“Rahasia” Teka-teki Matematika

Oleh: Al Jupri

Berikut ini satu contoh teka-teki yang sangat terkenal*. Sering dipakai oleh banyak orang untuk berteka-teki. Walaupun “angka-angka” dan konteks yang dipakai dalam teka-teki berikut ini seringkali berbeda, tetapi prinsip teka-tekinya tetaplah sama**.

Tiga sekawan masuk ke hotel untuk menginap. Kata petugas, harga sewa kamarnya Rp. 300.000. Masing-masing mengumpulkan uang Rp. 100.000 untuk membayarnya. Setelah ketiga orang tadi pergi menuju kamar, sang petugas sadar bahwa harga sewa kamarnya seharusnya cuma Rp. 250.000.

Kemudian sang petugas meminta Bel-boy untuk menyerahkan uang Rp. 50.000 kepada ketiga orang tadi. Karena uang Rp. 50.000 berbentuk pecahan Rp 10.000, si Bel-boy hanya menyerahkan uang kepada ketiga orang tadi sebesar Rp. 30.000, sedangkan yang Rp. 20.000 disimpan untuknya. Uang yang Rp. 30.000 tersebut dibagi-bagi ke tiga orang tadi, masing-masing Rp.10.000.

Sehingga, bila dihitung-hitung, masing-masing orang hanya membayar Rp. 90.000. Jadi, bertiga sebenarnya membayar 3 \times Rp. 90.000 = Rp 270.000. Bila ditambahkan ke uang Rp. 20.000 yang dipegang si Bel-boy, maka jumlahnya Rp. 290.000. Lantas yang Rp.10.000 lagi ke mana?

Bagaimana, apakah Anda dapat memecahkan teka-teki tersebut? Bila belum, Anda boleh membaca pemecahannya seperti uraian berikut. Bila Anda dapat memecahkannya, saya ucapkan selamat atas keberhasilannya. Namun Anda pun boleh membandingkannya dengan cara pemecahan berikut ini.

Sebenarnya uang yang Rp. 10.000 tidak pergi ke mana-mana. Tidak hilang, tidak lenyap. Jumlah uang yang beredar di teka-teki tersebut tetap saja Rp 300.000. Tapi apa buktinya? Mari kita hitung perlahan-lahan.

Uang yang diterima petugas mula-mula Rp. 300.000 kemudian diserahkan ke Bel-boy Rp. 50.000 sehingga uang yang kini dipegang petugas Rp. 250.000.

Oleh Bel-boy, uang sebesar Rp. 50.000 cuma diserahkan sebesar Rp. 30.000 ke ketiga orang tadi. Sehingga si Bel-boy sekarang memegang Rp. 20.000.

Karena ketiga orang tersebut menerima kembali uang mereka sebesar Rp. 30.000 dan masing-masing orang kebagian Rp. 10.000, maka ini artinya mereka masing-masing mengeluarkan uang Rp. 90.000. Karena ada tiga orang, ini artinya mereka bersama mengeluarkan 3 \times Rp. 90.000 = Rp. 270.000. Nah, jumlah uang ini sama dengan uang yang dipegang petugas (Rp. 250.000) ditambah uang yang sekarang dipegang Bel-boy (Rp. 20.000), yaitu Rp. 250.000 + Rp. 20.000= Rp. 270.000.

Nah, bila uang Rp. 270.000 itu kita tambah dengan uang yang diserahkan ke ketiga orang tadi, yaitu Rp. 30.000 maka jumlah uang yang beredar pada teka-teki tersebut adalah tetap, yaitu Rp. 300.000.

Walaupun teka-teki tersebut biasanya hanya untuk selingan ketika kita ngobrol dengan teman-teman, di warung kopi misalnya, tapi teka-teki semacam ini bisa bermanfaat bila diterapkan di dunia pendidikan kita. Setidaknya, bisa digunakan untuk memancing siswa agar tertarik pada pelajaran matematika atau bahasa.

Lantas, apa saja guna teka-teki tersebut bagi dunia pendidikan kita, bagi siswa-siswi kita di sekolah? Bila memang berguna bagaimana menyajikannya?

Menurut saya, teka-teki semacam ini, selain dapat digunakan sebagai selingan pada pelajaran matematika, juga dapat digunakan pada pelajaran bahasa. Kenapa? Karena dalam teka-teki ini kecermatan penggunaan kata dan kalimat sangat berperan dalam memahami dan menyelesaikan masalah pada teka-teki ini.

Dengan perkataan lain, teka-teki ini selain mengajari kelihaian bermatematika juga mengajari keterampilan “bersilat kata” dalam pelajaran bahasa. Jadi, untuk kasus teka-teki ini, terlihat jelas kaitan antara pelajaran matematika dan bahasa, yang sama-sama merupakan “sarana” untuk berfikir, bersilat “angka” dan bersilat “kata” dalam waktu yang nyaris bersamaan***.

Oh, iya. Bisa jadi teka-teki semacam ini dapat digunakan untuk menarik minat masyarakat pembaca yang katanya pusing bila berhadapan dengan “angka-angka biasa” dalam matematika, tapi tidak pusing bahkan senang bila berhadapan dengan “angka-angka” yang terkait dengan uang. Mungkin teka-teki semacam inilah yang bisa dijadikan contoh bagi macam pembaca tersebut. Semoga!

Oh, iya lagi. Untuk kali ini saya sengaja tidak menyajikan ide dan cara bagaimana teka-teki ini disajikan dengan menarik pada siswa-siswi di sekolah. Oleh karena itu, saya nantikan pendapat Anda sekalian, khususnya bapak atau ibu guru matematika atau bahasa. Sekali-kali boleh juga bukan? Saya undang Anda untuk menyumbangkan ide dan sarannya, di kolom komentar tentunya. Atas sumbangan ide dan sarannya saya ucapkan terimakasih. :D

=======================================================

Ya sudah segitu saja ya untuk pertemuan kita kali ini. Sampai jumpa di tulisan berikutnya. Mudah-mudahan bermanfaat. Amin.

Catatan:

*Sumber: Kafe Ketawa Ketiwi , dengan modifikasi di sana-sini.

**Teka-teki yang serupa pernah disajikan di blog Buku Bekas.

*** Bila kita “teliti” lagi, teliti membaca teka-teki tersebut (yang saya modifikasi dari situs Kafe Ketawa Ketiwi), sebenarnya ada sedikit kejanggalan, yakni janggal karena melanggar “kebiasaan”. Apa itu? Ya, kejanggalannya itu begini. Biasanya, bila kita masuk untuk menginap di hotel, berdasarkan pengalaman, hampir tidak pernah langsung ditarik bayaran. Biasanya pembayaran hotel itu dilakukan bila kita akan keluar hotel. Betul? :mrgreen:

About these ads

215 Comments

Filed under Iseng, Matematika, Matematika SD, Matematika SMP, Pembelajaran, Pendidikan, Pendidikan Matematika, Renungan, Sastra

215 responses to ““Rahasia” Teka-teki Matematika

  1. Iya ya…. masalahnya sederhana tapi canggih juga ternyata. Hehehe….
    Mungkin karena sekawanannya ada 3 orang, jadinya ada faktor-faktor pembulatan gitu loh!
    Mungkin kalau sekawanannya ada 4 orang, mungkin nggak ada kasus seperti itu, mungkin ya! Maklum deh belum dicoba, habis baru bangun tidur sih! Hehehe…..
    ___________
    Al Jupri says: Saya tunggu hasil “percobaan”nya, Pak. :D

  2. Menurut saya, teka-teki semacam ini, selain dapat digunakan sebagai selingan pada pelajaran matematika, juga dapat digunakan pada pelajaran bahasa.

