Hasil “Riset” Terbaru–> 3 Bulan = 20 “Menit”

Oleh: Al Jupri

Kabar ditemukannya klip lagu Indonesia Raya “asli” tak hanya menggemparkan dunia nyata. Dunia maya pun ikut-ikutan heboh dibuatnya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya tulisan mengenai kabar tersebut yang turut mewarnai alam maya ini.

Saya pun terpaksa, terpaksa tak bisa mengelak untuk membaca-baca beragam tulisan mengenai kabar berita tersebut. Saya membaca dari berbagai media online atau pun blog.

Dari aktivitas membaca itulah, ada berita yang menarik perhatian saya. Apa itu? Mari kita simak.

Ya, bermula dari membaca tulisan ini* dan ini**, akhirnya saya iseng-iseng berkesimpulan bahwa:

3 bulan = 20 “menit”

Ini maksudnya apa?

Maksudnya itu begini, 3 bulan itu adalah waktu yang diperlukan oleh salah seorang pakar telematika Indonesia dalam melakukan riset yang bermuara pada penemuan lagu Indonesia Raya “asli”, di dunia nyata. Sedangkan 20 menit adalah waktu yang diperlukan oleh seorang blogger untuk menemukan lagu Indonesia Raya “asli”, di dunia maya. Karena sang blogger mencarinya di dunia maya, makanya kata “menit” saya tulis dalam tanda petik.

Lantas, apa yang bisa kita maknai dari kesimpulan tersebut?

Dari kesimpulan itu kita bisa membuat perbandingan waktu antara dunia nyata dan dunia maya. Caranya seperti berikut ini.

3 bulan = 20 “menit”

1 bulan = \frac{20}{3} “menit”

Bila satu bulan itu kita pilih ada 30 hari, maka didapat “kesamaan” berikut ini,

30 hari = \frac{20}{3} “menit”

Atau

1 “menit” = \frac{30 \times 3}{20} hari

1 “menit” = \frac{9}{2} hari.

Jadi, 1 menit di dunia maya sama artinya dengan 4\frac{1}{2} hari di dunia nyata. Kesimpulan ini, walau iseng, ada alasan yang bisa dibenarkan. Anda pun mungkin tahu alasannya.

Ya, di dunia maya kita bisa pergi ke mana pun yang kita suka, dengan cepat, tak dibatasi ruang dan bentang alam. Untuk mencari “sesuatu” di dunia maya pun relatif mudah, tinggal mengetikkan nama “sesuatu” itu di mesin pencari, maka dalam hitungan waktu yang relatif singkat, maka kita biasanya akan bertemu dengan yang kita cari.

Hal ini berbeda dengan di dunia nyata yang masih terbatas bentang alam, keadaan geografis, dan keterbatasan fisik lainnya. Makanya wajar saja bila di dunia nyata kita butuh waktu 3 bulan untuk menemukan sesuatu, sedangkan di dunia maya bisa jadi cukup dengan 20 menit saja. Termasuk dalam menemukan lagu Indonesia Raya yang “asli” itu.

Lantas, apakah ini berguna bagi pembelajaran dan pendidikan? Hmmmh…, setidaknya berguna sebagai latihan dalam mengkonversikan satuan-satuan waktu, yang biasa dipelajari dalam pelajaran matematika dan fisika, dan yang seringkali kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Betul?

Lalu adakah manfaat lain?

Dari iseng-iseng ini pun, saya jadi teringat cerita dari para guru-guru agama saya dulu. Diceritakan bahwa waktu di dunia itu panjangnya berbeda dengan waktu di alam akhirat nanti. Kalau saya tak salah ingat dikatakan bahwa, 1 hari di alam akhirat nanti sama dengan 1000 tahun di alam dunia ini.

Jadi, dengan adanya hasil “riset-risetan” iseng begini, bisa jadi kita saya semakin teryakinkan akan benarnya ada perbedaan waktu antara alam akhirat dan alam dunia. Karena, di alam dunia pun ternyata perbedaan waktu yang relatif mencolok begini ternyata ada, ternyata nyata. Apalagi di alam akhirat nanti.

Oh iya, dari “kesamaan” yang terakhir tadi, kita bisa dapatkan bahwa 1 menit di dunia maya sama dengan 6480 menit di dunia nyata. Silakan lakukan konversi waktu tersebut, sebagai latihan ringan buat Anda.

=======================================================

Ya sudah begitu saja untuk tulisan kali ini. Sampai jumpa di tulisan berikutnya. Walaupun cuma iseng-iseng, mudah-mudahan ada manfaatnya. Amin.

