Cara Agar Lulus Tes CPNS*, Bagaimana?

Oleh: Al Jupri

Petunjuk: Pilih satu jawaban yang benar dari tiap soal berikut**!

Soal 1: Nilai x yang memenuhi persamaan \frac{3}{5} + 3x = 6 adalah…

A. \frac{6}{10} B. \frac{21}{15} C. \frac{36}{20} D. \frac{55}{25} E. \frac{65}{30}

Soal 2: Di antara bilangan-bilangan berikut yang nilainya lebih besar daripada \frac{6}{7} adalah…

A. \frac{72}{96} B. \frac{72}{81} C. \frac{78}{91} D. \frac{40}{48} E. \frac{26}{39}

Soal 3: Bila m dan n adalah bilangan bulat positif dan memenuhi persamaan \frac{m}{12} + \frac{n}{5} = \frac{14}{15} maka m + n =

A. 3 B. 4 C. 5 D. 6 E.7

Soal 4: Diketahui ABCD adalah persegi panjang dan bahwa besar sudut BEC adalah 55^0. Bila x adalah bilangan yang menyatakan besar sudut AEB pada gambar berikut, maka \frac{x}{5} =

cpns.jpg

A. 12 B. 13 C. 14 D. 15 E. 16

Soal 5: Tom dapat mengerjakan lima buah soal tes CPNS ini dalam waktu 3 menit, Jerry dapat mengerjakannya dalam waktu 4 menit, dan Udin 6 menit. Bila mereka bekerja sama, berapa waktu yang mereka butuhkan?

A. 1 menit 20 detik B. 1 menit 30 detik C. 1 menit 40 detik D. 1 menit 50 detik E. 2 menit 20 detik

__________Selamat mengerjakan soal-soal ya….__________

Bagaimanakah caranya agar lulus tes CPNS?

Berdasarkan pengalaman, ngobrol-ngobrol dengan yang sudah pengalaman lulus tes CPNS, ngobrol-ngobrol dengan yang belum pernah lulus tes CPNS, ngobrol-ngobrol dengan para pegawai yang mengurusi ke-PNS-an, baca-baca berita tentang pelaksanaan dan hasil tes CPNS, dan gossip-gossip yang pernah saya dengar, maka saya bisa menyimpulkan ada dua cara agar kita yang berminat menjadi PNS lulus dalam mengikuti tes CPNS. Kedua cara tersebut yaitu cara biasa dan cara “tidak biasa”.

Seperti apa cara biasa dan cara “tidak biasa” itu?

Cara biasa: Namanya juga cara biasa, maka cara-cara yang dilakukan agar kita lulus tes CPNS itu tentunya sudah biasa dilakukan oleh banyak orang, sudah diketahui caranya secara luas, sudah umum dikenal orang. Caranya yaitu kita perlu mempersiapkan diri agar berhasil dalam menjawab dengan benar soal-soal tes CPNS. Persiapan tersebut meliputi persiapan fisik dan mental.

Persiapan fisik berarti kita persiapkan fisik kita agar selalu sehat minimalnya sampai tes CPNS itu berakhir. Tentu caranya sudah kita ketahui bersama. Sedangkan persiapan mental dapat dilakukan dengan cara berdo’a dan belajar (latihan menjawab contoh soal-soal tes CPNS sebelum tes yang sesungguhnya, banyak membaca buku-buku pengetahuan yang relevan dengan yang akan diujikan, boleh juga berdiskusi). Dalam persiapan mental ini seringkali tak cukup dilakukan sekali-dua kali saja, sehari atau beberapa hari menjelang tes saja. Tapi kita perlu tekun dan rajin, kita siapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Aktivitas berdo’a dan berusaha perlu seiring sejalan. Dengan berdo’a dan belajar yang cukup insya Allah soal-soal tes CPNS itu dapat kita jawab dengan benar (mungkin tak semuanya). Namun, kita perlu ingat dan sadar bahwa ada kalanya bagi kita yang rajin berdo’a dan belajar pun gagal alias tak lulus tes CPNS, apalagi yang tidak pernah berdo’a dan belajar. Dapat dikatakan, aktivitas persiapan ini serupa dengan aktivitas yang dilakukan siswa-siswa SD, SMP, atau SMA yang akan menempuh ujian akhir nasional (UAN).