    Benar mas .. untuk belajar logika atau sebab akibat. Yang ingin saya tanyakan .. nulis angka2 itu pake Latex ya mas?
    ______________
    Al Jupri says: Ya, belajar memecahkan teka-teki semacam ini, selain kemampuan matematika kita terasah, kemampuan bahasa juga makin terampil, dan tentunya kemampuan berfikir logis (logical thinking) pun makin baik. Oh, iya. Betul, Pak, pake LaTex. :D

  3. Klop sudah. Jadi, antara bahasa dan matematika memang memiliki kaitan yang sangat erat. Menurut hemat saya, kalau ada yang mempertentangkan antara bahasa dan matematika itu opini yang keliru. Paling tidak, orang yang kemampuan bahasanya bagus, matematika biasanya juga OK. Tapi itu kok nggak berlaku buat saya, ya, Pak. Saya itu senang matematika, tapi nilai saya dulu waktu di SPG selalu “hancur” …. :D
    _____________
    Al Jupri says: Ya, benar, Pak. Keduanya terkait erat. Bahasa (verbal) dan bahasa matematika keduanya merupakan “alat” untuk berpikir. Kalau kaitan antara penguasaan bahasa dan matematika, saya belum tahu tuh, Pak. Sering terjadi, orang yang pandai matematika tapi kemampuan bahasanya kurang, begitu juga kebalikannya. Tapi, banyak juga yang kemampuan keduanya seimbang. Tapi, saya pikir setiap orang punya kelebihan. Yang penting kelebihan kita di bidang tertentu itu, ya itulah yang semestinya kita optimalkan. :D

  4. Inget soal ini pernah ditanyain sama temen saya…
    Jawab saya : ah, itungnya yang bener dong mba, hehe…
    ________
    Al Jupri says: Ya, setuju, ngitungnya harus bener. Salam kenal ya… :D

  5. Senang deh membaca tulisan kayak begini,mengasyikan.
    ________
    Al Jupri says: Terimakasih mba… :D

  6. Huahuahuha, tiap datang kesini, jidat berkerut kerut…… gak bisa fast reading, butuh perhatian khusus….
    _________
    Al Jupri says: Huahahaha juga…, memang membaca tulisan apapun butuh perhatian khusus. Tak bisa selewat-selewat kalau ingin mengerti (apapun itu). Hehehe.. :D

  7. Dua tulisan Sampeyan saya edit ya … untuk dimuat surat kabar (ngak ada honornya, ngak pa pa ya), dan tolong CV. Kalau sampeyan kirim berarti OK.
    _________
    Al Jupri says: Silakan, Pak. Ntar saya kirim, segera. Terimakasih ya, jadi seneng, dapat apresiasi seperti ini :D

  8. Teka-teki di atas juga melatih persepsi dan sudut pandang seseorang dalam melihat suatu permasalahan.
    _________
    Al Jupri says: Ya, setuju Cak Alief. Sudut pandang dalam memahami dan menyelesaikan suatu permasalahan. :D

  9. aku dulu jg pernah di ksih tebakan yang demikian. msti ceritanya beda dan nominalnya hnay ribuan. anehnya juga yg kasih tebakan juga gak tahu jawabannya. setelah tak pikir2 dan lama merenung,krna aku juga hobi matematika, alhamdulillah ketemu juga, kalao dilahat cermat hanya pertanyaannya yang salah. kenapa juga tanya sisanya kemana bukan menjelaskan dulu pa benar pengoperasiaanya.
    aku dulu juga pernah kasih tebakan ni ke murid2 PPL ku, ternyata ada yag bisa jawab dengan benar. akhirnya aku harus ganti dengan hadiah permen satu bungkus, karna aku tlah janji.
    tapi aku yakin masih bnyak yang belum tahu tebakan ni pa lagi jawabannya.
    _________
    Al Jupri says: Ya setuju mas. Cerita dong pengalamannya itu, bagaimana strategi penyampaiannya ke siswa? Salam kenal ya…. makasih sudah berkunjung ke tempat ini. :D

  10. Teka teki ini mengarahkan ke perhitungan yang enggak valid.. sebuah mind-trick!
    _____________
    Al Jupri says: Ya, mind trick yang sederhana, tapi luar biasa, kereeen! :D

  11. little_@

    lama ga berkunjung,…
    sekali datang dapat kejutan…
    Hwaaa…. YUP! lidah bisa di ajak bersilat

  12. Yung Mau Lim

    Selamat pagi Pak,teka tekinya Ok punya loh.Pak saya mau sharing dengan Bapak.Ada soal nih,di sebuah meja bundar terdiri dari 10 kursi, duduk 3 wanita,3 pria dan 4 orang anak-anak mengelilingi meja tsb.Ada berapa formatur cara duduk mereka jika syarat sbb: a. Satu wanita diapit dua orang anak. b.Satu wanita diapit oleh seorang pria dan seorang anak jika setiap kursi diberi nomor?Satu wanita disini yang manapun boleh demikian juga anak dan pria yang mengapit wanita tadi siapapun boleh.Sebelumnya saya ucapkan terima kasih Pak.

  13. he.. he, akhirnya!
    100+100+100=300
    100+100+100=250+50
    100+100+100-50=250
    (100-10)+(100-10)+(100-10)-20=250
    90+90+90-20=250
    pada “trik” soalnya +20 seharusnya +20
    ha…, ha…, bener tetep aja asyik… :lol:

  14. andib2n

    Bagus juga cara penyampaian teka-teki tapi penyelesaiannya lumayan rumit (banyak kata2), sorry gua gak fans sama bahasa ;)

    Yang dijadikan persoalan adalah kemana larinya yang Rp 10.000,- ? (kita sudah tahu itu gak ilang)

    Untuk mencari yang hilang kita mungkin bisa mencontoh kerjaan pak Polisi yaitu “reka ulang”, di mana peristiwa kita urutkan satu persatu menurut kejadiannya.

    Pertama kita camkan uang yang beredar adalah Rp 300.000 :

    1. Sebelum tamu membayar –> Rp 300.00 itu ada pada tamu
    2. Setelah tamu membayar –> Rp 300.000 ada pada petugas
    3. Petugas menyuruh bellboy –> Rp 250.000 ada pada petugas dan Rp 50.000 pada bellboy
    4. Pengembalian oleh bellboy –> Rp 20.000 ada pada bellboy, Rp 30.000 ada pada tamu dan Rp 250.000 ada pada petugas (karena dia tidak kemana-mana)

    Nah dapat dilihat, pada tiap-tiap kejadian total uang yang beredar tetap Rp 300.000

  15. Ya emang gitu dech. Mind games yang menJEBAK.
    Di awal pemaparan deskripsi materi tentang A.
    Yang ditanyakan malah tentang Z, jauh di luar dari materi A. Riddiculous!

  16. qmink

    assalamualaikum wr.wb.

    salam kenal, numpang lihat2 ya, buat tambah pengetahuan.

    Wassalam
    Terimakasih

  17. Hasugie

    Sering-sering aja menampilkan games2 yang dapat mengasah logika dan daya nalar kita.

  18. cz01

    Keren-keren…..

  19. supriman

    orang2 yang korupsi modelnya kayak gini gak ya? :D

  20. teka teki yang seru n lelucon

  21. juari

    keren banget tebakannya…….maaf mungkin dah kedaluwarsa ya komentarnya abis baru kali ini aku buka yang ini……salam kenal tuk sobat-sobat semua

  22. fatwa ismunandar

    cantik sekali soalnya …. !!!!!
    ngak bisa banyak omong deh, pokoknye cantik banget.

