Gus Dur pun Tertawa

Oleh: Al Jupri

Semasa Gus Dur jadi presiden, beliau pernah berkunjung ke sebuah sekolah dasar (SD). Di SD tersebut Gus Dur pun mengadakan dialog, dengan kepala sekolah, guru-guru, siswa-siswa SD itu, dan masyarakat sekitar tentunya. Waktu itu, kebetulan saya ikut menyaksikannya. Terjadilah diskusi yang menarik. Dengan lagak humornya, Gus Dur sering mengundang tawa para penonton waktu itu. Ada satu obrolan pendek yang paling menarik waktu itu. Antara seorang siswa SD yang terkenal bandel, namanya Tom, dan Gus Dur.

Begini dialognya….

Tom: “Pak presiden, boleh nanya engga?”

Gus Dur: “Ya, mau nanya apa Tom?”

Tom: “Waktu kecil pernah dihukum gara-gara matematika engga?”

Gus Dur: “Kamu pernah engga?”

Tom: “Saya sih biasa….”

Gus Dur: “Saya juga biasa.”

Tom: “Biasa dihukum ya Pak presiden?”

Gus Dur: “Ya biasa dihukum, gara-gara suka tidur di kelas.”

Tom: “Kalau saya pernah dihukum gara-gara ga bisa jawab soal 15 + 12 =…. ”

Gus Dur: “Gitu aja kok repot! Emang kamu jawabnya bagaimana?”

Tom: “Saya jawabnya 15 + 12 itu 26.”

Gus Dur: “Oooh… terus gurumu ngomong apa ke kamu?”

Tom: “Kata guru saya, jawaban saya salah. Jawaban yang benarnya 27.”

Gus Dur: “Terus kamu terima saja?”

Tom: “Saya sih ngaku salah ke pak guru, tapi jawaban saya kan cuma kurang 1 saja. Biasanya kan, kata di berita-berita, kalau cuma kurang sedikit itu ga apa-apa?”

Gus Dur: (Kali ini Gus Dur yang tertawa terkekeh-kekeh)

Tom: ” Kenapa pak presiden ketawa?”

 

Belum sempat dialog itu berlanjut, eh saya bangun deh dari mimpi saya.

Leave a comment

Filed under Iseng, Matematika SD

Leave a Reply