Cara “tidak biasa”: Cara ini kebenarannya masih diragukan. Karena hanya berdasarkan kabar burung alias gossip yang pernah saya dengar yang belum tentu kebenarannya. Walau begitu saya akan tuliskan saja, sehingga Anda sudah dapat mengantisipasinya. Seperti apa cara “tidak biasa” itu?

Katanya, agar lulus tes CPNS itu kita perlu menyogok alias menyuap dengan uang berkisar 30 sampai 50 juta rupiah kepada oknum-oknum tertentu. Dengan cara ini kita tak perlu bersusah payah mempersiapkan diri dengan cara belajar dan berdo’a. Kita hanya perlu bersusah payah menyiapkan dana sesuai jumlah yang diminta oleh oknum-oknum yang terlibat tersebut. Siapa oknum-oknum itu? Wah saya juga tidak tahu tuh, tidak pernah mencoba sih. Lantas, apakah ada jaminan 100 % berhasil lulus tes dengan cara ini?

Ternyata, katanya, tak semua orang yang menyogok dengan sejumlah uang tersebut berhasil lulus tes CPNS. Ada juga yang kena tipu, dibohongi oleh oknum-oknum yang bertanggung jawab menjalankan tugasnya. Seringkali setelah menyetorkan uang tersebut tesnya malah gagal, naasnya uang pun raib disikat para oknum tadi. Akibatnya, yang menyogok hanya bisa gigit jari, tak berani melaporkan diri ke pihak yang berwajib. Sial memang lagi memayungi nasib mereka.

Dari dua cara tadi, saya hanya bisa mengajak Anda untuk memilih cara biasa. Sedangkan cara “tidak biasa” sama sekali tidak saya harapkan. Dan kalau boleh saya sedikit berkomentar, sebenarnya uang sogokan yang sekitar 30 sampai 50 juta rupiah itu saya perhitungkan terlalu kecil untuk menebus sebuah tanggung jawab yang sangat berat untuk menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) di negeri ini. Bila hanya uang sogokannya 30-50 juta rupiah saja, ini artinya dalam rentang sekitar 2 tahun uang tersebut sudah kembali ke tangan penyogok yang menjadi PNS tadi.

Kalau benar cara sogok-menyogok itu dilegalkan dan dibenarkan, saya merekomendasikan untuk membandrol uang sogokannya itu bukan 30 sampai 50 juta, tapi minimalnya Rp.1000.000.000.000,- Bila uang sogokan sebesar ini, kita bisa melakukan perhitungan begini. Misalkan masa kerja PNS yang menyogok tadi diperkirakan 40 tahun, maka uang yang akan mereka terima semasa itu dapat diperkirakan sebesar 40 x 12 x Rp. 2.000.000,- = Rp.960.000.000,- atau kurang lebihnya 1 milyar rupiah. Sehingga, uang sisa yang mereka setorkan sebagai uang sogokan tinggal sekitar 999 milyar rupiah, dan ini dapat dimanfaatkan oleh negara untuk pembangunan dan untuk kemakmuran. (Maaf ini cuma becanda saja. Hehe… 😀. Berapapun uang sogokan, tetap tidak boleh, dilarang keras, haram hukumnya).

Ya sudah segitu saja dulu. Silakan soal-soal di awal artikel ini dikerjakan sebagai latihan ringan. Soal-soal tersebut hanya sedikit contoh dari sekian banyak soal tes*** yang nanti akan Anda hadapi. Saya do’akan semoga Anda berhasil lulus tes CPNS. Amin.