  23. suatu ketika saya membaca majalah lama yang namanya saya lupa, ada semacam kuis yang sampai sekarang saya belum bisa menemukan jawabanya, begini kira2 pertanyaannya,
    si umar disuruh emaknya pergi kepasar hewan untuk beli 3 jenis hewan, yaitu ayam, kambing dan sapi,
    si umar di beri uang emaknya Rp 1,000,000 (1 jt)
    uang itu harus ia habiskan untuk membeli 3 jenis hewan tersebut, jumlah seluruh hewan yang dibeli harus 100 ekor (artinya jika ketiga jenis hewan itu dikumpulkan harus berjumlah 100)
    hewan yang paling banyak jumlahnya yang harus ia beli adalah ayam, kemudian sapi, dan kambing jumlahnya yang paling sedikit.
    Di pasar hewan tersebut harga ayam 1 ekornya Rp 5000 (5ribu), kambing 1 ekor Rp 50000 (50 ribu) sementara sapi 1 ekornya Rp 35000 (35 ribu)
    Nah pertanyaannya berapa jumlah masing2 hewan yang harus dibeli si umar. (mohon maaf jika ada kesamaan nama dan jenis, karena mungkin hanya kebetulan belaka)

    • bebexz

      6 sapi
      7 kambing
      87 ayam
      buat ongkos bawa pulang 100 hewan 5ribu
      jadi hewan 6+7+87=100
      ongkos 210ribu+350ribu+435ribu+5ribu = 1juta rupiah.

    • udah lawas jg pertanyaannya..hehe..
      ni jawaban yg bener

      ayam 65 ekor
      kambing 10 ekor
      sapi 7 ekor

      ayam + kambing + sapi = 1.000.000
      (65 x 5000) + (10 x 50.000) + (7 x 35.000) = 1.000.000

      325.000 + 500.000 + 175.000 = 1.000.000

      gimana2? mau tau kenapa, e-mail ke gw!

    • raj

      Gampang banget

      MODAL = rp. 1.000.000

      ayam = rp 5.000
      Sapi = rp 35.000
      Kambing = rp 50.000

      Beli aj 6 ayam + 2 sapi =
      (5.000 x 6) + (35.000 x 2) = 30.000 + 70.000 = 100.000

      Yg 100.000 di kali 9 aja = rp 900.000
      (6×9)Ayam= 54 ayam +
      (2×9) Sapi)= 18 sapi
      = rp. 900.000

      Jadi masih lebih rp. 100.000
      Beli aja 2 kambing
      50.000 x 2 = 100.000

      900.000 + 100.000 = 1.000.000

      Jadi : 54 ayam + 18 sapi + 2 ekor kambing..

      Yg masalah hotel juga..yg 20rb (bellboy) kan pengeluaran dan 250rb harga kamar jg pengeluaran.

      Masa 20.000 nya di tambahin ke pemasukan (uang yg terkumpul) : (100.000 – 10.000) x 3..
      Matematika bisa kacau tuh…
      Gimana kalo sewa kamar na 20rb, 200rb na dipegang sama bell boy
      Persamaan na jd (100.000 – 10.000) x 3 = 270.000 + 250.000 = 520.000

      Pertanyaan 10.000 na kemana itu pertanyaan jebakan…

    • dwikachandra

      86 ekor ayam
      12 ekor sapi
      3 ekor kambing

      ayam + kambing + sapi = 1000000

      ayam 86 x 5000 = 430.000
      sapi 12 x 35000 = 420.000
      kambing 3 x 50000 = 150.000
      jumlah = 1000.000

      jumlah hewan 100

  24. ica

    he…he..he . ngomong-ngomong soal tebak2an
    emang ga pernah mbosen. hari ini ga ktemu jwbnnya. mbesok dipikir lagi. ditinjau dari sudut apa aja teka-teki sah2 aja. ga ada aturan main yang baku.
    aku punya segudang permainan. yang minat boleh
    ntar dikasih tau.

  25. Kokoy Holisoh

    kokoy????

  26. jelfry

    jawabannya pa neh.. mabok g…

  27. krisnadhi

    Hehehe… ketemu lagi dengan teka-teki ini. Dulu pernah juga dengar soal serupa dari teman saya yang patungan bertiga dengan teman-temannya membeli mobil via makelar. Dan ini benar-benar terjadi…. :D

  28. kingjay

    maap saya mau nanya ni sapa yg tau yaaa: apa beda jaga malam dg siang ayo sapa tau ya

  29. kingjay

    nanya lg ya :) apa nama buah dekat pegang ayo sapa bisa hehhe :))

  30. kingjay

    hehehhe hehehehhhe :-]

  31. Bela Ronaldoe

    uang guest ke petugas = 300.000
    uang petugas ke bel-boy = 50.000
    uang bel-boy ke guest = 30.000

    petugas = 250.000
    bel-boy = 20.000
    guest = 30.000
    total = 300.000
    beres..res..res…res…….gampang kan….

  32. FRENKY

    HEHE
    I MAU NANYA , SEORANG PEDANGANG MAS SEDANG BERJUALAN MAS DENGAN MEMBAWA SEBUAH TIMBANGAN DAN 4 BUAH ANAK TIMBANGAN , YANG SAYA MAU TANYAKAN BERAPA BERAT MASING2 ANAK TIMBANGAN YANG DIBAWA SIPEDAGANG MAS INI UNTUK MENIMBANG MAS (BILANGAN BULAT ) SAMPAI 40 GRM DAN BAGAIMANA CARA MENIMBANNYA?
    TOLONG YAH DIBANTUIN
    TQ

  33. SHABILL SMITH

    walah tuh tebakan.. gue waktu.. Kecil mas… uda basi…
    _______
    Al Jupri: Iya betul, tebakkannya udah basi banget, setujuuuuuuu! Saya cuma ngebahas aja, soalnya masih banyak yang sering ngasih tebakan gini. :D

    Makasih komennya ya…. Komen mas juga udah basi kok? :mrgreen:

  34. SHABILL SMITH

    nih gue kasi tebakan lagi… (utk ngetes filing aja)
    selembar kertas tebalnya (tinggi) 1 milimeter.. (panjang x lebar terserah mo dikasih berapa) trus dibagi 2 luasnya :
    pxl= L (luas)
    luas / 2 sama persis
    trus hasilnya jadi 2 lembar kertas kan…. dlm ukuran pxl yg sama utk masing2 potongan kertas
    trus ke 2 potongan tsb di dempetkan (ditumpuk/disusun ke atas) otomatis tingginya
    2 milimeter kan… nah susunan tsb di potong lagi jadi dua bagian (dgn cara sma persis yg tadi) trus di tumpuk lagi maka menghasilkan tinggi 4 milimeter… setelah itu di potong dan di tumpuk lagi (dg cara tadi ) sampai pada potongan/ tumpukan yg ke 50 kali aja… kira2 tinggi kertas mencapai berapa meter ya…
    jawaban ga usah detail angkanya gpp yg penting globalnya aja…. klo bisa hebat berarti…

    NB: utk ngetes ketajaman filling anda jgn gunakan calculator…
    ___________
    Al Jupri: Makasih tebak-tebakkannya ya mas! Mas berarti orang hebat, bisa memberi tebak-tebakan hebat gini, boleh dong bagi rahasianya? :D Btw, ini tebak-tebakan buatan mas sendiri ya? Kagum!!!

    Coba jawab ah.
    Tumpukkan 1 tingginya: 2^0 (maksudnya lembar pertama)
    Tumpukkan 2 tingginya: 2^1 (maksudnya lembar selanjutnya ditambahi potongan lembar pertama).
    Tumpukkan 3 tingginya: 2^2
    …..

    Ya, jadi yang ke -50 tingginya … 2^{49} mm…. (jarak antara Bumi dan Bulan?)

    Gitu bukan? Kalau sy salah, beri tahu ya…

  35. SHABILL SMITH

    bukan… kok itu pernah aku baca dari buku filsafat udah lama bgt kebetulan aku inget.. trus tak tulis disini buat temen2 smua… oh yah Al Jupri ada Email or YM gitu add aku di Muhammad_shabill@yahoo.com di tunggu nih mumpung Online
    _______
    Al Jupri: email saya ya? JAwab: y_saeda@yahoo.com

  36. SHABILL SMITH

    yups bener…

  37. SHABILL SMITH

    salah.. yg bener

    Tumpukkan 1 tingginya: 2 pangkat 1
    Tumpukkan 2 tingginya: 2 pangkat 2
    Tumpukkan 3 tingginya: 2 pangkat 3
    Tumpukan 50 tingginya: 2 pangkat 50

    jawaban berapa meter coba (filling aja) tanpa kalkulator..

