Anak Kecil Bicara Angka 7

Oleh: Al Jupri

Di sebuah ruang kuliah, seorang dosen bertanya ke mahasiswa-mahasiswanya. Begini katanya, “Apa yang bisa kamu katakan dengan angka 7 ini?” Ia tunjuk mahasiswanya satu persatu untuk mengemukakan jawabannya. Tiap kali mendengar jawaban mahasiswanya, ia tidak puas. Padahal ia sudah berusaha mengarahkan mahasiswanya untuk menjawab pertanyaan itu sesuai yang ia harapkan. Sia-sia rupanya. Sang dosen itu tak puas karena jawaban mahasiswanya begitu-begitu saja.

Di lain waktu, ia melakukan sebuah penelitian ke siswa kelas 1 SD. Ia bekerja sama dengan guru kelas untuk mencobakan “teori”nya tentang pembelajaran matematika. Ia sendiri yang mencobakan teorinya itu, dengan mengajar anak-anak SD tersebut. Sehari, dua hari, sampai tiga hari penelitian berjalan lancar. Di hari ke empat ada siswa yang tidak mau sekolah. Dengar kabar dari orang tuanya, bahwa siswa tersebut tidak mau gara-gara katanya guru yang mengajarnya sedikit “aneh”.

Wah, sang dosen jadi “enggak enak bodi” jadinya. Sang dosen berfikir, menduga-duga, dengan sedikit khawatir kalau-kalau penelitiannya itu akan dibatalkan oleh pihak sekolah gara-gara ada masalah tersebut. Ia kemudian berinisiatif mendatangi siswa yang tidak mau sekolah tersebut.

Dengan didampingi guru kelas yang ia ajak kerjasama itu, sampailah di kediaman siswa (anak) yang tidak mau sekolah tersebut. Di rumah sang anak, sang dosenpun bertanya ke orang tuanya. Apa jawaban orang tua anak itu? Begini jawabannya, “Sebenarnya kami juga tak tahu pasti kenapa anak saya tidak mau sekolah lagi. Saya sudah tanya alasannya ke anak saya. Tapi, anak saya nyaris tak mau bicara. Anak saya hanya mengatakan bahwa guru barunya itu aneh ngajarnya. Selain itu saya tak bisa dapat jawaban apa-apa dari anak saya itu. Padahal sudah macam-macam cara dilakukan. Ditanya baik-baik, dirayu, dikasih hadiah, semuanya sia-sia.”

Mendengar keterangan itu, guru kelas (kebetulan ibu-ibu) yang sudah akrab dengan siswanya tersebut minta ke sang orang tua untuk mencoba bertanya. Dengan senang hati, tentunya diperbolehkan. Bu guru bertanya ke sang anak (namanya Tom), “Tom, kenapa ga mau sekolah?” Dengan wajah sedikit ragu-ragu, “Saya maunya diajar sama Bu guru, bukan sama yang …,” Bu guru bertanya lagi, “Kenapa sayang…?” Berulang kali pertanyaan ini diajukan, berulangkali pula Tom tidak mau menjawab. Bu guru tak kehabisan akal.

Kali ini, Bu guru mengajak bicara empat mata dengan Tom. Lagi, Bu gurupun bertanya hal yang sama. Jawaban Tom begini, “Wah, guru yang itumah pembohong Bu…, kemarin ngajarin bahwa 7 itu 3 + 4; dua hari yang lalu mengatakan 7 itu 5 + 2; dan tiga hari sebelumnya mengatakan 7 itu 6 + 1, mana yang benar?” Bu guru hanya bisa melongo, sulit berkata-kata, sulit bagaimana mengajarkan kebenaran.

3 Comments

Filed under Matematika, Matematika SD, Pembelajaran, Renungan, Sastra

3 responses to “Anak Kecil Bicara Angka 7

  1. DJ

    Bagaimana kalau dimulai dari 7 obyek lalu di-split menjadi 2 bagian yang bervariasi.
    Mungkin yang pertama jadi 5 dan 2
    Lalu 3 dan 4 , dsb
    Sebelum dipisah si Tom ditanya dulu ada berapa banyak keseluruhan obyek (harapannya tentu saja Tom jawab ada 7) lalu setelah dipisah (jadi 3 dan 4, misalnya) si Tom ditanya lagi masing2 ada berapa.
    Kemudian lakukan splitting yang lain (masih dengan menggunakan obyek yang sama), misal 2 dan 5.
    Lalu tanya Tom, “apakah 3 dan 4 sama dengan 2 dan 5?”
    hehehe…ngaco ya jawabannya?

  2. Untuk DJ: Ide yang bagus. Silakan dicoba saja. Hehehe…

    Eh boleh tahu engga, DJ itu siapa ya?

  3. Memang untuk mengatakan kebanran pada seseorang gampang2 susah. Jadi Intinya Kebenaran itu adalah abstrak, tergantung dari sudut mana dia melihat dan menilainya Kebenaran itu sendiri.
    Ibu Gurunya benar : bahwa 3+4 = 7 dan 5+2=7 / 6+1=7 tetapi karena pemikiran seseorang yg masih murni dan polos dia tidak lagi berpikir secara luas, sebab dan akibat dari hasil 7 (tujuh) tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s