”,…… ada aura kagum, puja-puji, dan pesona terhadap sesuatu…..coba padanan cantik pada kata-kata itu diganti dengan β€œganteng”…akan aneh terdengarnya…..misalnya permainan ganteng….pemandangan ganteng…dst….
    _____________
    Al Jupri: Ya setuju Prof. Terimaksih atas tambahannya.πŸ˜€ MEmang cantik identik dengan wanita, keindahan, kekaguman. Misalnya bila kita jatuh cinta pada seorang wanita, maka biasanya kita tak segan untuk menyatakan bahwa yang kita cintai itu cantik…πŸ˜€ Nah, kalau kata “cantik” diganti ganteng… nanti aneh dong… hahahaha…πŸ˜€

  14. cantik? emang bener pak jupri, bukan relatif lagi, melainkan super-relatif, heheheheπŸ˜† kalok saya melihat kecantikan justru dari inner beauty-nya. konon tampilan fisik malah lebih sering menjerumuskan mata seorang pria ketimbang berada di jalan yang lurus. *halah*
    BTW, tiba2 pak jupri kok jadi suka ngomongin soal kecantikan, yak? saya jadi curiga, heheheheπŸ˜† jangan2 pak jupri sedang jatuh cinta nih, heheheheπŸ˜† *maaf, pak, hanya bercanda, kok*
    ____________
    Al Jupri: Ya betul Pak. Cantik tidaknya sesuatu itu relatif. Hmmmh kalau cantik secara fisik, memang terkadang menipu. Tapi kalau cantik segalanya, cantik fisiknya, prilakunya, dlsb.. nah itulah yang dicari dan didamkan… btw, tapi ga mudah ngedapetin yang cantik segalanya…πŸ˜€

    Hahahaha… tau aja… πŸ˜€

  15. princessceva

    Saya, yang sebelumnya belum pernah menyeleseaikan soal tersebut, dengan segera mencobanya

    mana dunk hasil mencobanya?
    __________
    Al JUpri: Silakan kamu kerjakan dulu aja.. nanti kamu lapor deh ke saya kalau udah…πŸ˜€

  16. ga punya yang pdf pak?
    saya butuh banget, soalnya saya pengin banget bisa lolos OSN taun ini pak, ada tips n trik buat menghadapi olimpiade ga pak?
    _______
    Al Jupri: Iya nih, ga punya yang PDF nya. Mudah-mudahan berhasil OSN nya ya…πŸ˜€

  17. adipati kademangan

    Pokok nya jawabannya 4
    *saya hanya bilang pokoknya lho, caranya ya cari sendiri*
    _________
    Al Jupri: Terimakasih jawabannya…πŸ˜€

  18. Mega

    ikutan baca si cantik…
    ____________
    Al Jupri: Iya silakan mba/bu…πŸ˜€

  19. Tulisannya juga cantik, sayangnya gambar Zaskia-nya gak kelihatan. Di sini lagi fakir bandwith..
    ________
    Al Jupri: Hahahaha.. cantik lho gambar Zaskianya…πŸ˜€

  20. Anonymous

    tapi ibu saya bilang saya ganteng.. itu mutlak karna ga’ boleh membantah kata2 ibu!! πŸ˜†

  21. tapi ibu saya bilang saya ganteng.. itu mutlak karna ga’ boleh membantah kata2 ibu!!πŸ˜†
    _________
    Al Jupri: Iya…πŸ˜€

  22. mezzalena

    ga tanya apa-apa kok,
    cuma mo tanya
    kok pak jupri istirahat posting?
    Ujian ya?
    dah di jawab disini
    ya ga jadi tanya
    He…..
    __________
    Al Jupri: Ooooo.. kirain mau nanya apa…πŸ˜€

  23. O, ow, ternyata lagi kasmaran ya? He he, selamat ya dah menemukan teman hidupnya. Btw… kok jadi jarang update sih tulisannya. Sibuk banget ya?
    __________
    Al Jupri: O,ow saya ketauan… hahahaha…πŸ˜€

  24. makasih pak, oh ya sudilah bapak berkenan mampir ke blog saya…
    ______
    Al Jupri: Udah, saya udah mampir…πŸ˜€

  25. aku tunggu tulisan selanjutnya yach….
    seneng bisa belajar matematik, dengan bacaan yang menarik…
    kapan aku bisa buat blog yang menarik juga ya…
    __________
    Al Jupri: Sabar ya….πŸ˜€ Saya udah lihat-lihat blognya, bagus…πŸ˜€

  26. Yang paling cantik itu, Sampeyan kembali ke jalan yang lurus, jalan yang benar … ngeblog … he he he
    _________
    Al Jupri: Tenang Pak, segera saya akan kembali…πŸ˜€

  27. A.J.W.

    Wah beda ya kalo yang menjawab ahli filsafat matematika. kaya-nya ilmu saya belum sampe situ nich…

    Tolong perjelas maksud dari “Bahkan yang dikatakan pasti dalam matematika itu pun relatif, tidak mutlak! ”
    __________
    Al Jupri: Contohnya bisa dilihat di tulisan ini! Klik aja!.πŸ˜€

  28. Hemmm, konsentrasi untuk mencerna tuilisan prof. al-Jufri terpecah. Karena ada Zaskia Mecca menghalangi pandangan saya dari tulisan selanjutnya.

