Tom Ikutan Tes (Petualangan 1)

Oleh: Al Jupri

Kali ini Tom sudah duduk di bangku SMP kelas dua.

Siang itu, setelah usai pelajaran terakhir, waktunya pulang. Tapi, Tom tak langsung pulang ke rumahnya. Ia sempatkan mampir ke kios koran dekat depan sekolahnya. Tom iseng-iseng membeli koran dengan uang jajannya yang tak ia pakai.

Sesampainya di rumah, setelah sholat, Tom pun mengulas pelajaran yang sudah didapatnya pagi tadi. Selesai belajar, Tom segera membaca koran yang dibelinya. Halaman utama yang dibaca Tom cukup menarik perhatiannya. Selain karena ditulis dengan ukuran huruf yang besar, judulnya pun sangat menarik. Yaitu: “Presiden Kebakaran Jenggot!

Tom tak langsung membaca isi beritanya. Ia tertegun beberapa saat. Setahu Tom, presidennya itu tidak pernah terlihat ada jenggotnya, selalu bersih dan rapih. Tapi kok, “kenapa jenggot presiden terbakar ya?”, pikir Tom. Kemudian, ia baru sadar, setelah ia ingat pelajaran bahasa Indonesia. “Kebakaran jenggot” itu artinya banyak. Bisa berarti jenggotnya benar-benar terbakar. Bisa juga diartikan “mendapat malu”. Mengerti arti judul yang dibacanya, Tom pun segera membaca isi beritanya.

Lelah membaca berita-berita di koran, Tom pun terlelap, tidur. Dalam tidurnya, Tom bermimpi. Mimpinya itu begini.

Tom berada di tempat tes, sedang mengerjakan tes yang memperebutkan satu posisi, siapa yang layak mendampingi Nasrudin Hoja dan Gus Dur yang akan berpetualang berburu “pengetahuan dan harta karun” ke negeri-negeri seberang.

Dalam tes tersebut, banyak bocah-bocah cerdas dan jenius yang jadi pesaing Tom. Walau Tom anak biasa, engga jenius, ia ikutan saja. Namanya juga mencari keberuntungan, mumpung ada kesempatan. Maklum, Tom ini adalah penggemar cerita-cerita Nasrudin. Makanya ia nekat saja ikutan tes ini, tak peduli banyak saingannya. Tes yang sedang diikuti Tom ini baru tes pertama, tes tertulis.

Oh iya, banyak sekali soal-soal tes yang harus dijawab Tom. Beberapa soal yang diteskan itu, di antaranya seperti ini.

Soal 1: Ada berapa banyak persegi panjang yang ada pada gambar berikut? Berikan penjelasannya!

persegi.jpg

Soal 2: Bila diketahui data berikut:

1 # 2 = 4

2 # 3 = 12

3 # 4 = 24

Maka tentukan nilai dari 2 # 4 =… dan 1#3 =…. Berikan penjelasan secukupnya!

Soal 3: Bila 3 bebek bertelur sebanyak 4 butir telur selama 5 hari. Berapa hari bila 12 ekor bebek bertelur sebanyak 48 butir (kecepatan bertelur bebek itu sama)? Berikan penjelasan secukupnya!

Akhirnya, waktu tes pun berakhir. Tom sudah berusaha menjawab soal-soal yang diteskan dengan semampunya. Sekarang tinggal menunggu pengumuman saja, pada cerita berikutnya.

Nah begitu ceritanya wahai pembaca, kita do’akan saja mudah-mudahan Tom lulus tes tersebut. Dan kita nantikan cerita selanjutnya. Ok?

 

7 Comments

Filed under Cerita Menarik, Cerpen, Matematika, Matematika SMP, Sastra

7 responses to “Tom Ikutan Tes (Petualangan 1)

  1. zainurie

    Yapppp…..Saya do’akan semoga Tom lulus…., tapi Tom mengerjakan sendirikan?….bukan hasil contekan atau bocoran teman……

    Al Jupri says: Iya soalnya ini bukan UAN

  2. Wah.., pak Jupri nih buat cerita mimpi kok bersambung… emang mimpi bisa disambung lagi gitu???….๐Ÿ˜†

    Al Jupri says: Mimpi Tom belum selesai Pak. Tom kan belum bangun… hehe… (insya Allah, ceritanya bisa nyambung sampai 1001 cerita, kayak cerita 1001 malam saja).

  3. waduh.. untuk mendapatkan 48 butir telur nunggung lama juga.. 42 hari… bebeknya 12 ekor sih.. kalau bebeknya 24 kan lebih cepat.. MIMPI Aneh……

    Al Jupri says: Bukan 42 hari…..(kelamaan ini mah…). Kok aneh, biasa aja lagi, namanya juga mimpi …..hehe

  4. Ketika ruangan sudah kosong, pak Katro merapikan dan menyapu ruangan test. Tetiba dia menemukan secarik kertas coretan dengan nama โ€˜Tomโ€™. Dengan penasaran dibukanya kertas tsb, isinya :
    No.1: Ada 10 buah psg panjang (alasan: kotak 3 x 2 = 1 bh; 2 x 1 = 7 bh; 3 x 1 = 2 bh).
    No.2: 2 # 4 = 16 ; 1 # 3 = 6 (alasan: sebab variabel # = dikali 2, shg 2 # 4 = 2 x 2 x 4 = 16).
    No.3: 12 bebek bertelur sebanyak 48 butir selama 15 hari (alasan: dimisalkan 3 bebek = 1 kelompok bertelur 4 butir selama 5 hari. Maka untuk 12 bebek adalah = 4 kelompok yang bertelur sebanyak 4 x 4 = 16 butir selama 5 hari. Dengan kecepatan 16 butir/5 hari, maka 4 kelompok bebek tsb perlu waktu 48/16 kali 5 hari = 15 hari)
    Kertas tsb disimpannya, kemudian ditunjukkan kepada saya kemarin sambil bertanya:โ€Mas, kira-kira si Tom lulus nggak ya?โ€. OK, pak Katroโ€ฆ, yang berhak menjawab tentunya Ki dalang. Gimana pak Jupri??

    —————————————————————————-
    Al Jupri says: Untuk hasil coretan no 1 sepertinya tidak lengkap (belum tepat). Untuk coretan no. 2 jawabannya sudah benar (walaupun ada jawaban lain yang juga benar, tergantung alasannya). Untuk jawaban no. 3 ya benar. (jadi Tom lulus, tuh busa dilihat cerita berikutnya. Heheโ€ฆ

  5. subhanallah, pantesan untuk soal si TOM aja bikin kelimpungan saya… padahal TOM itu baru SMP. Lah aku dah tua gini gak bisa segitu… hmmm

  6. little_@

    soal no 1 belum da yang jawab ya? kalau aku jawab ada 13 persegi panjang, gimana?
    alasan: ihhhhh kok jadi bingung sendiri ya…. banyak banget.ga jadi 13 deh.
    atau…. jumlahnya sama dengan permutasi dari enam sama satu. enam karena jumlah kotaknya 6 dan satu karena setiap satu kotak dah bisa jadi persegi panjang. ihhhhhh… kelihatan ngarangnya. Tom pasti ga lulus kalo jawabnya nyontek ma aku.

  7. bikin dong cara membuat kubus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s