Catatan:

*CPNS: Calon Pegawai Negeri Sipil

**Soal-soal di atas sengaja saya buat sebagai latihan permulaan bagi Anda yang berminat mengikuti tes CPNS. Soal-soal tersebut dibuat dengan mengacu pada beberapa soal latihan tes CPNS yang pernah saya baca dan saya pelajari. Bisa jadi soal tersebut lebih mudah daripada soal-soal tes CPNS yang sesungguhnya.

*** Soal-soal tes CPNS biasanya meliputi: tes bahasa (Indonesia dan Inggris), tes pengetahuan tata negara, pancasila, sejarah, hukum, undang-undang, dll. Contoh soalnya bisa seperti berikut ini.

Petunjuk: Pilih satu jawaban yang benar dari tiap soal berikut!

Soal 6: Dari kata-kata berikut ini yang mempunyai makna yang hampir sama dengan kata “terlihat” adalah…

A. Tampak B. Nampak C. Muncul D. Tenggelam E. Gelap Terang

Soal 7: Dari kata-kata berikut ini yang mempunyai makna berlawanan dengan kata “bergayut” adalah…

A. Berdikari B. Tumbang C. Swakarya D. Mandiri E. Bebas

Soal 8: Berikut ini adalah negara-negara yang pernah menjajah Indonesia, kecuali:

A. Portugis B. Inggris C. Spanyol D. Belanda E. Jepang

Soal 9: Nama-nama orang berikut ini yang tidak pernah menjadi presiden RI adalah…

A. Megawati Soekarno Putri B. Abdurrahman Wahid C. B. J. Habibie D. Muhammad Soeharto E. Soeharto

Soal 10: You can solve this test,…?

A. Are you B. Do you C. Can you D. Can not you E. Do not you

===================================================

Wajib dibaca:

Makin hari, makin banyak orang-orang yang secara tidak sopan menerbitkan ulang artikel saya ini. Mereka mempublikasi ulang tanpa menuliskan nama penulis dan sumbernya dan tidak memberi link sama sekali. Oleh karena itu, bila Anda menerbitkan ulang artikel ini, tolong minta ijin terlebih dulu ke saya. Bila Anda tidak minta ijin, saya tidak rela, saya tidak ikhlas, saya tidak mengijinkannya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih!!!!

47 Comments

Filed under Harapan, Iseng, Matematika, Matematika SMP

47 responses to “Cara Agar Lulus Tes CPNS*, Bagaimana?

  1. 1.C 2.B 3.E 4.C 5.D (Yang terakhir nebak! Lupa sih?? Pakai apa ya? Pakai Chain Rule ya?)
    6.A 7.E 8.C 9.E 10.D

    Bener berapa tuh?😀
    _________
    Al Jupri says: Hehe…maaf ya Pak ga usah dikasih tahu dulu bener berapanya ya…😀

  2. huihihi….klo dulu pasti saya langsung ambil pulpen ama kertas, sekarang liat aja udah lagnsung skip…
    ______________
    Al Jupri says: gpp ga langsung ambil pulpen and kertas sekarang, mungkin nanti-nanti aja.. hehe 😀

  3. cK

    wakakakakk…pertanyaan nomor 9 enggak banget😆

    btw itu beneran ada di soal tes cpns??😕
    __________
    Al Jupri says: Soal-soal di artikel ini sengaja saya buat mengacu pada contoh soal-soal tes CPNS + inget pas dulu saya ikutan tes CPNS. Jadi, belum tentu beneran ada di tes CPNS sesungguhnya, yang pasti mirip-mirip gitu deh…. Hehe…😀

  4. Nayz

    weleh…..PSIKOTES ya..

  5. makasih atas postingannya………

  6. ah pantesan dulu aku tak diterima2 jadi CPNS sebab dua cara itu tak ku miliki. Cara biasa: soalnya angel2 (bablas) cra kedua: tak mau nyogok (bablas) akhirnya aku pake cara ketiga: “siap u tidak diterima”. Nah dengan pake jurus ketiga itu, saya lega tak diterima pun… heheh🙂

  7. halah2 kalo kesini pasti ajah bawaan pusing hehe

  8. #Nayz: Bisa dikatakan seperti itu (tapi saya hanya buat sedikit soal saja, cuma contoh. Itu juga buatnya ga terlalu serius, cuma iseng aja).