  38. SHABILL SMITH

    gimana filling anda Al Jupri …. nyampek ga.. :)
    ________
    Al Jupri: Sudah saya jawab kok… :)

  39. SHABILL SMITH

    maaf masih salah jawaban anda mas Jupri…

    jarak bumi bulan hanya 400.000.000 meter

    tuh kertas klo di tumpuk potongan ke 50 hasilnya
    lebih dari 1000.000.000 meter….

    klo g percaya sekarang silahkan pake Kalkulator..

    he he he…..
    ________
    Al Jupri: Terimakasih jawabaannya. Untung saya ngira-ngira, masih pake tanda tanya kan saya jawabnya? Hue he he he… :D

    Btw, perkalian bilangan 2 berulang emang menghasilkan bilangan yang berakhir dengan angka nol ya? :mrgreen: Kayaknya engga deh…

    Oh iya lagi. Dari tadi sebetulnya saya menahan gelak. Kok pertanyaannya filling atau feeling ya? Namun saya mengira pertanyaannya mengenai feeling saya ya? Maaf kalau saya salah.

    Maaf nih, udahan ya.. saya mau log out nih…

    Makasih atas diskusinya…

  40. shabill smith

    Al Jupri: Terimakasih jawabaannya. Untung saya ngira-ngira, masih pake tanda tanya kan saya jawabnya? Hue he he he… :D

    Btw, perkalian bilangan 2 berulang emang menghasilkan bilangan yang berakhir dengan angka nol ya? Kayaknya engga deh…

    shabill smith : yah emang ngga’ kan udah aku bilang jawabnya g usah detail2 gpp yg penting globalnya aja krn ini tebakan cuman utk ngetes jangkauan perkiraan otak seseorang…

    Al Jupri :
    Oh iya lagi. Dari tadi sebetulnya saya menahan gelak. Kok pertanyaannya filling atau feeling ya? Namun saya mengira pertanyaannya mengenai feeling saya ya? Maaf kalau saya salah.

    shabill smith : yups yg bener emang feeling… sorry tadi mlm udah 5 jam browsing sampe mo imsak blm sahur jadi ngetiknya rada2 ga konsen gitu..

    Ok thank’s udeh di add YMnya…. Mr. Al Jupri

  41. zoel

    salut buat usahanya memasyarakatkan mtk, maju terus yach

  42. Luna @ nadine

    Sssssssusahhhhhhh

  43. wah jadi suka matematika neh, jadi penasaran..

  44. rizki

    wuih kang jupri…keren dah punya blog…mantap kang…btw nanti siap ngisi di SMA IT mifkho ya

  45. ¤†††¤

    kerenzZ banget teka teki klen

  46. ada yang komen, teka-tekinya sudah basi. bahkan, ada yang bilang jelek. alangkah sayang….
    menurut saya, setiap bentuk pengetahuan tidak akan pernah basi, ia memiliki tempatnya sendiri dalam memberikan suatu pencerahan, sebab nilai sebuah pengetahuan akan selalu aktual dalam bentuk pembelajaran dan itu sama sekali tidak jelek. itu pula sebabnya di sekolah masih ada pembelajaran sejarah, juga banyak teorema-teorema (ilmu) pengetahuan jaman dulu yang, meski telah terbukti keliru, toh masih juga dipelajari karena nilai pembelajarannya.

    kepada pak Jupri, terima kasih.

  47. AndRha

    wakakakakk….
    gw jg poenya tbakan…….>

    critanya kn ada kodok yang ingin menyebrang k sbuah sungai yang panjangnya 13 meter..
    pertanyannya..
    brapa kali kah kodok itu harus melompat untuk sampai ke sberang kali????///

  48. Anonymous

    wah itu soal bagus, sederhana.. tapi butuh pemikiran yang cukup rumit. saya juga punya tebakan buat mas jupri neh.
    berapa y kalo x tidak diketahui?
    berapa x kalo z tidak diketahui?
    berapa z kalo i tidak diketahui ?

    dik:
    1) x, y, z, i є vektor
    2) x, y, z, i < 1
    3) 1, 1, 1, 1 untuk semua nilai vektor

  49. Anonymous

    wah itu soal bagus, sederhana.. tapi butuh pemikiran yang cukup rumit. saya juga punya lagi tebakan buat mas jupri neh.

    sebutkan bilangan genap yang nggak dapat dibuktikan dari penjumlahan dua bilangan prima yang sama?
    2 + 2 = 4
    5 + 5 = 10

    ayo berapa ?

  50. Anonymous

    wah itu soal bagus, sederhana.. tapi butuh pemikiran yang cukup rumit. saya juga punya tebakan lagi buat mas jupri neh.
    sebutkan bilangan genap yang nggak dapat dibuktikan dari penjumlahan dua bilangan prima yang sama?
    2 + 2 = 4
    5 + 5 = 10

    ayo berapa ?

  51. Anonymous

    wah itu soal bagus, sederhana.. tapi butuh pemikiran yang cukup rumit. saya juga punya tebakan lagi lagi buat mas jupri neh.

    ada 3 planet (a, b, c) beredar mengelilingi matahari. Planet b berjarak p dari matahari, juga berjarak q dari planet a dan c. Pengaruh gravitasi matahari
    (v, dimana v = 9) terbesar terdapat di planet c. Planet b memiliki masa revolusi selama 2 tahun, dan planet c memiliki masa revolusi 8 tahun. Pengaruh gravitasi planet b terhadap planet a sebesar 0.00000009 v. Pertanyaannya: planet yang memiliki jarak terjauh dari matahari?

  52. Anonymous

    jika a, b, c, d, …….., z dapat disamakan dengan deretan angka 1, 2, 3, 4,…….., 26. Berapa “nilai positif”, “nilai ketidaksesuaian”, dan “nilai ada” dari pengurangan kata ” saya ” dengan ” tanya “.

    Kenapa harus positif?
    kenapa harus ada?
    kenapa harus tidak sesuai?
    kenapa

  53. DLL

    Iya ya.. sebenernya 270.000 itu kan udah tmasuk biaya hotel (250.000) & 20.000 yg dikasih ke bellboy itu.. ditambah 10.000+10.000+10.000= 300rb deh..
    Kata2 di soal itu loh yg membuat kita berasumsi 270.000 itu biaya hotel doank.. +20.000 =290.000 trus bikin masalah baru dengan “10.000-nya” itu. He3. Emang permainan kata2..

  54. DLL

    wah itu soal bagus, sederhana.. tapi butuh pemikiran yang cukup rumit. saya juga punya tebakan lagi buat mas jupri neh.
    sebutkan bilangan genap yang nggak dapat dibuktikan dari penjumlahan dua bilangan prima yang sama?
    2 + 2 = 4
    5 + 5 = 10

    ayo berapa ?

    Jawabannya 1+1=2 ya??

  55. DLL

    eh tapi kan 1 bukan bil prima ya?

  56. DLL

    wakakakakk….
    gw jg poenya tbakan…….>

    critanya kn ada kodok yang ingin menyebrang k sbuah sungai yang panjangnya 13 meter..
    pertanyannya..
    brapa kali kah kodok itu harus melompat untuk sampai ke sberang kali????///

    dua kali…

    nyebur k sungai, berenang, lompat ke daratan.
    wkwkwk…

  57. zul

    Anonymous soal2 yang Anda ajukan bagus dan unik2. Hanya saja Pak Al Jupri kadang sibuk sedangkan saya tidak bisa menjawabnya entah teman2 yang lain. Coba Anda ajukan ke http://muhar5yah.wordpress.com/. Sapa tau beliau bisa menjawabnya. Saya baru sekali mampir kesana dan janjinya sih update tiap hari.
    Salam,

  58. zul

    DLL cerita kodoknya juga unik dan menarik. Tadinya saya pikir ini soal bercanda dan ga mungkin bisa dijawab. Tapi ternyata bener bisa dijawab. Ada 3 pelajaran yang kita ambil disini.
    1. Kenali soal baik2 dan bila tidak dapat dijawab jangan cepat2 memvonis bahwa soalnya salah atau ngawur.
    2. Seringkali informasi yang ada tidak diperlukan dalam menjawab soal contoh angka 13.
    3. Ini yang paling sering, soal kelihatannya menuntut penyelesaian yang rumit padahal sederhana.