    Ah, serelatif apapun kecantikan Zaskia, saya tetap akan menerima apa adanya, suka maupun duka. Sekarang, besok dan selamanya. Insya Allah.
    *dijitak*
    ________
    Al Jupri: *Masalahanya, Zaskianya mau engga sama Pak Ram-Ram…πŸ˜€:mrgreen: Wakakakakakak… *

  29. A.J.W.

    Wah, kalo cerita itu mah bukan kepastian yang relatif. tapi pertanyaan si kakek yang kurang jelas.
    kalau saja kakek tadi bilang tentang jam-jaman, pasti si anak bisa menjawab pertanyaannya.
    _________
    Al Jupri: Hmmmh, contoh cerita yang dibaca kang A. J.W. itu hanya sebuah contoh nyata yang saya ambil sebagai sampel (mungkin kurang representatif). Tapi, bila kita belajar aljabar abstrak misalnya, di situ kita akan merasakan betapa relatifnya matematika. Tak pasti, tergantung bagaimana kita mendefinisikan sesuatu.
    Saya bisa saja memberi contoh sebanyak yang saya mau, tapi ntar kebanyakan deh…πŸ˜€

  30. kecantikan rupa itu tergantung nilai-nilai / sugesti awal yang ditanam sejak kecil saya rasa. kulit kuning atau putih, hidung mancung, bulu mata lentik, dll. kalo rasa *halah* mungkin gak jauh beda lagi…

    *kabuuuuuuuur*
    _____________
    Al Jupri: Mmmmh maksudnya rasa apaan nih? Maklum belum pengalaman nih.. jadinya belum tahu… hahahaha…πŸ˜€ *yang kabur dilempar pake sendal.. * πŸ˜€

  31. Kecantikan yang di luar kebiasaan seperti punya Zaskia itu gak bisa dibandingkan sama kecantikan soal matematika yang ditampilkan berikutnya. Karena kecantikan Zaskia bisa langsung dinikmati, tapi kecantikan soalnya masih mumet tuk dicariπŸ˜†
    _______
    Al Jupri: Iya juga ya? Eh, tapi mungkin bagi penggemar matematika kecantikan suatu soal itu dpat langsung dinikmati, sama halnya seperti kita mudah menikmati cantiknya Zaskia . Hehehehe..πŸ˜€

  32. tina

    canti…..k??kalau da yang bilangan saya cantik menurut saya to ? besar antara benar dan bohong
    ___________
    AL Jupri: Iyaaaaaaaaaa…πŸ˜€

  33. betul, cantik itu relatif…
    tapi katanya jelek itu mutlak :))

    tipe soal itu banyak banget keluar di soal2 sma yah… apa karena kecantikannya para pembuat buat soal itu, seperti yang dijelaskan pak aljupri??

    *sokmikirmikir*
    ______
    Al Jupri: Mungkin iya… saya juga belum tahu. Saya sering ngelihat soal semacam itu dibuat teman-teman saya. Jadinya saya hafal betul tipe soalnya..πŸ˜€

  34. ar rasyid

    assalamu’alaikum…
    sepakat kalo cantik itu relatif…
    tergantung dari sudut pandang mana kita melihat…
    but mathematic is so beautifully
    matematika itu selalu cantik……
    baik dari solanya ‘n cara penyelesaiannya
    bukankah matematika itu slalu bikin penasaran?
    sama halnya dengan cantik….dia selalu bikin orang penasaran..
    (he..he..he… koment nya ngawur)
    maaf ya kalu aneh, tapi bukan berarti yang nulis nggak aneh lho..!!!!!!!
    oh ya.. saya termasuk penggemar matematika lho jadi saya suka matematika dalam bentuk apapun apalagi dikemas dengan cerita yang unik ‘n menarik
    terima kasih ya om jupri..
    cerita dari om jupri membuat saya makin sayang sama matematika….
    wassalamu’alaikum
    _______
    Al Jupri: Wa’alaikum salam. Ya terimakasih atas komentarnya. Semoga makin sayang sama matematika.πŸ˜€

  35. Setelah membahas deret kelinci, lalu tentang relativitas kecantikan…
    mmm… ini hint…πŸ™‚
    Bener juga kata mbak Hanna
    ______
    Al Jupri: Mmmmh… hint apa ya mba? *pura-pura mikir… *πŸ˜€

  36. Beneran..
    Gw baru th tntng deret fibonacci,,
    yaaahh….
    selama ini cuma th doang, tp gak th sejarahnya gimana…
    Keerreeeen oiii…….

  37. savikovic

    semua ciptaan Tuhan cantik, cuma kadang mata kita ketutupan kotoran banyak banget… yang keliatan cantik pun jadi ngga cantik…

    tapi dulu ada cerita si cantik dan si jelek yang mandi bareng di sungai, sayang si jelek nya usil selesai duluan dan kabur memakai pakaian si cantik, nah kan jadi kebalik tuh.. mata kita jadi susah membedakan mana yang cantik beneran luar dalem dan mana yang cuma pake topeng…

    salam kenal mister jupri….πŸ™‚

  38. Mc.Dj-alal

    kamu memang cantik dan aku juga suka sama kamu tapi sayangnya kamu belum nikah kenapa……….. eh boleh minta nomor HPnya……..??? kirim ke imail ku secepatnya plus dengan foto kamu……???
    kalau tidak dikirim berarti hatimu tidak seputih kulitmu………!!!!!!

  39. He,he,he bisa aja pendapatnya, btw kalau saya ambil skripsi bisa gak ya topik ini jadi judul..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s