Sumber Bacaan:
*Melacak klip Indonesia Raya-Tak perlu 3 bulan
**Mencari Indonesia Raya “Asli

14 Comments

Filed under Fisika, Indonesia, Iseng, Matematika, Renungan

14 responses to “Hasil “Riset” Terbaru–> 3 Bulan = 20 “Menit”

  1. baru tandang kesinih…met kenal
    _______
    Al Jupri says: Terimakasih sudah bertandang. Met kenal juga ๐Ÿ˜€

  2. sampean memang kreatif, khas matematikawan sejati. menjura ….
    ________
    Al Jupri says: Terimakasih…. Terimakasih sudah berkunjung… ๐Ÿ˜€

  3. Hmmm menurut saya di dunia ‘maya’pun juga terbentur bentangan alam dan geografis pula, karena dunia ‘maya’pun menggunakan medium untuk menghantarkan data baik itu udara seperti 3.5G atau Wi-Fi ataupun medium kabel, baik itu serat optik, tembaga ataupun lainnya. Dan apapun yang menempati 3D di alam ini tentu akan terbentang oleh hambatan fisik dan geografis. Hanya bedanya di alam maya, data dapat merambat dalam kecepatan hampir kecepatan cahaya jauh lebih cepat dibandingkan kalau kita bergerak dengan mobil atau bahkan pesawat udara. Sehingga menurut teori relativitas Einstein mengenai dilatasi waktu, tentu waktu bagi mereka yang bergerak dengan hampir kecepatan cahaya akan ‘merayap lebih lambat’ daripada bagi mereka yang berada di dunia yang jauh bergerak di bawah kecepatan cahaya. Jadi kesimpulan di atas seperti 1 menit di dunia maya = 4{1}/{2} hari di dunia nyata mungkin saja terjadi, walaupun udah ada rumus baku untuk hukum relativitas Einstein mengenai dilatasi waktu! (Rumusnya malas saya tuliskan di sini walaupun dengan \LaTeX juga)!๐Ÿ˜€ Hehehehe….!
    _____
    Al Jupri says: Hehehe… thank you Pak Yari…, iya juga yah… setujuuu….
    Btw, saya mengatakan tak terhalang bentang alam karena saya berpikir, seseorang bila masuk ke dunia maya itu bisa pergi ke mana saja sesuka hati, walau fisiknya relatif diam, tapi ia bisa menjelajah ke berbagai penjuru negeri (di dunia maya), dalam waktu singkat. Tak begitu terhalang dengan kendala alam…. Oh iya, tentang hukum relativitas, menarik itu, saya pernah baca/belajar tentang fisika modern (cuma lupa-lupa inget, sepertinya perlu dibuka-buka lagi deh bukunya).
    ๐Ÿ˜€

  4. Ha … ha … yang penting ide dan menuliskannya itu. Lebih penting … apa manfaatnya untuk pendidikan? Sampeyan telah memulai dengan … mengkonversikan satuan-satuan waktu … Yup, kembangkan.

    Nah … matematik itu menarik memang …
    ________
    Al Jupri says: Terimakasih pak sudah berkunjung. Setuju pak, yang penting ide tulisan itu tertuang dalam bentuk tulisan. Walau kesannya iseng, niatnya iseng, mudah-mudahan apa yang ditulis itu ada manfaatnya. Oh iya, terimakasih atas motivasinya. Memang menarik matematika itu…๐Ÿ˜€

  5. Hebat bangat ,padahal sejak sd sampai sltp saya sebel bangat sama matematika dan fisika.Anehnya sekarang malah senang numpang baca tentang matematika.Kreatif !!
    ________
    Al Jupri says: Terimakasih. Sebel sama matematika sejak SD sampe SLTP ya? Ga apa-apa sebel juga, kan biasanya klo sebel duluan, lama-lama jadi cinta, betul ga?๐Ÿ˜€

    Terimaksih sudah baca-baca, mudah-mudahan yang dibaca bermanfaat. Terimakasih juga.๐Ÿ˜€

  6. Yang saya kagumi dari Pak Jupri adalah kemampuan menggambarkan sesuatu yang rumit menjadi lebih gampang dicerna. Saya yakin ini banyak manfaatnya untuk kepentingan anak-anak kita. Pak Al-Jupri, kalau saya sedang gila ngeblog tahan hingga 8 jam itu kalau dihitung berdasarkan satuan dalam alam nyata, ketemuanya berapa ya, Pak? he-he-he.
    __________
    Al Jupri says: Terimakasih pak….๐Ÿ˜€

    Oh iya, ngeblog 8 jam ya? Karena 1 “menit” = 4\frac{1}{2} hari, maka setelah saya hitung-hitung, 8 jam di dunia maya itu sama saja dengan 6 tahun di dunia nyata. (Catatan: waktu 1 bulan = 30 hari).

    Wah ternyata bapak berkelana setiap ngeblognya setara dengan 6 tahun berkelana di dunia nyata. Hehe… ๐Ÿ˜€

    Eh proses hitung-menghitungnya usah atau tak usah saya cantumkan pak?

  7. hehehe….gud gud….sangat masuk akal ya….dan mungkin di masa yang akan datang, 1 menit di dunia maya bisa jadi sama dengan 100 hari atau lebih…

  8. Rully

    /* jadi kecanduan matematika */

  9. nggak ngerti…๐Ÿ˜ฆ

  10. Menarik… menarik.. memang waktu itu relatif!

  11. zona90

    hmm… sepertinya saya akan mencintai matematika gara2 blog ini… salam kenal yah…

  12. rago

    jika 3 bulan di dunia nyata sama dengan 20 menit di dunia maya,kapan kira-kira kita bisa ganti 3 bulan di dunia maya bisa menjadi 20 menit di alam nyata.

  13. rania

    gw seneng bgt ma myk sejak sd ampee sma sekarang….. impian gw sich mw jadi profesor mtk….
    gw udh berusaha jd ank mtk yg kreatif moga2 aja bisa …
    a..m..i..n

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s