    #Neo Forty-Nine: Makasih juga atas kunjungannya…

    #Kurtubi: Wah masukan yang bagus nih mr Kurt (saya engga ngebahas jurus ketiga euy…). Klo semuanya jadi pns kasihan negara, harus bayar gaji… banyak yang bisa hidup jauh lebih baik ketimbang pns kok… (pantesan mr Kurt tenang ya..?):D

    #duh Jungjunan: makasih udah mampir. Eh bawa pusingnya pada saat ke sini atau pada saat mau meninggalkan blog ini?😀

  9. Ai…Mak Jang!!!
    Udah Blajar slama ini aja masih kewer-kewer.
    Trus gimana lagi kalo ga blajar?!
    Babay lah PNS………………….

  10. Jawabannya mana pak???
    Penasaran neh……………………………………………

  11. test cpns bkin pusing az

  12. zha

    thanks ya atas masukannya

  13. wah..wah..wah… walau gaji tidak bisa dibilang besar (kecuali posisi tertentu), peminat PNS banyak juga ya, sampai ada berani bayar 30-50jt segala (padahal salah satu tujuan bekerja kan untuk cari uang, bukannya bayar). Menurutku siih dari pada bayar 30jt buat jadi PNS mending buka usaha aja dengan modal segitu ok lah buat merintis usaha dari bawah😀 .

  14. genduk

    aq lg bljr mtk dasar neh, pjm buku anak smp tetangga. Soal no.1 aja aq nggak ktm jwbnya..

  15. myr

    blm pernah ikut tes c…tp q br kan memulainya thn ini, tptny tgl 12jan,. thanks ya tas infoNy..

  16. cantix

    waduh……. pusing bgt liat soalnya aja rsnya pgn pingsan pa lag ngerjain ya pingsan beneran deh…. he he he…

  17. cenil

    weleh weleh…. itu soal kayak jin aja, serem banget jd takut mo ngerjainnya.. bener gak ya….
    tp thanks banget paling tdk ku dah tau gambarannya

  18. sangat sukar tesnya,
    uda test 1 kali belum lulus

    **Cape deh**
    tlg bantu ya , kalo ada yg tau solusinya karena saya tertarik banget kerja jadi PNS,

    Million thank you on this case

    Love & peace
    Ann

  19. wahyudi

    klo bisa dgn kunci jawabannya juga ya pak….

  20. Hasugie Cikembar

    Al, nie hasugie orang sukabumi angkatan 2000 math. kalo boleh usulin pas tes cpns ada soal matematika kaya gini biar ketahuan transparannya!!
    ___________
    Al Jupri: Hai, Dan, kamu Hamdan kan? Iya, saya sangat tahu and kenal sama kamu. Apa kabar nih? Gemana ngajarnya? Eh, kabar temen-temen gemana? Salam ya ke temen-temen…😀

    MMmmm, waktu dulu, saat test CPNS ada soal-soal matematikanya kok, ga tahu yang sekarang… ada engga?

  21. Asslm WR WB
    Mas Jufrie and kawan2, i ada info ni 4 onformasi Tes CPNS 2008 di Bulungan, Formasinya banyak sekali terutama di dinas pendidikan dibutuhkan 212 guru yangmana harus mempunyai akta IV, bila ndak ada halangan untuk tes nya bulan Oktober 2008 tanggal 20anlah.Bila kawan2 mo nyoba bisa hub i di 085232826216, syarat KTP nasional n Kartu Kuning, Thanks mas jufrie
    Wassalm WR WB

  22. anggi

    pak,,kl lulusan sma tar waktu pengangkatan jabatannya jadi apa dunk???

