Dasar Oneng!

Oleh: Al Jupri

Suatu hari, si Oneng (tokoh dalam drama Bajaj Bajuri) disuruh suaminya (Bajuri) untuk membeli sebungkus korek api. Sebelum membeli, Oneng diberi pesan tertentu oleh suaminya itu, yaitu untuk mencoba korek api yang dibelinya, agar tidak terkecoh mendapatkan korek api yang jelek. Singkat cerita, pergilah Oneng ke warung haji Nasir untuk membeli korek api yang diminta Bajuri. Tak lama kemudian Oneng kembali dengan wajah yang berseri-seri dan sambil nyengir menyerahkan kotak korek api, dan berkata, “Korek api ini bener-bener bagus Bang, semuanye udeh Oneng coba, semuanye nyale Bang.”

Bajuri dan bahkan orang lain pun, saya kira tidak bisa menyalahkan proses penarikan kesimpulan yang dilakukan Oneng tersebut. Kalau menurut Anda bagaimana?

Kemampuan untuk membuat kesimpulan merupakan salah satu aspek penting yang dipelajari dalam matematika di sekolah, misalnya ketika membahas topik statistika. Tapi sayangnya, statistika yang dipelajari di sekolah lebih berkutat pada hitung-menghitung yang seringkali menjemukan, membuat orang enggan mempelajarinya. Sedangkan aspek penarikan kesimpulan, nyaris tak dibahas secara mendalam padahal termasuk dalam kurikulum. Apa sebabnya ya?

9 Comments

Filed under Cerita Menarik, Matematika SMA, Sastra

9 responses to “Dasar Oneng!

  1. dah dicoba semua? wah habis tuh,
    btw pesan yang anda sampaikan benar, berkutat dengan hitungan menjemukan, perlu ada cara lain untuk memberikan penalaran matematika kepada mereka

  2. Kalo Oneng sih emang gak cerdas dari semua segi, bukan hanya statistik nya saja…

  3. penarikan kesimpulan tidak semata diliaht dari premis, atau hitungan statistika yg ruwet itu tapi juga liat realitas yg ada, jangan langsung percaya hasil olah data statistik

  4. pusing aku. saat baca cerita oneng otakku langsung fresh. nah, pas penarikan kesimpulan langsung down. berarti 1 + 1 sama dengan nol atau minus aku ya?

    btw, salam kenal.

  5. menurut pengalaman pribadai, penanaman konsep dalam pengerjaan matematika agak sulit. hal ini akan terbantu dengan banyak latihan…

  6. Wah jadi pengen nonton bajaj bajuri lagi nich. udah lama gak nonton.

    Al Jupri says: iya nih saya juga udah lama gak nonton

  7. fahrul

    sangat bagus a

  8. fahrul

    sangat bagus apalagi ada gamenya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s