    Contoh: 1^2 – 2^2 + 3^2 – 4^2 + 5^2 – 6^2 + ……..+ 99^2 – 100^2 = ?
    Salam,

    • Sandi Mohammad Solihin

      gimana ini bang.. minus 3 + minus 7 + minus 11 …. + minus 191 + minus 195 +minus 199

      minus 202 kali 25 pasang

      minus 5050 yaa..

  59. @Zul: Iya makasih, pak, atas pertanyaan dan komentar-komentarnya. Namun, akhir-akhir ini saya belum bisa aktif ngeblog lagi. Banyak kerjaan lain di dunia nyata yang ternyata menyita perhatian saya.

    Sekali lagi terimakasih dan salam.

    Semoga para pengunjung lain saja yang akan menjawabnya.

  60. SUHARTINI

    PERMISI PAK
    MAAF SAYA MOHON PENJELASAN CARA MENGAJARKAN MATEMATIKA UNTUK KELAS I SD, tentang soal ini 28+…=49, tolong ya pak secara detail langkah-langkah yang membuat anak ABK jelas. terima kasih

  61. Anonymous

    @SUHARTINI: di SD penjumlahan biasanya (sesuai kurikulum) hanya sampai 20 saja. Blm melebihi itu. Kalau sudah melebihi itu, berarti sudah terlalu cepat. :D

  62. fadhl

    saya newcomer nih. tapi jujur, matematika adalah pelajaran yang paling kusuka sejak dulu..

    saya aslinya Padang, tinggal di Jogja, n sekarang sedang mengembangkan Komunitas Peduli Edukasi yang Cerdas, Adzkiya Enterprise namanya. Bimbingan Belajar termasuk domainnya.

    oh ya saya bisa dihub di al.fadhl@yahoo.com

    thanx y

  63. fadhl

    saya punya soal juga nih
    coba dijawab deh…
    (x+a) (x-b) =
    gampangkan.
    (x+a) (x-b) (x+c)=
    ini juga ga masalah.
    nah sekarang coba kalau perkalian ini di teruskan, dari a sampai z, soalnya jadi begini
    (x+a) (x-b) (x+c) (x-d)… =

    saya kasih tahu kuncinya : Gampang
    eh yang mau mampir bisa ke fadhl.wordpress.com

  64. zul

    @fadhl: kayaknya belum ada yang jawab ya, padahal soalnya menarik… jawabannya adalah NOL. Pada suku ke 24 akan ketemu (x-x). Maaf bila keleru
    Salam,

  65. Tito Sukamto

    Pa Jupri, misal ada barisan aritmatika 2, 5, 8, 11, 14. Ada barisan aritmatika lain tidak dari bilangan2 tersebut selain 14, 11, 8, 5, 2?
    Thanx b4 …
    Tito Mat UPi 2002

  66. Tito Sukamto

    Buat Bu Suhartini, soal 28 + .. =49 kalo di SD bisa dengan cara penjumlahan kumulatif. Dimulai dari 28 + 1= 29 (belum sampai 49)
    kalo 28 + 2 = 30 (masih juga belum sampai 49)
    cara itu diulang dengan mencoba bilangan yang lain, seperti 3, 4, 5 dan seterusnya.
    Saat hasilnya 49, itulah jawabannya.
    Moga dapat Membantu.
    O iya, walaupun kurikulum di SD cuma sampai 20, tapi kalo suasana kelas sudah mampu ke bilangan yang lebih dari itu, why not ??

  67. Tito Sukamto

    Buat Bu Suhartini, soal 28 + .. =49 kalo di SD bisa dengan cara penjumlahan kumulatif. Dimulai dari 28 + 1= 29 (belum sampai 49)
    kalo 28 + 2 = 30 (masih juga belum sampai 49)
    cara itu diulang dengan mencoba bilangan yang lain, seperti 3, 4, 5 dan seterusnya.
    Saat hasilnya 49, itulah jawabannya.
    Moga dapat Membantu.
    O iya, walaupun kurikulum di SD cuma sampai 20, tapi kalo anak-anak di kelas sudah mampu ke bilangan yang lebih dari itu, why not ??

  68. ah klo gw si teka teki kaya gitu seperti teka teki anak tk

  69. klo boleh gw mw ksh tebakan ne,,,;
    lobang-lobang apa yang bikin enak?

  70. bagus juga teka-tekinya,, tapi mas bisa jwab tebakan saya…? 5rb di bagi 1 di ambil 23 di tambah 15 terus di x 20rb ayo hasilnya berapa?

  71. seekor buaya berukuran 14 m sedang berjemur dan buaya ini punya duri di punggung, 1 duri berukuran 14,32cm.. nah pertanyaannya adalah berapa jumlah duri yang ada di punggung buaya itu,.,.?

  72. rixxx

    ada rumah ada tiangnya nah klo di liat dari depan ada 10,dari belakang ada 10,dari kiri 10, dari kanan juga 10,,,
    jadi berapa jumlahnya…

    sama kaya ada sapi kakinya di liat dari depan ada 2,dari belakang ada 2, dari kanan 2, dari kiri juga 2,,, berapakah jumlah kaki sapi itu..?

  73. Natasya

    wih…
    teka-tekinya memang bikin ling-lung sih
    cuma..
    seru abiezz.walaupun hanya teka-teki,
    tetapi bikin otak kita mikir juga kn..
    kayak belajar gitu

  74. Boleh saya upload ke FB saya???

  75. Ketua

    ada koment… ini teka teki anak tk… menurut gw sih.. ini bukan teka teki…
    Jadi, bertiga sebenarnya membayar 3 \times Rp. 90.000 = Rp 270.000. Bila ditambahkan ke uang Rp. 20.000 yang dipegang si Bel-boy, maka jumlahnya Rp. 290.000. Lantas yang Rp. 10.000 lagi ke mana?<— Simpel aja boss…. 270 itu karna dah di tambah sama uang sisa di Bel boy…. kalo pengen jadi 300 lagi… yah tambahin dengan uang kembalian dong bossss… kok gitu aja repot :P

  76. ONCHI

    kerenzzzz banget…….
    sebenarnya ne teka teki da lama dngr
    pi lpa jwban nya…
    cwlyyyy yc

    kerenzzzzzzzzzz abiezzzzzzzzzzzzzz/………,@#$%@…………

  77. wah mas jupri pinter!

  78. bego-bgt

    300k = total byr nya 3 org = msg2 byr 100k

    1. 50k – 20k = 30k/3 = 10k,,
    jd masing2 cmn byr 90k,,

    2. sisa 20k di belboy,, 20k/3 = 66,66 k
    3. total masing2 90k – 66,66k = 83,33k

    jadi masing2 cmn bayar 83,33k * 3 = 250k ==> bener dnk??

    hehe

  79. Afif Nurseha

    Sueeerrrrrr!!! Gila bener……. Akhirnya gue, baru nemuin teka-teki matematika yang disajikan emenarik ini

  80. Q pertama x dpt teka-teki ni pas masuk SMA pertma, wktu masa2 ospek gt la..

    gx da yg bs jwb..pdhl imbalannya, boleh ambil makanan scra gratis d kantin hr tu jg..
    (Cyg’a gx da yg bs jwb..!)

    tpi Q da teka-teki ni :

    ada seorang anak yg berdiri di dpn rumahnya, dan melihat di kejahuan jarak 50 m ada penjual es krim, anak itu mempunyai uang Rp 2500 di kantung celananya. Kemudian dia membeli es krim tersebut, harga 1 buah es Rp 750, dan dia hanya membeli 1 saja. Pertanyaannya, berapakah uang kembaliannya??
    Jwb dgn cepat!!
    Jgn liat dulu jwbn sebenarnya di bawah..!