  23. soal ter akhir HM Soeharto kayaknya

  24. Hasugie

    that right al, aku Hamdan Sugilar alhamdulillah ngajar di SMA 4 Sukabumi. Tmen 2 sehat n ada yang dah pada married. Ada planning mau reuni tuk angkatan 2000!! lagi dimana sekarang? Al saya minta SMART SOLUTION MATHEMATIC bab apa aza ! thanks

  25. chacha

    ass,
    wah makasi y contoh soal’y tar cha coba isi,mga aja tar klo ada pnggilan test ada 1 2,hehe.
    tpi qo pzink jg y?

  26. setelah baca coment jadi makin pusing, apa ni emang efek mau di bukanya tes CPNS, he…….he…..

    Thank infonya……

  27. soale tes cpns ky gt to?????
    br th…….
    mirip soal stan y….., tp tes k1 Q g katut…hiks
    tp ttp smagt
    (aneh)
    lupakan sj
    cont soal ttg tt ngr k g da??????
    kurang komplit……..

  28. ngapunten supe
    matur nuwun damel infonipun
    sugeng sonten
    ??????????????????????????????????????

  29. Nenee

    Thank’s bgt contoh soal2nya, aq lg belajar ngerjain nich, br mo nyoba cpns kali ini….

  30. Gita Melati,S.Pd

    pusiiiiiiiiiiing….
    knapa ya ko CPNS pada yg berminat?

  31. Pingback: Cara Agar Lulus Tes CPNS, Bagaimana? | Info HRD

  32. Nash

    Doa kan aku ya moga lulus tes PNS…
    Thanks Info nya…

  33. Joe

    Uhukk…hmm aq baca sambil batuk2…(baca aja loo!) oh ya.. u/ jadi PNS ndak harus pinter kok…tapi faktor keberuntungan dan target posisi yang akan diambil beserta ijasah kita harus PASSS!!
    artinya :
    1.”ijasah yg qta punya jarang orang lain punya dan pada waktu penerimaan ada posisi yang pas dengan ijasah qta yang ndak semua orang punya,”
    2. “Cari kota yang kemungkinan saingannya tdk terlalu padat.

  34. pusing…
    lihat tv dulu ah…

  35. gimana caranya lulus PNS tanpa nyogok??? bisa aja, buktinya banyak yg lulus. Yang gak lulus kalo sudah berusaha dll termasuk berdoa, berarti rejekinya di tempat lain. Rejeki dah ada yang ngatur.

  36. saya ingin sekali ikut test cpns.

  37. kapan ya saya bisa lulus pns

  38. beni

    trimakasih atas tipsnya,
    saya lulus test di politeknik tahap 1, besok wawancara, gimana ya tipsnya…

  39. tyut

    sy sangat butuh contoh soal cpns dan jawabnya

  40. Mamaz Sintang

    soal-soalnya sngat berguna…

  41. Kok Soalnya lebih mudah dari soal tes masuk PTN sich, bukannya test CPNS seperti itu untuk formasi lulusan perguruan tinggi, lalu apa gunanya kuliah?

  42. ima

    klo contoh soal yang meliputi sebab akibat ada g yaaa? kl bs bserta jwbnya. hehe..

  43. pesona

    detik2 menjelang tes cpns..,dah bikin runyam hati,& pikiran ni..,bagi2 tips donk..biar g nervous……,,hihihihi

  44. Sri nurhayati

    Pak jupri, sy ponakan Pak turmudi dosen mtk upi yg kul Di pgsd dl. Msh inget g? Skrg sy Di pandeglang. Suami asli banten . Oia . Blh sy mnt soal2 test cpns? Kl bkenan krm ke email y. Bln Sept ini sy mo cb tes lwt jlr honor Kate 2. Makasih sblmnya y Pak

  45. *DOWNLOAD SOFTWARE SOAL-JAWAB CPNS GRATIS*

    Just share aja, bagi sobat yang ingin belajar dan mempersiapkan diri untuk tes CPNS, silakan download & instal software simulasi CAT gratis untuk tes CPNS di:

    http://fjb.kaskus.co.id/product/53f5e61b31e2e6126c8b4585/download-software-cat-cpns-gratis

    Semoga bermanfaat dan dapat membantu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s