    Jawab:
    (Rp 250)
    Kenapa???(?_?)

    Kan di kantung celananya ada uang Rp 2500, sedangkan harga es Rp 750. Otomatis,,, dia kan cuma keluarin uang Rp 1000, ya….kembaliannya cuma Rp 250…
    Oceh…….
    (Payah nieh..ga pernah beli es krim ya…)

    Wkwkwkwkwkw……^_^
    Peace Love

  81. dHiniE

    waaahh,,ternyata matematika itu bs d’jdkn teka-teki humor juga yaaahh..
    jadi semangat nech bljr matematika..
    Ternyata matematika itu gak selalu sulit,,tergantung qt-nya juga cie…

  82. tika

    q mw nax nch gmn thu cra_x ngjwb soal ri the kings,,???

    stw sya buaya pux sisik bkn duri,lw duri mah durian,buaya b’bntuk bulat,he..he..he…

  83. grage pino

    Lumayan …. smart untuk teka-teki hotel, bisa bikin anak-anak bingung kemana duitnya ? jd mereka penasaran dan tambah semangat.

  84. OPHIE

    iaaaa ea akHu guk kPkran kLu eank di aTas iTu beLum teLiti ngTng ny…..!!
    akhu baru nydar.
    THANK YOU VERY MUCH…….!!!

  85. wanda adriani

    haha teka-teki ini pernah di beri oleh mentor kelompok saat saya mengikuti pesantren kilat. Di masjid terjadi perdebatan. Tidak ada yang bisa memecahkannya. Saya masih penasaran. Sampai-sampai di perjalanan pulang saya terus menyebut…90.000 di kali tiga..di..tambah..di…
    Akhirnya saya memutuskan mencari jawabanya di internet. Ketemu disi ! Puas sekali rasanya.

  86. Anonymous

    ha…hahahahhahahhahah

  87. Bener BanGetzZz Tuch….
    pSiNg gW NgErJaInNya…..

  88. Tania paramitha

    ayo jawab,,mudah kok??

    Mr Tuyris datang dari inggris ke indonesia.pada saat ia membeli rokok,dia membayar $1 = Rp.10.000. harga rokok Rp.5.000 penjual rokok tidak mempunyai kembalian,kemudian ia menukarkan ke pedagang bakso dan memperoloh 2lbr uang Rp.5.000 setelah uang kembalian dan rokok diberikan pada Mr Tuyris,Mr Tuyris lalu meninggalkan pedagang rokok dan setelah itu pedagang rokok didatangi pedagang bakso untuk menukar uang setelah tahu bahwa uang $1 tersebut palsu.berapa kerugian pedagang rokok???

  89. kRistina

    m3nurut saya sih teka-teki ini akan memberikan pada seorang siswa-siswi agar rajin belajar…..????

  90. aku tau yg hasil nya 28+……=49
    yaitu:28+21 gitu aja ko repot
    hahahahhaha

  91. aku tau yg hasil nya 28+……=49
    yaitu:28+21 gitu aja ko repot

  92. sapriadi

    setiap huruf menyatakan angka berbeda berapakah H,A,E dan H tidak sama dengan nol
    Jika
    HE+HE+HE+HE=AH

    tolong di jawab ya……………..

  93. alma

    hmmm………….. lumayan lah …………………….

    ^_^……………………..wkwkwkwkwkwkw

  94. zulTan

    @Sapriadi:
    Jawabannya: H=2; E=3; A=9
    Langkahnya:
    (10H+E)+(10H+E)+(10H+E)+(10H+E)=10A+H
    40H+4E=10A+H
    39H=10A-4E
    Lakukan iterasi dengan mencobakan angka 1-9 ke H, E, dan A. Lalu uji ke soal awal:

    HE+HE+HE+HE=AH
    23+23+23+23=92 q.e.d.

    Mungkin saja ada cara yang lebih simple, tp saya belum nemu.

  95. jawabanya 10.ooo nya sama petugas

  96. susah bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeettttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt

  97. menurut saya ini adalah soal yang gampang – gampang susah..
    bukan saya merandahkan soal tersebut,karena saya adalah seoramg accounting di perusahaan (…….)
    tapi taka teki matematika semacm ini sangat berguna bagi kehidupan sehari hari.
    sebelum membayar bon di suatu t4 tertentu ada baiknya jikalau kita menghitungnya terlebih dahulu…
    masih ada lagi ngga teka tekinya.

  98. Sandi Mohammad Solihin

    yang (x-a)(x-b)(x-c)…..(x-y)(x-z) = 0 laaahh

    soalnya sebelum suku (x-y) ada suku (x-x) yang bernilai 0 jadi semuanya 0 laaahh..

    hahahah

  99. dea

    cinta dlam ahli mtk adl 1+1=2 tpi dalam cinta bisa 2,3,4atau 5

    hehehehehehe ……………..

  100. alexy

    100+100+100=300
    250+50= 250+10+10+10+20

    jadi 300 = 300

    Te2p g kmn2…soal yang menjebak,
    kadang dalam kehidupan ada yang seperti ini, kita harus hati2 dan pandai2 menganalisa, intinya jangan sepelekan setiap omongan orang (rekam+ telaah+analisa+ dan baru disimpulkan)

    tapi salut…teka-tekinya muannnntaaabbbsss

  101. imam

    aduh ngecoh banget

  102. rosmawati bt mustapha

    I SAY NO

  103. 62 – (-200)=???
    ayo coba tebak

  104. TOMO

    085700000000+60000000+20477= nmr ku

  105. shafa azzahra

    bagus juga

  106. shafa azzahra

    bisa bikin aku pinter rahasianya biar nilai matematika aku jadi 100 terus pokoknya rahasianya mantap bangetttt

  107. iwan

    BOleh juga nih teka-teki. aku juga punya teka – teki nih
    Si Amin Main kartu dengan Si Budi
    1 x menang bayar 10.000
    Si Amin menang 5 x
    SiBudi menang 100.000
    Berapa kali kah mereka berdua main kartu?
    Coba tebak dong

  108. kerin annesa

    AduH2………lek2 pNter baNgEt siH jDi oRng_gMna cRanya biaR Q bSa sPeRtiMu???????????????????????????????????????????

  109. sepertinya soal ini mirip dengan soal dibawah ini:
    pembagian warisan 9 kambing dibagikan kepada ketiga anak . anak ke tiga mendapat 2/10 ,anak kedua 3/10,anak satu 4/10
    masing masing anak mendapat berapa kambing.karena kambingnya 9 kemudian pinjam 1 kambing dari RTnya sehingga kambing itu menjadi 10 kambing.
    anak ke satu 4/10 x 10 = 4
    anak kedua 3/10 x 10 = 3
    anak ke tiga 2/10 x 10 = 2

    kemudian 1 kambing itu di kembalikan lagi ke RTnya

  110. setelah iseng dengan apa yang saya.ingin ketahui dari mana Pi 22/7,yaitu dengan mengukur sebuah lingkaran kaleng dengan sederhana yaitu dengan selembar kertas yang saya gunting kemudian saya pertemukan dan saya beri tanda kemudian saya ukur ternyata lingkaran itu 22 cm kemudian saya ukur lagi diameternya teryanta 7cm,dan ada lagi kaleng kelilingnya 44 dan diameternya 14 jadi sepengetahuan saya Pi adalah keliling: diameter .kesimpulan sebesar apapun lngkaran jika di bagi diameter hasilnya 22/7.setelah ini saya dapat kemudian saya bertanya kepada rekan2 untuk kepastianya ternyata rekan2 itu adalah rumus katanya ? dimekian ini mungkin perlu juga buat rekan2 dan adik2 disekolah.

  111. ede

    12121212121212121212121212121212121212121212121212121211212121212121212121212121212121212121212121212121212

  112. Salam kenal mas bgus btul tka tki.

  113. teka tekinya lucu,,
    sama kayak mas… (maybe…) :-)

  114. ahmad

    teka-tekinya bagus “N” hampir sama cara memecahkannya.
    Aku juga punya teka-teki ni…………
    1. Sebutkan tiga langkah masukin GAJAH dalam kulkas!
    2.Sebutkan 4 langkah masukin kuda dalam kulkas!
    3. Pada sebuah konferensi semua binatang hadir, keuali satu. binatang apakah itu?

    • bebexz

      1 buka kulkas, masukin gajahnya, tutup kulkasnya.
      2 buka kulkas, keluarin gajahnya, masukin kudanya, tutup kulkasnya.
      3 kuda, karena sedang di dalam kulkas belum di keluarin.

  115. hex

    qo tu yang bodoh…
    qo tu yang bodoh menjumlahkannya….

  116. rizky

    teka-teki yg menarik,bikin penasaran. . .

    sebernya bukan soal jawabannya,tapi pelajaran yg terkandaung dalam teka-teki itu,sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari. . .

  117. falen ericcon

    MUANTAB…

  118. yanus

    lumayan menarik makasih atas teka-tekinya

  119. meidyana

    sumpahh da akk ga ngerti !!!………

  120. tambah terus dong teka-teki beserta jawabannya agar bisa di tularkan ke rekan-rekan yang lain.

  121. Karena soalnya berhubungan dengan uang jadi aku gak bingung…. Hehehe…

  122. Rianie

    Emang bener ya…
    kl soal ngitung uaaaang aja langsung nangkep, coba kl disuruh buat ngerjain integral pasti langsung errrrrorr nie otak…

  123. Jono

    Gile nih blog..ud 3 taon masih lancar bin manjur..tebak2n bkin suasana rame…

  124. hahahaha ……………
    asyik uga ne teka teki….!!!!!
    oa lam knl ja xa ….

  125. gokil ……….
    mantap 2 bs tambah pengalaman.

  126. Om, tEkA-teXi’x biZa d tHaNbWAh gAx……?¿?

  127. Chanchanmoru

    Kalau tidak teliti, kita pasti terkecoh dalam pemecahannya. Susah, lho…kalau jawab asal-asalan….

  128. shelly

    kalo soal yang ini gimana nyelesainnya??

    Seorang ayah mewariskan 17 ekor sapi kepada 3 orang anaknya dengan aturan sebagai berikut:
    Putra yang sulung mendapat setengah dari banyak sapi.
    Putra kedua mendapat sepertiga dari banyak sapi.
    Putra ketiga mendapat sepersembilan dari banyak sapi. Tanpa memotong seekor sapipun, berapa ekor masing-masing anak mendapat bagiannya?

    gimanna niih caranya? ga ngertii !

    • shdy

      Caranya, pinjam sapi Pak RT 1 ekor, jadi total 18 ekor
      Putra 1 : 1/2 x 18 = 9
      Putra 2 : 1/3 x 18 = 6
      Putra 3 : 1/9 x 18 = 2
      Total 9 + 6 + 2 = 17. Tinggal pulangin 1 ekor sapi Pak RT tadi deh…
      Kenapa bisa begitu..? Kenapa perlu pinjam sapi Pak RT segala..?
      Ternyata, yang salah adalah soalnya..
      Coba tebak dimana kesalahan pada soalnya !

    • raj

      1/2 + 1/3 + 1/9 = 9/18 + 6/18 + 2/18

      Kaga bisa boss, sapi na aj cuma 17

      Lagian khan 17 bilangan prima ga bisa dibagi selain dengan angka 1atau bilangan itu sndiri (17)… Mana bisa di bagi dua (jatah anak pertama yg 50%)..

      Wah kacau

  129. citra

    @shdy tuh bener gak?
    soalnya sama kya tugas saya!

  130. shdy

    1/2 + 1/3 + 1/9 = 9/18 + 6/18 + 2/18 = 17/18

    agar pembagian bisa klop harusnya 17/17 atau 18/18 yang = 1

  131. AROEL812

    ane ada petanyaan…

    coba jumlah kan 5 angka ganjil yang hasilnya 20…
    sapa bisa gw katain dia master…
    ckckckck
    ayo jawab…

  132. jawabannya: ceritanya yang salah

  133. Sangat inspiratif, jadi fresh abis baca tulisan ini
    thanks banget ya

  134. tri

    cuman kata2nya aja diplintir-plintir…

  135. BetuL-betuL harus teliti y,Pak!
    hehe

  136. ridho maumembeli kue dan kue itu harganya 50rb uang rido tidak ad ….
    dan dia memin jam uang ke aldi dan arif (ke aldi 25 rb)(ke arib 25rb)
    dan dia pergi ketoko kue dan ridho me nawar kue tersebutakhirnya kue itu turun harga menjadi 47rb dan sisa uang ridho 3 ribu dan dia membaya ke aldi 1rb ke arif 1rb dan utang ridho ke arif dan ke aldi tgl 50-2=48
    dan sisa uang ridho seribu dan dia membayar seribu lagi 48+1=49 kmana 1 rb lagiiiiii

  137. charles

    loh
    utangnyakan 48000
    dibayar 1000 lagi harusnyakan jadi 47000
    kan utang 48000
    dibayar 1000 jadinya 48000-1000=47000

  138. boy

    iyo, oon tuh yg ngasih pertanyaan,…. :( cape deeeeh

  139. Wah,, bingung juga sebelumnya… tp ga bingung lagi…

  140. tio

    yoo bagus juga, saya suka pake tuh tebakan :)

  141. arischasuci

    TEKA TEKI ASAH OTAK

    jadi gini nich, aku mau beli baju, tapi gak ada uang,,jadi aku minjam uang 25 rb sama geby dan 25 rb sama respa , jadi nya kan uang yg aku pinjam 50rb ,rupa nya harga baju nya 47 rb, jadi kembalian nya 3rb. supaya hutang aku gak terlalu banyak, seribunya aku kasi ke respa, seribu lagi ke geby , seribu lagi ke aku,jadi hutang aku sama respa 24rb dan sama geby 24rb, jadi total hutang aku 48 rb,trus tambah seribu lagi uang aq jadi 49 ribu kan, truss, seibu lagi kemana?

    dirinci:

    25rb + 25rb = 50

    50rb – 47rb = 3 rb

    25rb – 1rb = 24rb

    25rb – 1rb = 24rb

    24rb + 24rb = 48rb

    48rb + 1rb = 49rb

    seribu lagi kemana?

    mohon bantu jawabannya ya?
    saya tunggu,,,
    trima kasih

    • Sampluk

      menurut saya logika akal-akalan anda justru terbalik. harusnya bukan kurang seribu, tapi kelebihan seribu.
      pertama anda hutang 50 rb.
      lalu anda mengembalikan 2 rb, berarti anda punya hutang 48 rb.
      yang 1 rb anda simpan, berarti 1rb adalah uang anda.
      waktu anda mengembalikan 48 rb, ya sudah impas.
      dan anda masih punya uang 1rb milik anda sendiri….

      harusnya bila mau diakal-akalin, uangnya kok jadi 51rb? dari mana?
      lha 24rb + 24rb + 2rb + 1rb = 51 rb. yang 1 ribu milik siapa?

      gitu aja…dah..he..he..he..setipe dengan teka-teki pertama halaman ini…

    • sisa pinjaman 48000 uang yang masih ditangan 1000 belanja baju 47000 (48000-100–47000= 0 ) klop gak ada yang hilang

      • saya beli hp seharga 100000 sy jual keteman 110000 karna beberapa hari kemudian teman saya itu perlu uang dia jual kembali hp tersebut ke saya 120000 kemudian saya jual kembali hp tsb keorang lain seharga 130000 na berapa keuntungan saya trim salam kenal

      • @albert sondakh :
        Keuntungan = harga jual – harga beli.
        harga beli = 100000 + 120000 = 220000.
        harga jual = 110000 + 130000 = 240000.

        Jadi keuntungannya = 240000 – 220000 = 20000.

  142. toper

    menurut sy uang yg 10 td sdah habis di kembalikan k orang ketiga td

  143. haniel

    menurut sy mungkin ada pembulatan angka/permainan bahasa:-)

  144. caturbintang

    wah si bell boy korupsi. ini adalah masalah yang sering terjadi di indonesia ini tidak bisa dibiarkan harus dihukum setinggi tingginya jangan sampai dia lari ke luar negeri. segera kirim ke KPK untuk diselidiki lebih lanjut

  145. Anonymous

    buka teka teki ah.. bodoh banget.. sebenernya yah orang itu bayar 93rb. gimana dia bisa dibilang bayar 90rb sih.. ah oo nih orang.. buka teka teki .. tapi kalimatny bego

  146. benny

    ehsorry bukan 93rb tapi 83rb + 6.6rb per orang perhitungannya begini klu cara bodohnya heheh
    250/3=83.33333 untuk kamar
    20/3=6.66667 untuk pegawai
    83.33333+66667 = 90 per orang
    90 x 3 + 10 x 3 = 270rb untuk kamar danpegawai + 30rb uang yang dipulangkan = 300rb

  147. rp.10000 nya untuk beliin super pell sama bel-boy
    wkwkwkwk
    ^_^

  148. yang jdi prtanyaan kan 10rb lgi kmana ?
    ” stlah bell boy menyerahkan 50rb kpada tamu ” ..
    GMANA KALO TAMU NY LGSG MSUK KMAR ?
    APA UANG ITU MSIH ADA SAMA SI BELL BOY ??

    jwaban ny logis ,tpi itu menurut prtanyaan anda ..

    klo gtu gue jga puny jwaban2 yg lebih logis lgi !!!

  149. Anonymous

    ah mmg di soal tu bnyakan xorupci

  150. rendy

    5+3+2=533231
    9+2+4=922484
    8+6+3=866340
    5+4+5=544523
    gimana kalo
    7+7+7=….???

    logika nih.,. pusing mikirinnya.,. ad yang tau ga.,???

    • 7 + 7 + 7 = 777721

      Jawabannya kita sekat jadi 4 bagian 7|77|7|21.
      Sekat pertama 7 adalah bilangan pertama pada penjumlahan tsb.
      Sekat ke dua 77 adalah bilangan kedua yang ditulis sebanyak dua kali pd penjumlahan tsb.
      Sekat ke tiga 7 adalah bilangan ke tiga pada penjumlahan tsb.
      Sekat ke empat 21 adalah hasil pengurangan dari dua digit awal dikurangi dua digit berikutnya, kemudian ditambah dengan jumlah ketiga bilangan dalam penjumlahan tsb. Dalam hal ini 77 – 77 + 7 + 7 + 7 = 21.

  151. Anonymous

    ternyata hanya penggunaan kalimatnya saja….
    hehe.. kumpulan org hebat.

  152. Anonymous

    Nggk ngrti gua.

  153. Daif efendi

    Unik bnget tekateki ini bkin pusing tpi asyik…

  154. Anonymous

    ini sama saja kasusnya dengan teka teki ini

    si rio ingin membeli pizza tetapi dia tidak memiliki uang
    kemudian dia meminjam uang kepada rudi sebesar 25000 dan randi 25000
    jadi total uang yang di pinjamnya adalah 50000
    kemudian dia membeli pizza dan harga pizza tersebut senilai 47000
    dan kembalian dari membeli pizza itu 3000
    untuk mengurangi hutangnya rio ia langsung mengenbalikan uangnya dari kembalian tersebut sebesar 1000 kepada rudi dan 1000 lagi kepada randi
    jadi total hutang rio kepada rudi 24000 dan randi 24000
    jika di total uang yang ada sama rudi dan randi yaitu 24000+24000 = 48000
    sedangkan uang yang masih di pegang rio adalag 1000 lagi
    jika di jumlahkan terdapat hasilnya 48000+1000= 49000
    jadi uang 1000 lagi kemana

  155. andy

    Seorang laki-laki mau masuk ke ruang kerjanya, tetapi ia lupa dengan passwordnya, yang dia ingat hanya lima angka. Berikut petunjuk untuk lima angka tersebut:

    1. Angka ke lima di tambah angka ke tiga sama dengan empat belas
    2. Angka ke empat lebih besar satu angka dari angka ke dua
    3. Angka pertama lebih kecil satu angka dari dua kali angka ke dua
    4. Angka ke dua di tambah angka ke tiga sama dengan sepuluh
    5. Jumlah keseluruhan angka tersebut sama dengan tiga puluh

    Berapakah kelima angka tersebut?

  156. tolong donk di jawab pertanyaan ini .

    Ada seorang anak yg ingin membeli roti seharga 47 ribu. .
    tetapi anak itu tidak mempunyai uang, jadi anak itu meminjam uang kepada sih A 25ribu dan ke sih B 25ribu jdi totalnya 50ribu RP. .
    stelah itu anak itu mebeli roti tersebut yg seharga 47ribu tadi, sesudh membeli roti,anak itu mendapat kembalian 3ribu RP. .
    Dan anak itu mulai bingung,mau di apaain uang sisa kembalian beli roti tersebut. .
    Dan anak itu mulai berfikir, jadi anak itu mengembalikan utangnya kepada sih A seribu Rp dan ke sih B seribu Rp dan sisa uang di tangan anak tersebut tinggal seribu RP kan
    Nahh, jadi sisa utang anak itu ke pada sih A tnggal 24 ribu RP dan ke sih B juga 24 ribu Rp
    jika ditotal kan semua utang anak itu ke sih A 24 ribu dan ke B 24 ribu mangka hasilnya 48 ribu, dan ditmbahkan seribu rupiah yg ada di tangan anak itu, jadi total semuanya 49 ribu.
    nah pertnyaan nya kemana kah uang SERIBU Rp tersebut pdahal anak itu meminjam ke sih A 25 dan ke sih B 25 ribu totalnya 50 ribu Rp. Sedangkan utangnya sekarang bejumlah 49 ribu.

  157. Herman

    Coba pecahkan teka teki saya kalau bisa….
    Anda ingin membeli sepatu Rp97 ribu anda tidak punya uang kemudian anda pinjam pada teman A dan B masing2 sebesar 50 ribu setelah membeli sepatu anda mendapat kembalian Rp3000 kemudian anda mengembalikan masing2 1000 jadi hutang kamu tinggal 49 kemanakah uang 1000 lagi..?

  158. Kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya

    Halo semua saya di sini untuk bersaksi bagaimana saya mendapat pinjaman saya dari Mr Benson Leo . Saya membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis dan saya diterapkan dari berbagai lender pinjaman yang berjanji untuk membantu , tetapi mereka akhirnya mengumpulkan uang saya dan tidak pernah memberi saya pinjaman . Sampai seorang teman saya memperkenalkan saya ke Mr Benson Leo pendiri BENSON LEO PENDANAAN INC yang berjanji untuk membantu saya dan memang dia melakukan seperti yang dijanjikan tanpa bentuk penundaan. Saya tidak pernah berpikir masih ada pemberi pinjaman dapat diandalkan sampai saya berarti Mr Benson Leo dia adalah pria yang dapat diandalkan . Saya tidak tahu jika Anda berada di tetap membutuhkan pinjaman , jangan ragu untuk bertemu dengannya untuk bantuan , Anda dapat menghubungi dia melalui alamat email-nya : bensonloefunds234@gmail.com

    Ingat dia adalah kepercayaan layak dan dapat diandalkan pemberi pinjaman yang membantu saya dengan memberikan saya pinjaman untuk memulai bisnis saya , Jadi saya saran Anda semua pencari pinjaman untuk menghubungi dia hari ini dan saya berjanji kepada Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dan semua masalah keuangan Anda akan akan berakhir.

    terima kasih
    Flores

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s